Penyakit TrypoPhobia, Siapa yang Berani Lihat ?

Apa yang anda rasakan saat melihat gambar di bawah ?
Penyakit Kulit Berlubang Ini Bernama TrypoPhobia
Image via acer.dvrlists.com

"Geli"
"Takut"..."jijik"
atau...biasa saja.

Saya yakin hanya beberapa dari anda yang akan menjawab "biasa saja". Bahkan saya sendiri juga masih suka merinding saat melihat gambar seperti di atas.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah...

Penyakit macam apa itu ? 

Apakah penyakit seperti di atas benar-benar nyata ?

Jawabannya tentu saja "tidak".

Tidak ada penyakit seperti gambar di atas. Gambar tersebut sengaja dibuat untuk mendiagnosa suatu penyakit yang bernama Trypophobia.

Apa Itu Trypophobia ?
Image via cystbursting.com
Trypophobia merupakan ketakutan berlebih terhadap lubang. Lubang yang dimaksud adalah kumpulan lubang yang berkerumun seperti sarang lebah. Jika anda takut melihat hal semacam itu maka bisa dipastikan anda mengidap Trypophobia.

Sebenarnya, Trypophobia ini masih diperdebatkan di kalangan ilmuan. Penelitian ilmiah masih belum bisa membuktikan bahwa Trypophobia termasuk penyakit yang nyata atau bukan.

Sampai saat ini, Trypophobia masih dianggap sebagai suatu phobia atau gangguan psikologis yang menyebabkan penderitanya takut ketika melihat berbagai macam bentuk lubang, apalagi jika lubang tersebut diaplikasikan ke tubuh manusia.

Biasanya penderita Trypophobia akan merasakan sejumlah gejala ketika terserang perasaan takut atau phobia terhadap lubang, seperti:

  1. Panik dan perasaan takut yang berlebihan
  2. Timbul kecemasan tinggi yang dapat mengurangi respon gerak anggota tubuh
  3. Keringat banyak disertai perasaan panas di sekujur tubuh
  4. Jantung berdetak sangat kencang bahkan bisa sulit bernapas
  5. Pada anak-anak yang menderita trypophobia cenderung akan rewel dan terus menangis karena takut

Apakah Trypophobia Berbahaya ?

Trypophobia hanyalah sebuah perasaan takut berlebih terhadap lubang, ini sama halnya dengan jenis phobia lainnya. Jadi Trypophobia tidak berbahaya, hanya saja penyakit ini cukup mengganggu jika tidak segera anda atasi. 

Nah, cara mengatasinya sangat mudah tapi butuh kemauan yang tinggi untuk melakukannya. 

Perlu anda tau bahwa sampai sekarang penyakit ini belum ada obatnya. Jadi, untuk mengatasinya hanya perlu kemauan dan tekad anda untuk sembuh.

Berikut adalah kutipan komentar dari seorang mantan penderita Trypophobia yang saya kutip dari DokterCantik.com.
Image from dok. pribadi
Caranya sangat mudah bukan...

Untuk bisa sembuh, anda hanya perlu sesering mungkin melihat gambar-gambar seperti di atas. Jika sudah terbiasa melihat gambar-gambar tersebut, nantinya rasa takut atau phobia itu akan hilang dengan sendirinya.

Jadi mulai sekarang coba beranikan diri berlatih melihat gambar-gambar seperti di atas. Yakinlah bahwa dengan cara tersebut gangguan psikis Trypophobia ini bisa diatasi dengan mudah.


Subscribe to receive free email updates: