Artikel Kesehatan Terpercaya

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan. Teh hijau sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teh pada umumnya. 

Yang membedakan teh hijau dengan teh pada umumnya adalah cara dan metode pengolahan, jika teh hitam dibuat dengan cara fermentasi daun, lain halnya dengan teh hijau yang dibuat dengan cara mengukus daun teh.

Proses fermentasi daun yang dipakai pada pengolahan teh pada umumnya akan menghilangkan senyawa antioksidan dalam teh tersebut, berbeda jika pengolahannya hanya dengan dikukus seperti pada teh hijau, maka zat antioksidan di dalamnya tidak akan hilang. 

Inilah yang membuat teh hijau lebih kaya manfaat dibanding teh biasa.

Berikut beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan :

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan

12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1# Mencegah Kanker

Meminum teh secara rutin ternyata mampu mencegah penyakit kanker. Hal ini karena di dalam teh terdapat senyawa antioksidan tinggi yang bisa melawan bibit-bibit kanker dalam tubuh.

Agar anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari teh, sebaiknya jangan menambahkan gula maupun pemanis ke dalam teh. Minum saja teh tawar yang diseduh karena lebih sehat dan tentunya kaya manfaat.

2# Menyehatkan Otak

Teh hijau mempunyai manfaat yang lebih untuk menjaga kesehatan otak. Mulai dari meningkatkan konsentrasi, menjaga kewaspadaan otak, hingga merangsang kecerdasan.

Salah satu senyawa dalam teh yang berperan penting untuk otak adalah theanine. Senyawa ini mampu merangsang gelombang alpha pada otak sehingga mampu meningkatkan tingkat konsentrasi dan kecerdasan.

3# Mengurangi Stres

Ini adalah manfaat teh hijau yang pertama. Teh hijau diketahui dapat mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang.

Hal ini dikarenakan di dalam teh hijau terdapat senyawa yang bernama L-thanine yang berfungsi meringankan stres dan merangsang hormon bahagia dalam tubuh. 

Jadi jika anda merasa sedang mengalami masalah atau kepenatan, coba saja rilekskan dengan meminum teh hijau.

4# Menghilangkan Bau Mulut

Bagi anda yang sering mengalami masalah bau mulut, meminum teh hijau adalah salah satu solusi yang wajib dicoba. 

Teh hijau terbukti ambuh membunuh bakteri penyebab bau mulut dan menghilangkan bau mulut yang mengganggu. 

Selain itu, jika anda rutin mengonsumsi teh hijau, kesehatan gigi dan gusi anda juga akan terjaga. Selamat mencoba dan ucapkan bye.. bye.. bau mulut.

5# Menyembuhkan Alergi

Anda yang sering mengalami alergi terhadap makanan atau apapun itu, cobalah meminum teh hijau. Meminum teh hijau akan membantu mengurangi gejala-gejala alergi seperti gatal dan sakit perut. 

Hal ini dikarenakan dalam teh hijau terkandung senyawa EGCG yang berfungsi melawan antihistamin dalam tubuh sehingga alergi bisa diredakan atau bahkan disembuhkan.

6# Nutrisi Kulit

Ini adalah salah satu manfaat teh hijau bagi kecantikan. Teh hijau memang sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk memelihara kecantikan kulit. 

Meminum teh hijau secara teratur akan membantu memelihara kekenyalan kulit anda sekaligus menjaga agar kulit tetap nampak putih alami, tidak kusam dan juga kering. 

Selain manfaat tersebut, ternyata ada manfaat yang lebih wow yaitu mencegah penyakit kanker kulit. 

Siapa sih yang mau terkena kanker kulit ? 

Pasti gak ada kan...

Nah meminum teh hijau adalah salah satu solusi agar anda terhindar dari kanker kulit. Ini karena teh hijau mempunyai kandungan antikanker dan antioksidan yang sangat tinggi.

7# Menyuburkan Rambut

Bagi yang mau punya rambut yang sehat, hitam, dan subur, sebaiknya coba deh memakai teh hijau. Senyawa dalam teh hijau terbukti ampuh meregenerasi sel rambut sehingga rambut anda akan selalu terjaga kesehatannya. 

Untuk memanfaatkan teh hijau bagi kesehatan rambut, caranya mudah, berikut tutorialnya :

  1. Siapkan teh hijau secukupnya
  2. Masukan teh hijau dalam mangkuk kemudian tambahkan 1 gelas air panas
  3. Tutup mangkuk dan diamkan selama 24 jam
  4. Gunakan air teh tadi untuk membasuh rambut anda sambil dipijat perlahan
  5. Bilas hingga bersih

8# Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh para remaja. Namun tidak sedikit juga orang dewasa yang mengalami hal ini. 

Ternyata jerawat ini bisa dicegah kemunculannya dengan cara rutin meminum teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan, zat ini akan membantu mencegah masuknya radikal bebas penyebab jerawat. 
Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan cepat mudah dan alami
Jadi bagi anda yang gak mau jerawatan, wajib deh minum teh hijau.

9# Mencegah Diabetes 

Diabetes atau penyakit gula merupakan salah satu dari deretan penyakit paling mematikan. Diabetes terjadi karena tubuh tidak mampu lagi memproduksi insulin, sedangkan insulin ini fungsinya untuk memetabolisme gula dalam tubuh. 

Jika insulin tidak bisa diproduksi maka otomatis gula akan terus menumpuk dalam tubuh dan terjadilah diabetes. 

Untuk mencegah dan mengatasi diabetes, anda bisa meminum teh hijau tawar secara rutin. Ingat loh "tawar" artinya teh hijau tanpa penambahan gula.

10# Menghilangkan Kantung Mata

Anda yang punya masalah dengan kantung mata, sekarang nggak perlu khawatir dan bingung kesana kemari nyari solusi.

Solusinya cukup pakai teh tawar.

Lebih tepatnya ampas teh.

Ampas teh ternyata mempunyai banyak manfaat dan salah satunya adalah menghilangkan kantung mata.

Untuk menghilangkan kantung mata dengan ampas teh, berikut ini tutorialnya :

  1. Seduh teh tawar dengan air panas
  2. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  3. Pisahkan ampas teh kemudian simpan ampas tersebut ke dalam kulkas
  4. Setelah dingin, tempelkan ampas teh tersebut ke kelopak mata
  5. Lakukan sesering mungkin

11# Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke merupakan 2 penyakit mematikan yang hingga saat ini masih menempati peringkat teratas penyebab kematian terbanyak di dunia.

Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah dengan cara yang sangat mudah.

Yah, cukup dengan meminum teh secara rutin.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School terhadap 40.530 orang dewasa Jepang, telah membuktikan bahwa meminum teh dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke hingga 26%.

Sedangkan dalam studi yang dilakukan oleh Stroke Association American, juga membuktikan bahwa meminum teh secara rutin bisa menurunkan risiko stroke hingga 21%.

Salah satu senyawa yang dinilai berperan adalah senyawa falavonoid. Senyawa ini terdapat di semua jenis teh, hanya saja persentase paling banyak ada di teh hijau.

12# Pelangsing Alami

Sudah bukan hal baru jika teh bisa melangsingkan tubuh. Banyak berbagai penelitian dan testimoni yang telah membuktikan bahwa teh sangat cocok sebagai pelangsing tubuh alami.

Senyawa yang berperan sebagai pelangsing alami adalah polifenol.

Senyawa ini persentasenya sangat tinggi di dalam teh. Polifenol mampu merangsang enzim tertentu dalam tubuh yang bisa mengurangi kadar trigliserid dan juga kolesterol.

Jika anda rutin meminum teh dan diimbangi dengan olahraga maka tubuh langsing akan mudah anda dapatkan.

Silahkan buktikan sendiri.
Artikel hot : Cara diet sehat dan cepat dengan pelangsing tubuh alami
Oke itulah 12 manfaat teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga dengan membaca artikel ini anda jadi lebih sehat dan tentunya lebih sering minum teh.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan