Artikel Kesehatan Terpercaya

Cara Menyembuhkan Kencing Darah dengan Cepat

Kencing darah ada yang sifatnya biasa, ada juga yang berbahaya. Bikin orang panik, dan ingin segera menyembuhkannya.

Contoh air seni yang bercampur darah biasa adalah ketika berada pada masa haid. Ini kondisi lumrah yang biasa dilami oleh kaum wanita.

Sementara untuk yang berbahaya, biasanya darah bercampur urine disebabkan oleh adanya permasalahan pada saluran kemih ataupun ginjal.

Mengenai permasalahan yang bermula dari saluran kemih, penyebabnya datang dari bakteri ecoli. 

Bakteri ini ditandai dengan seringnya Anda buang air kecil, kemudian dibarengi dengan munculnya darah.

Biasanya rasanya akan sangat sakit pada bagian rectal (pria), dan pada bagian panggul untuk wanita. Dan tanda lainnya adalah baunya cukup menyengat.

Cara Menyembuhkan Kencing Darah dengan Cepa
image via kepo.id
Sementara kasus lain kenapa kencing darah muncul tidak lain disebabkan adanya permasalahan pada ginjal. Salah satunya adalah munculnya batu ginjal.

1# Penyebab Munculnya Batu Ginjal

Batu ginjal bisa datang kapan saja, bahkan di usia mudapun bisa mengalami hal tersebut. Dan ini merupakan kondisi yang serius, karena bisa menimbulkan permasalahan saat buang air kecil.

Tak hanya itu saja, kinerja ginjal juga akan bermasalah. Dan ini menandai kalau Anda harus berhati-hati tentang masalah lanjutan yang kemungkinan akan dihadapi.

Batu ginjal ini mulanya terbentuk dari endapan limbah dalam darah. Endapan ini kemudian mengkristal, dan lama kelamaan akan menyumbat saluran kemih.

Tersumbatnya saluran kecing ini tentu membuat Anda kesulitan untuk buang air kecil. Dan yang paling sering, akan terasa sangat sakit yang diikuti dengan munculnya darah bersamaan dengan urine.

Mengenai penyebab utamanya cukup beragam. Salah satunya adalah sering mengkonsumsi obat-obatan yang berptensi mempengaruhi kandungan urine.

Kemudian penyebab lainnya adalah kurangnya minum air putih. Pasalnya, air putih sejatinya berguna untuk menetralkan, bahkan mendetok tubuh.
Baca juga : 4 Penyakit yang Biasa Muncul Setelah Menopause
Ketika kurang minum air putih, detoksifikasi berjalan lambat. Sebagai hasilnya, darah kurang bersih dan menyebabkan limbahnya mengkristal pada bagian ginjal.

Dan ini kondisi awal yang menandai kalau Anda sedang bermasalah dengan ginjal. Yakni mengalami batu ginjal.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Sebenarnya, Anda tak perlu repot-repot untuk mengatasinya. Tentunya jika Anda menjalani rutinitas yang menyehatkan.

Contoh rutinitas harian yang baik untuk dilakukan adalah menjaga pola makan yang sehat. Kemudian pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan dari air putih.

Paling tidak, Anda butuh minum air putih sebanyak 8 gelas di tiap harinya. Dan semakin banyak, maka semakin baik pula untuk kondisi tubuh.

Namun bagi yang sudah terlanjur bermasalah dengan batu ginjal, kini saatnya Anda wajib untuk mengobatinya.

Mengenai obat yang efektif untuk penghancuran batu ginjal tersebut adalah kumis kucing. Cara kerja dari daun kumis kucing ini adalah sebagai deuretik.

Maksudnya, sebagai pencuci alami dan pembersih saluran kencing. Malahan, beberapa zat aktif yang ada di dalam daun kumis kucing ini bisa membantu dalam mengatasi peradangan yang terjadi pada organ ginjal.

Yang paling menarik, zat aktif yang ada di dalam daun kumis kucing ini bisa menjadi peluruh batu ginjal. Jadi, masalah kencing darah akibat batu ginjal ini tidak akan terjadi lagi.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? 
Caranya adalah ambil 90 gram daun dan batang kumis kucing. Rebus dengan air satu liter sampai menyusut menjadi setengah.
Kalau sudah, angkat dan saring airnya. Air saringan penuh sari kumis kucing ini diminum 3 kali dalam sehari. Lakukan cara ini selama beberapa hari agar batu ginjal bisa hancur.


Kesimpulannya, rutinlah meminum ramuan kumis kucing untuk meluruhkan batu ginjal supaya kencing darah bisa berhenti total.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyembuhkan Kencing Darah dengan Cepat