Obat yang Paling Berbahaya di Dunia Ternyata Alkohol

Judul diatas sebenarnya adalah isi keresahan hati saya (hehe, lebay dikit). Sebelum menulis artikel ini saya sempat bertanya-tanya sebenarnya obat apa sih yang paling berbahaya dan juga mematikan, apakah narkotika seperti halnya heroin, atau jenis obat lainnya.

Nah, setelah searching kesana-kemari, akhirnya saya menemukan jawaban. Dan sungguh jawabannya sangat mengejutkan.

Jika anda menganggap kalau narkotik dan psikotropik adalah obat yang paling berbahaya, maka anda salah besar. Zat obat yang paling berbahaya dan mematikan adalah ALKOHOL.

Yaa.. alkohol.


Obat yang Paling Berbahaya di Dunia Ternyata Bukan Heroin atau Ganja, Melainkan...

Sudah akrab ditelinga kita tentang alkohol. Bahkan hampir setiap hari ada saja kasus meninggal karena menenggak zat aditif yang satu ini.

Alkohol memang misterius, Zat yang seharusnya dipakai untuk bahan obat malah dijadikan minuman sehari-hari. Inilah kreatifnya orang Indonesia, menggunakan sesuatu yang bukan fungsinya.

Sungguh ironis memang...

Jadi, sudah tahukah anda kenapa alkohol menjadi obat yang paling berbahaya di dunia. Jika belum, simak penjelasan di bawah ini.

Kita mulai dari penelitian yang dilakukan oleh IFL Science. Penelitian ini dinamai "Studi Lancet" yang dilakukan pada tahun 2010.

Profesor David Nutt seperti dilansir oleh situs metro.co.uk, menjelaskan metodologi dalam studi Lancet.

“Kami meranking 20 obat yang berbeda dalam 16 faktor bahaya yang berbeda, itulah metode terbaik yang kami punya.”

Setelah studi dinyatakan selesai. Hasilnya diperoleh bahwa penyebab kematian tertinggi bukan karena penyalahgunaan narkotika, melainkan karena penyalahgunaan alkohol.

Perbandingannya:

Narkotika vs Alkohol


0 kematian/tahun : 2 juta kematian/tahun


Emang alkohol ini luar biasa, perbandingannya pun juga luar biasa.

Sebenarnya alkohol ini sangat bermanfaat jika dipakai sesuai fungsi dan dalam dosis yang dianjurkan. Masalahnya adalah orang Indonesia ini terlalu kreatif.


Alkohol bahkan dicampur dengan zat aneh yang tidak semestinya seperti obat nyamuk oles, obat batuk, soda, dan lain sebagainya. Kalau saya boleh menyarankan, sebaiknya dicampur saja dengan air jamban, pasti rasanya lebih enak. Iya kan....

Sebenarnya bahaya apa saja yang akan timbul jika mengkonsumsi alkohol berlebihan.

Banyak sekali...

Berikut beberapa diantaranya:

Menjadi Gila

Ini serius...

Orang yang meminum alkohol berlebihan pasti akan terlihat seperti orang gila. Jalannya sempoyongan dan bicaranya pun ngalor-ngidul. Kalau sudah begini siapa yang rugi. Ya pasti diri sendiri, makanya hindari deh mabuk-mabukan yang nggak jelas.

Serangan Jantung

Nggak usah diragukan lagi, alkohol berlebih memang berbahaya bagi kesehatan jantung. Meminum banyak alkohol akan membuat fungsi otot jantung melemah, akibatnya kerja jantung akan terganggu. Jika dibiarkan, serangan jantung mungkin akan terjadi.

Epilepsi Dadakan

Anda pasti pernah melihat orang mabuk yang kejang-kejang seperti epilepsi. Nah, itu salah satu bahaya alkohol yang harus anda tahu. Konsumsi alkohol dalam kadar yang tidak semestinya akan membuat syaraf otak berantakan, akibatnya munculah kejang disertai muntah. Bahayanya hal ini bisa menimbulkan kematian jika tidak segera ditangani.

Sakit Hati


Eitzzz... Jangan berfikir yang aneh-aneh ya.

Sakit hati disini berbeda dengan sakit hati yang pernah anda alami (hehe, keceplosan).

Seperti yang kita tahu bahwa alkohol adalah racun yang dapat merusak sel-sel hati, yang menyebabkan timbulnya penyakit sirosis hati. Sirosis hati merupakan suatu keadaan dimana jaringan hati mengalami luka yang sangat berat sehingga tak mampu menjalankan fungsinya.

Kecanduan


Inilah yang paling bahaya dari alkohol.

Ketergantungan atau kecanduan...

Hal ini akan membuat anda ingin mengkonsumsi alkohol lagi dan lagi. Ketika anda menghentikannya, tubuh akan merespon dengan rasa sakit, gelisah, hingga pusing. Setelah mengkonsumsinya lagi, kondisi tubuh akan membaik. Itulah yang disebut kecanduan. Jika dibiarkan, bisa jadi organ-organ di dalam tubuh anda akan hancur dan rusak satu per satu.

Nah, masih beranikah anda mengkonsumsi alkohol ?

Tulis jawaban anda di kolom komentar...


Subscribe to receive free email updates: