Cara Menyembuhkan Flu dan Pilek dengan Cepat Tanpa Obat

Yang akan dibahas kali ini merupakan permasalahan yang umum sekali diderita masyarakat. Hampir setiap musim hujan flu dan pilek selalu menjadi pandemi di mana-mana. 

Kemudahan penularan dan kondisi imun seseorang berpengaruh sekali dalam hal ini.

Oke langsung saja kita mulai pembahasannya.

Flu (Influenza) adalah suatu infeksi saluran pernafasan atas yang disebabkan oleh virus. Infeksi ini mengakibatkan demam, sakit kepala, hidung meler, batuk, tidak enak badan dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernafasan.

Flu ini kerap terjadi di musim pancaroba (masa pergantian musim) dan biasanya menyerang mereka yang banyak beraktifitas di malam hari, kurang tidur, kehujanan, kelelahan, kurang makan bergizi dan olahraga.

Namun pada beberapa orang flu ini terkadang menjadi penyakit rutin yang diderita setiap kali musim hujan tiba. Entah apa alasannya, tetapi diketahui bahwa sistem imun sangat berpengaruh dalam hal ini.

Seseorang dengan daya tahan tubuh lemah akan mudah terserang flu begitu sebaliknya orang yang punya daya tahan tubuh bagus maka virus influenza akan sulit menginfeksi.

Virus dan Bakteri Penyebab Flu

Virus merupakan penyebab paling banyak flu, beberapa virus yang menyebabkan flu adalah rhinovirus, coronavirus, dan virus Influenza. 

Sedangkan ada juga flu yang disebabkan oleh bakteri seperti bakteri streptococus pneumonia dan haemophilus influenzae.

Penularan virus dan bakteri ini melalui percikan liur (droplet) di udara seperti ketika kita bersin atau batuk dan juga secara langsung melalui kontak dengan cairan hidung atau mulut. 

Itulah kenapa saat kita bersin atau batuk dianjurkan untuk menutup mulut menggunakan sapu tangan atau tisu.

Cara Menyembuhkan Flu dan Pilek dengan Cepat Tanpa Obat


Pencegahan Flu dan Pilek

Banyak sekali upaya pencegahan yang bisa sobat lakukan untuk menghindarkan dari flu ataupun pilek, diantaranya adalah seperti berikut :

  1. Rajinlah cuci tangan terutama ketika selesai kontak dengan benda atau cairan.
  2. Konsumsi makanan bergizi dan multivitamin agar kekebalan tubuh tetap terjaga.
  3. Olahraga setiap pagi dapat menurunkan risiko sobat terkena flu.
  4. Jaga kesehatan sobat terutama saat musim pancaroba jangan sampai kelelahan, kurang tidur  ataupun kehujanan.
  5. Tutup hidung dan mulut dengan sapu tangan atau tisu saat sobat bersin atau batuk.
  6. Minum madu setiap hari dapat menjaga sobat agar terhindar dari flu.
  7. Istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih.
  8. Hindari makanan yang merangsang seperti terlalu banyak bumbu, makanan pedas, panas, dan goreng-gorengan.
  9. Jangan konsumsi es berlebihan terutama es yang sobat beli dari pasaran.
  10. Lakukan vaksinasi flu setiap tahunnya.
  11. Berhenti merokok dan jangan minum alkohol.

Nah diatas merupakan langkah-langkah sederhana yang bisa sobat lakukan untuk mencegah flu. 

Beda Flu dan Pilek

Sebelumnya saya punya anggapan bahwa flu dan pilek itu sama. Ternyata setelah baca sana sini, saya mendapatkan pencerahan dan bukti bahwa ternyata flu dan pilek itu berbeda. 

Lalu apa bedanya ?

Perbedaan flu dan pilek dapat dilihat dari gejala dan ciri keduanya. Ciri khas flu adalah demam tinggi, badan pegal, lemas dan lelah luar biasa, dan sakit kepala yang sangat menganggu. 

Demam pada flu biasanya datang tiba -tiba dan sering kali disertai gejala menggigil pada tubuh pasien. 

Sedangkan hidung meler, sakit tenggorokan, dan demam ringan (meriang) merupakan gejala salesma alias pilek atau common flu.

Tips Pengobatan Flu dan Pilek

Kalau sobat sudah terkena flu maka sobat bisa mempraktekkan hal-hal dibawah ini agar flu pilek yang diderita cepat sembuh :

  1. Jika terjadi demam maka segeralah kompres air hangat di kepala serta leher dan dada. Air hangat akan mempercepat proses pengeluaran hawa panas dari dalam tubuh.
  2. Jika hidung tersumbat hiruplah uap air panas, hal ini akan membantu menyekresikan dahak agar lebih encer dan mudah keluar.
  3. Berkumurlah dengan air garam setiap kali bangun tidur dan menjelang tidur, hal ini bertujuan untuk meredakan sakit pada tenggorokan serta menghambat pertumbuhan kuman.
  4. Minum obat flu yang banyak dijual di pasaran akan mempercepat proses penyembuhan.

Bahaya Flu Ddan Pilek Pada Anak

Menyedot ingus kerap kali dilakukan orang tua ketika anaknya kesulitan bernafas akibat ingus yang menyumbat hidungnya. Sampai sekarang pun kebiasaan itu masih berlangsung. 

Lalu amankah kebiasaan seperti itu terhadap kesehatan anak ?

Sebenarnya tindakan seperti ini justru akan memperparah penyakit yang diderita anak. Menyedot virus sama halnya dengan memindahkan kuman dari mulut orang tua ke anak. 

Pasalnya tenggorokan atau rongga mulut bisa dikatakan sebagai "kebun kuman" yang dipenuhi berbagai jenis kuman.

Jadi ada baiknya hindari kebiasaan buruk ini. Jikapun anak belum bisa membuang ingus sendiri maka alangkah lebih baik apabila mengajari anak agar bisa membuang ingusnya sendiri.

Adapun cara lain yang bisa digunakan untuk mengeluarkan ingus dari dalam hidung anak yaitu :
  1. Memakai Pipet 
  2. Memakai Aplikator 
  3. Terapi dada 
  4. Memberi 2 tetes larutan NaCL o,9 %
.... dan terapi medis lainnya.

Sebaiknya segera bawa anak ke dokter apabila terjadi pilek atau flu lebih dari 10 hari, anak sesak nafas, lemah lesu, menggigil, ingus kental berwarna, membiru disekitar bibir, dehidrasi, dahak bercampur darah, nafas berbunyi, dan sakit tenggorokan.

Obat Herbal Flu dan Pilek

Bagi yang suka hal-hal berbau herbal atau alami, maka untuk flu dan pilek pun akan saya berikan ramuan herbalnya yang tentunya bisa sobat buat sendiri dengan mudah dirumah.

Ramuan #1
15 gram jahe dan 2 batang daun bawang putih direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, kemudian airnya diminum selagi hangat 2 kali sehari.
Ramuan #2
10 gram bawah putih, 10 gram bawang merah, dan 10 gram jahe diiris-iris lalu diseduh dengan air mendidih kemudian biarkan selama 15 menit, setelah itu diminum 2 kali sehari.
Nah itu saja pembahasan mengenai flu dan pilek, semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.


Subscribe to receive free email updates: