Tujuh Tanda Kehamilan yang Sehat dan Normal

Kali ini yang akan dibahas adalah artikel seputar kehamilan. Saya akan berbagi pengetahuan dengan anda semua mengenai tujuh ciri dan tanda seorang wanita memiliki kehamilan yang sehat. 

Penasaran ?  

Lanjutin donk bacanya...

Kehamilan merupakan masa yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang sudah berumah tangga. 

Karena merupakan masa yang spesial, terkadang masa kehamilan di sikapi secara hati-hati dan rasa khawatir yang tinggi mengenai kondisi kandungan.

Ini adalah hal yang wajar, jadi untuk membantu anda berikut ini saya sajikan beberapa ciri dan tanda seperti apa dan bagaimana kehamilan yang sehat itu.

Oke langsung saja.

Tujuh Tanda Kehamilan Yang Sehat dan Normal
Tujuh Tanda Kehamilan yang Sehat dan Normal

1# Gerakan dan Aktifitas Janin

Gerakan janin dalam perut sang ibu menandakan tingkat kesehatan janin tersebut. Biasanya gerakan janin akan mulai terasa setelah usia kehamilan mencapai 3 bulan atau lebih.

Gerakan janin ini memastikan bahwa bayi menerima cukup oksigen dan berada dalam kondisi baik. 

Anda tidak perlu khawatir jika janin menendang-nendang perut sang ibu, yang perlu dikhawatirkan adalah ketika sang janin jarang sekali bergerak atau bahkan tidak bergerak sama sekali.

Dokter biasanya akan menganjurkan untuk menghitung gerakan janin dalam rentang waktu tertentu, untuk mengetahui tingkat kesehatan sang bayi. 

2# Pertumbuhan Janin

Pertumbuhan janin yang baik merupakan salah satu syarat suatu kehamilan di katakan sehat. Pertumbuhan janin ini dapat diketahui dan dipantau perkembangannya melalui USG atau Ultrasonografi.

Jika pertumbuhan janin kurang baik, maka bisa menjadi tanda bahwa janin dalam kondisi yang tidak sehat seperti kekurangan oksigen dalam rahim ataupun masalah pada plasenta.

3# Tekanan Darah Normal

Indikator utama dari kehamilan yang sehat adalah tekanan atau tensi darah yang normal. 

Tekanan darah akan dipantau tiap trimester kehamilan, biasanya memang sering mengalami lonjakan ataupun turun tekanan darahnya. 

Namun perubahan itu bisa dikatakan normal selama lonjakan atau turunnya tekanan darah tidak secara drastis dan berlangsung lama. 

Buat para bunda yang sedang hamil, sebaiknya cek tekanan darah tiap 3 bulan sekali yah.

4# Gula Darah Normal

Seperti halnya tekanan darah, gula darah pun juga harus normal selama kehamilan. Lakukan pemeriksaan gula darah tiap 3 bulan sekali untuk meminimalkan risiko kehamilan yang tidak sehat. 

5# Kondisi Plasenta

Untuk menjaga janin dalam rahim, maka kondisi rahim dan juga plasenta harus tetap sehat sampai melahirkan. 

Plasenta yang baik akan tetap melekat pada dinding rahim, apabila tidak melekat maka bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan janin sehingga janin lahir cacat ataupun prematur. 

Kondisi plasenta ini bisa dilihat dan dipastikan kesehatannya melalui pemeriksaan USG.

6# Ukuran Perut yang Sesuai

Ukuran perut akan membesar sesuai dengan umur dan usia kandungan. Jika kandungan sudah mencapai umur tertentu namun ukuran perut masih kecil, maka dapat di indikasikan kehamilan tersebut tidak sehat. 

Biasanya dokter akan melakukan pengukuran perut ibu hamil untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi pada tingkat yang sehat.

7# Berat Badan Normal

Peningkatan berat badan yang normal selama kehamilan adalah sekitar 13-15 Kilogram. Tetapi jika berat badan naik atau turun secara drastis, perlu dicurigai bahwa hal seperti itu adalah salah satu tanda kehamilan yang tidak sehat. 

Untuk mensiasati hal ini, sobat harus rajin konsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada kelainan pada kandungan yang menyebabkan berat badan menjadi labil.

Ke tujuh ciri dan tanda kehamilan yang sehat sudah dijelaskan diatas. Perhatikan ketujuh hal tersebut sebagai dasar untuk menentukan kehamilan yang sehat. 

Semoga artikel ini bisa membantu para bunda yang sedang hamil.


Subscribe to receive free email updates: