Artikel Kesehatan Terpercaya

Ini Nih Makanan yang Cocok Bagi Penderita Maag

Susah loh jadi penderita penyakit maag itu. Dilarang makan ini, dilarang makan itu, eh giliran dibolehin makan ini malah makanannya yang gak enak. 

Karena keseringan makan makanan yang sama kadang malah bosen dan hilang mood, akibatnya drop deh.

Mungkin anda juga merasakan hal yang sama seperti diatas. Makanya di artikel kali ini saya akan membagikan tips memilih makanan yang cocok bagi penderita penyakit maag. 

Baik, langsung saja berikut ini beberapa jenis makanan yang aman untuk penderita maag :

Ini Nih Makanan yang Cocok Bagi Penderita Maag

1# Tempe

Wah ini makanan favorit saya...hehe

Tempe sangat baik dikonsumsi penderita maag karena memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi. 

Teksturnya yang empuk memudahkan tempe untuk dicerna dan diserap tubuh sehingga tidak memberatkan kerja lambung.

2# Yoghurt

Minuman sehat yang kaya manfaat, apa lagi kalau bukan yoghurt. Minuman fermentasi dari susu ini mempunyai manfaat lebih bagi sistem pencernaan. 

Mulai dari membersihkan saluran pencernaan, hingga memperbaiki organ pencernaan yang bermasalah seperti halnya maag pada lambung.

3# Kentang

Siapa bilang kentang cuman bisa mengganjal perut. Ada banyak manfaat lain dari kentang selain mengenyangkan perut anda. Salah satunya adalah menetralisir asam lambung. 

Mekanismenya sederhana, kentang mempunyai sifat alkali terutama jika direbus. Nah, sifat alkali inilah yang akan melawan dan menetralisir asam lambung berlebih yang merupakan penyebab penyakit maag.

4# Pisang

Siapa yang gak suka pisang...

Pisang mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah menormalkan asam lambung. Kandungan kalium dalam pisang mampu mentralisir asam lambung, selain itu teksturnya lembut dan mudah dicerna sehingga aman untuk maag kronis sekalipun. 

Pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan tekanan darah tinggi akibat serangan stres dan depresi.

5# Kurma

Ini makanan yang paling cocok buat penderita maag. Rasanya yang manis dan teksturnya yang mudah dicerna sangat bagus untuk menjaga kesehatan lambung dan saluran pencernaan. 

Selain itu, kurma juga bermanfaat untuk menaikkan trombosit (sel darah merah) serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi kurma secara rutin diketahui mampu mengurangi rasa perih akibat maag.

Itu dia beberapa makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita maag. Selebihnya akan saya update di kemudian hari, jadi pastikan tetap stay di Tanya Apoteker ya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Nih Makanan yang Cocok Bagi Penderita Maag