Artikel Kesehatan Terpercaya

Cara Memutihkan Kulit Selangkangan yang Hitam dan Gatal

Salah satu area tubuh yang sering berwarna hitam dan terasa gatal adalah selangkangan yang letaknya tepat dipangkal paha, atau lebih tepatnya di samping kiri dan kanan organ reproduksi.

Area kulit di sekitar selangkangan memang sangat lembab dan juga tertutup sehingga bakteri ataupun jamur akan dengan mudah berkembang jika tidak dijaga dengan baik kebersihannya.

Salah satu masalah yang umum terjadi di selangkangan adalah warna kulit yang hitam, kasar, dan sering kali terasa gatal. 

Hal ini disebabkan oleh banyak sekali faktor, mulai dari kebersihan, usia, kebiasaan, hingga adanya penyakit tertentu. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penyebab selangkangan hitam dan gatal berikut ini :

Cara Memutihkan Kulit Selangkangan yang Hitam dan Gatal

Sering Bergesekan

Ini sering terjadi saat kita masih bayi dan baru bisa duduk. 

Biasanya untuk berpindah tempat kita akan menggeser bokong kita sedikit demi sedikit, inilah yang menyebabkan kulit disekitar selangkangan berwarna kehitaman dan kadang permukaan kulitnya kasar. 

Selain itu, pemakaian celana ketat juga bisa menyebabkan warna kulit selangkangan hitam dan kasar, hal ini terjadi karena gesekan antara kulit dan bahan celana yang intens dibarengi dengan kondisi lembab pada selangkangan.

Kelembaban

Area disekitar selangkangan memiliki tingkat kelembaban paling tinggi diantara bagian tubuh lainnya. 

Kondisi yang lembab ini akan memicu rasa gatal di kulit, apabila rasa gatal ini di garuk dan menimbulkan iritasi maka bisa meninggalkan bekas noda hitam di kulit selangkangan. 

Jadi, berhati-hatilah, jangan menggaruk area ini, lebih baik beri saja minyak kayu putih apabila gatal.

Kegemukan

Seorang yang menderita kegemukan dengan paha yang besar akan menyebabkan sering terjadinya gesekan pada kulit paha sehingga mengakibatkan selangkangan menghitam. 

Warna hitam di kulit ini tidak hanya terjadi di sekitar selangkangan, biasanya akan terjadi di setiap lipatan kulit seperti leher, perut, dan ketiak.

Nah itulah beberapa penyebab kulit selangkangan yang hitam. 

Selanjutnya, mari kita simak cara memutihkan kulit selangkangan hitam dan gatal berikut ini :

1# Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mempunyai kandungan vitamin E yang bagus untuk kulit, selain itu tekstur minyak kelapa juga sangat bagus untuk menjaga kelembutan kulit. 

Dalam kasus ini, anda diwajibkan untuk memakai minyak kelapa asli, ingat yang asli jangan memakai minyak kelapa goreng ya.

Caranya : 
Langsung saja oleskan minyak kelapa asli ke area kulit yang menghitam, diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur 2-3 kali seminggu.
2# Gunakan Ekstrak Bengkoang

Bengkoang mempunyai kandungan vitamin E yang sangat tinggi, ini cocok untuk menutrisi kulit sekaligus memutihkannya. 

Anda bisa membuat ekstrak bengkoang sendiri atau membelinya di toko obat herbal. Saya sarankan sih sebaiknya buat sendiri agar lebih alami.

Caranya : 
Siapkan ekstrak bengkoang yang telah dicampurkan dengan air hangat, buat menyerupai masker. Kemudian, oleskan ke area kulit yang menghitam dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan rutin 3 kali seminggu.
3# Gunakan Tawas

Tawas mempunyai berbagai macam manfaat. Selain digunakan sebagai perontok bulu, tawas bisa dimanfaatkan sebagai pemutih kulit, seperti kulit area selangkangan. 

Bukan hanya itu, tawas juga berfungsi sebagai anti bakteri yang sangat kuat yang akan membasmi berbagai jamur dan bakteri penyebab gatal di kulit selangkangan.

Caranya : 
Rendam tawas dengan air hangat dan biarkan tawas larut dalam air. Setelah larut, oleskan air tawas pada area selangkangan sobat yang menghitam dengan menggunakan handuk lembut. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu.
Itulah keseluruhan artikel kali ini mengenai cara mengatasi kulit selangkangan yang hitam dan gatal. 

Semoga tips yang saya tulis diatas bisa bermanfaat bagi anda. Silahkan share dan komen ya...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memutihkan Kulit Selangkangan yang Hitam dan Gatal