Artikel Kesehatan Terpercaya

Manfaat Bermain Game Pokemon GO Bagi Kesehatan

Sudah pada tau game fenomenal yang disebut-sebut sebagai game terpopuler sepanjang sejarah. Ya, Pokemon GO. Game yang mulai tenar di pertengahan 2016 ini membuat banyak remaja bahkan orang dewasa ikut merasakan euforia yang luar biasa.

Tak terkecuali saya yang notabene bukan gamers sejati seperti anda. Awalnya cuman ikut-ikutan, tapi lama-lama jadi ketagihan deh.

Kalau kata pak Mario, game Pokemon GO itu "super sekali".

Nah, biar anda makin semangat nyari Pokemonnya. Berikut ada beberapa manfaat bermain Pokemon GO yang wajib anda tau.

Hemmm, tunggu dulu ya.

Sebelum kita mengetahui manfaat bermain Pokemon GO, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu sejarah ditemukannya game Pokemon GO.

Saya yakin kabanyakan dari anda belum mengetahui sejarah game yang satu ini. Buat apa donk kalau kita cuman ikut mainnya tapi nggak tau sejarahnya, kan nggak etis namanya.

Baik, kita mulai.
Manfaat Bermain Pokemon GO Bagi Kesehatan
Image from Forbes.com
Game Pokemon Go awalnya dikembangkan developer Niantic, John Hanke. Karir Hanke dimulai pada tahun 1996, saat masih mahasiswa.

Saat itu, John Hanke menciptakan massively multiplayer online game (MMO) pertama yang disebut Meridian 59. Tapi, ia akhirnya menjual game tersebut ke perusahaan 3DO.

Kemudian, John memulai eksperimen barunya dengan nama pemetaan dunia. Dari hasil eksperimen ini, John berhasil menciptakan KeyHole yang merupakan layanan peta dunia yang terhubung ke GPS.

KeyHole ini kemudian dibeli oleh Google, dan saat ini diberi nama Google Earth.

Keahlian pemetaan John tidak berhenti sampai disitu. Setelah Google Earth, John mulai mencoba membuat game yang berbasis pemetaan pertama.

Dan pada tahun 2016, John Hanke akhirnya berhasil menciptakan game yang sangat fenomenal yang diberi nama Pokemon GO.

Pokemon GO Adalah Game Terpopuler Sepanjang Sejarah

Manfaat Bermain Pokemon GO Bagi Kesehatan
Image from Liputan6.com
Saya rasa tidak berlebihan jika banyak pihak yang mengklain game Pokemon Go sebagai game yang paling populer sepanjang sejarah.

Hal ini beralasan.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Survey Monkey di laman Techno Buffalo, Pokemon Go menduduki daftar game mobile terpopuler paling atas.

Bahkan dalam waktu seminggu setelah dirilis, game ini sudah di download lebih dari 10 juta pengguna Android.

... dan itu terus bertambah setiap harinya.

Benar-benar game yang luar biasa.

Nah, sekarang anda sudah tau sejarah singkat dari game Pokemon GO. Sekarang waktunya mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan saat bermain Pokemon GO.


Manfaat Bermain Pokemon GO



1# Mengharuskan Anda Aktif Bergerak

Yah, inilah pembeda Pokemon GO dengan game lainnya. Saat bermain game umumnya kita akan duduk pasif memandangi layar komputer atau smartphone, tapi lain halnya jika bermain pokemon GO.

Game Pokemon Go mengharuskan kita untuk berjalan dan mencari pokemon di lokasi-lokasi nyata. Ini akan membuat anda bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya untuk menemukan pokemon sebanyak mungkin.

Inilah manfaatnya.

Akan ada banyak dampak positif jika kita aktif bergerak saat bermain Pokemon GO. Mulai dari melancarkan peredaran darah, menguras lemak, hingga memaksimalkan metabolisme tubuh.

2# Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dengan aktif bergerak saat bermain Pokemon Go, tentu bukan hanya kesehatan tubuh yang akan anda dapatkan, melainkan bisa juga mencegah penyakit kardiovascular seperti serangan jantung.

Semakin anda aktif bergerak saat mencari pokemon maka semakin baik pula efeknya bagi kesehatan tubuh anda. Apalagi jika dilakukan pada waktu-waktu yang tepat. Akan kita bahas nanti dibawah mengenai hal ini.

3# Menyegarkan Batin

Tempat mana yang menurut anda paling banyak Pokemonnya ?

"Masjid".

Bener kan.

Coba saja kalo nggak percaya.

Entah kenapa dari semua tempat, masjid dan mushola lah yang paling banyak terdeteksi Pokemon GO. Ini tentu akan memberi dampak positif. Mulai dari menyegarkan batin, membuat kita rajin sholat, hingga membuat kita makin rajin ke masjid (buat nyari pokemon doang, hehe).

Nah, itulah beberapa manfaat bermain Pokemon GO. Saya rasa masih ada manfaat lain yang belum saya sebutkan, jadi saya minta sarannya di komentar biar artikel ini bisa dilengkapi di kemudian hari.

Waktu yang Tepat Untuk Bermain Pokemon GO

Manfaat Bermain Pokemon GO Bagi Kesehatan
Image fom MalesBanget.com
Waktu yang paling tepat untuk bermain Pokemon GO adalah dipagi hari.

Kenapa ?

Yah, saat kita bermain Pokemon GO diapagi hari, tentu kita aktif bergerak dan berjalan kesana-kemari untuk memburu Pokemon. Ini akan memiliki dua fungsi, yang pertama bisa sekaligus berolahraga dan yang kedua bisa menyegarkan otak anda sebelum memulai aktifitas.

Selain itu, tubuh akan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari di pagi hari. Jadi manfaatnya akan berlipat ganda.

Bagaimana ?

Apakah anda sudah kebelet untuk main Pokemon GO. Jika iya, like dan share dulu ya artikelnya biar banyak yang terilhami dan mau memainkan game yang satu ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Bermain Game Pokemon GO Bagi Kesehatan