Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Mudah dan Alami

Cara menghilangkan jerawat merupakan salah satu informasi yang paling banyak dicari di internet. 

Hal inilah yang membuat saya tergerak untuk menulis artikel ini sebagai salah satu jawaban yang tepat mengenai cara menghilangkan jerawat dengan cepat, mudah, dan alami.

Di artikel ini akan kita bahas secara gamblang mengenai jerawat mulai dari awal hingga akhir.

Pokoknya super lengkap deh.

Mari, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Apa Itu Jerawat ?
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat, Mudah, dan Alami
Image from Merdeka.com
Jerawat adalah istilah awam untuk acne vulgaris, yang biasa terjadi pada usia remaja ketika terjadi perubahan hormon yang menghasilkan lebih banyak minyak di lapisan kulit.

Selain faktor perubahan hormon, munculnya jerawat juga disebabkan oleh faktor-faktor lainnya yang akan kita bahas nanti di bawah.

Jerawat biasanya dialami oleh kaum remaja, namun tidak sedikit juga orang dewasa yang bermasalah dengan jerawat. Biasanya faktor lingkungan dan kebiasaan hidup yang buruk sering kali menjadi penyebab munculnya jerawat.

Kemunculan jerawat umumnya disertai dengan beberapa gejala khas, seperti timbul bintik merah menonjol dan sakit kadang berisi nanah pada wajah, leher, kulit kepala, punggung, dan dada, serta bintik putih atau hitam yang menonjol tetapi tidak sakit.

Simak : Penjelasan mengenai jerawat berdasarkan Wikipedia Indonesia

Penyebab Jerawat ?

Penyebab jerawat banyak sekali. Mulai dari faktor internal dalam tubuh hingga faktor eksternal seperti lingkungan. Di bawah ini saya rangkum 6 faktor penyebab jerawat yang paling sering terjadi.

1# Produksi minyak pada kulit

Di dalam kulit kita terdapat kelenjar yang bernama kelenjar minyak. Kelenjar minyak ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan minyak dalam kulit. Namun, dalam kondisi tertentu seperti saat terjadi perubahan hormon, kelenjar minyak akan memproduksi dan mengeluarkan minyak melebihi normalnya.

Akibatnya akan terjadi hipersekresi minyak pada kulit yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan berbagai bakteri hidup subur di permukaan kulit. Jika ini terjadi maka munculnya jerawat pun tidak akan terhindarkan.

2# Pori-pori tersumbat

Nah, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tersumbatnya pori-pori kulit akan memicu munculnya jerawat. Pori-pori bisa saja tersumbat oleh kotoran atau bakteri yang akhirnya berkembangbiak di permukaan kulit, hal ini jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kulit seperti jerawat, komedo, hingga flek hitam.

3# Bakteri


Bakteri yang sering kali menyebabkan jerawat adalah propionibacterium acnes atau disingkat P acnes. Bakteri ini berkembang di permukaan kulit terutama saat keadaan kulit kotor atau berminyak. Jika bakteri ini terus berkembang di kulit anda, maka semakin lama akan semakin banyak jerawat yang muncul di wajah anda.

4# Sel kulit yang mati


Apa yang terbayang di benak anda ketika mendengar kata sel kulit mati.

“Kotor”
“Menjijikan”
“Merusak penampilan”
…dan bla..bla..bla.


Yah, itu semua memang benar.

Sel kulit mati adalah kotoran kulit yang harus anda bersihkan sesegera mungkin. Jika tidak, kotoran tersebut akan menumpuk dan menjadi jerawat di kulit wajah anda.

5# Hormon yang tidak stabil


Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, bahwa jerawat sangat erat kaitannya dengan perubahan hormon dalam tubuh. Contoh kecilnya bisa anda lihat pada wanita yang sedang atau akan menstruasi. Lihatlah, mereka biasanya mengalami masalah jerawat saat akan dan sedang menstruasi.

Hal ini beralasan, karena memang ketika seorang wanita menstruasi, hormon dalam tubuhnya sedang dalam kondisi labil, dalam artian tidak stabil. Jadi jika bicara masalah jerawat, pasti tidak jauh kaitannya dengan perubahan hormonal.

6# Stres

Jerawat ternyata juga bisa disebabkan oleh stres. Kondisi emosional yang sedang labil dalam artian stres atau banyak masalah, biasanya akan mempengaruhi hormon dalam tubuh. Perubahan hormon ini selanjutnya akan direspon tubuh dengan munculnya jerawat atau masalah kesehatan lainnya.

Secara sederhana, bisa kita gambarkan seperti berikut ini:

Stres = perubahan hormon = jerawat (opsional, bisa saja gangguan kesehatan lain seperti penyakit jantung, hipertensi, dan lain sebagainya)”.


Fakta Tentang Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat, Mudah, dan Alami
Image from Merdeka.com

1# Jerawat adalah salah satu penyakit kulit

Saya rasa semua orang pasti tau bahwa jerawat itu adalah penyakit kulit. Namun, saya rasa akan lebih tepat bila jerawat itu disebut sebagai gangguan kulit, bukan penyakit kulit.

2# Jerawat sering terjadi pada masa pubertas


Masa pubertas  adalah masa dimana seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan juga pematangan fungsi seksual. Nah, ketika masa pubertas berlangsung, hormon di dalam tubuh akan mengalami ketidakstabilan yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

3# Jerawat dapat terjadi pada pria dan wanita

Jerawat bisa dialami siapa saja. Baik laki-laki atau perempuan, pasti pernah mengalaminya. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa kemunculan jerawat tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin tertentu.

4# Tidak berbahaya, namun bisa meninggalkan bekas luka dan mengganggu penampilan

Jerawat tidak termasuk kedalam masalah kesehatan serius yang bisa mengancam nyawa penderitanya. Anda pasti belum pernah dengar kan, ada orang yang meninggal karena jerawatan. Ya, begitulah jerawat, meskipun tidak berbahaya tetapi sering kali membuat kita minder dan tidak percaya diri.

5# Jenis jerawat yang paling dikenal di Indonesia adalah jerawat biasa dan jerawat batu


Banyak sekali jenis dan macam jerawat. Namun, orang Indonesia umumnya hanya familiar dengan 2 jenis jerawat, yaitu jerawat biasa dan jerawat batu. Padahal di beberapa negara lain banyak sekali jenis jerawat yang ditemukan, bukan hanya sebatas kedua jenis tersebut. Hal ini tentu dipengaruhi oleh iklim dan kondisi lingkungan masing-masing negara.

6# Jerawat dapat timbul di semua ras dan semua umur


Pernahkah anda berfikir bahwa orang-orang Korea atau Jepang itu tidak pernah jerawatan. Jika anda pernah berfikir seperti itu, berarti sama seperti persepsi saya dulu. Dulu saya menganggap orang Jepang dan Korea itu tidak pernah jerawatan. Lihat saja, pasti tiap kali liat artis kedua negara tersebut di film, hampir semuanya tidak ada yang jerawatan.

Setelah baca sana-sini, akhirnya saya menemukan jawabannya. Ternyata semua ras dan suku bangsa di dunia ini bisa mengalami yang namanya jerawatan, tanpa terkecuali. Jadi, mulai sekarang jangan pernah berfikir kalau orang Korea dan Jepang itu tidak pernah jerawatan.

7# Jerawat juga dipengaruhi history keluarga atau genetik


Ternyata bukan hanya Diabetes saja yang bisa diturunkan dari orang tua ke anaknya, melainkan jerawat juga bisa. Jika orang tua anda pernah mengalami masalah jerawat yang kompleks, kemungkinan anda juga akan mengalaminya.

8# Pengobatan Jerawat tergantung dari seberapa parah dan jenis jerawat tersebut


Jika selama ini anda menganggap pengobatan segala macam jerawat itu sama saja, maka anda salah besar. Pengobatan jerawat dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan dan jenis jerawat tersebut.


Macam dan Jenis Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat, Mudah, dan Alami
Image from Merdeka.com

1# Jerawat Junevil

Jerawat junevil adalah jenis jerawat yang pertama. Jerawat ini merupakan efek dari perubahan hormon dalam tubuh yang biasa terjadi pada masa pubertas. Untuk mengatasi jerawat ini, anda bisa menggunakan sabun dengan PH yang normal, biasanya terdapat dalam sabun bayi.

2# Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris adalah kelainan kulit yang ditandai dengan adanya komedo terbuka, komedo tertutup dan jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat vulgaris biasanya disebabkan karena hipersekresi minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta sel kulit mati yang menumpuk.

Jenis jerawat ini juga bisa dialami oleh remaja maupun dewasa. Sedangkan untuk mengatasinya bisa memakai obat pembunuh bakteri jerawat atau dengan bahan alami yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

3# Jerawat Rosacea


Jerawat rosacea umumnya dialami oleh wanita yang usianya antara 30-50 tahun. Jenis jerawat ini sering kali menimbulkan kemerahan pada kulit dan terkadang disertai peradangan dan nanah. Untuk mengatasi jerawat jenis ini bisa dengan pengeringan memakai sinar inframerah yang dilakukan oleh dokter. Sedangkan untuk cara alaminya bisa dengan penguapan air.

4# Jerawat Batu

Nah ini adalah jenis jerawat yang sering kali menjadi buah bibir di Indonesia. Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang tergolong parah. Jerawat batu ditandai dengan ukuran jerawat yang cukup besar dan peradangan yang sangat menyakitkan.

Jika tidak segera ditangani, jerawat batu akan menyisakan bekas jerawat yang sulit dihilangkan dan biasanya menyebabkan permukaan kulit wajah menjadi tidak rata.Untuk mengatasi jerawat batu sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat.

5# Jerawat Biasa


Ini adalah jenis jerawat yang paling sering kita alami. Jerawat ini bercirikan ukuran jerawat yang tidak terlalu besar dengan warna yang serupa dengan kulit. Jerawat jenis ini bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan. Jadi anda tidak perlu memencet jerawat, karena hal tersebut justru akan memperlama masa penyembuhan jerawat.

6# Jerawat Nitrosica


Jenis jerawat yang terakhir adalah jerawat nitrosica. Jerawat yang satu ini tergolong jerawat yang harus diwaspadai karena bisa menimbulkan luka pada permukaan kulit. Luka yang terjadi biasanya menyerupai kulit yang melepuh atau berlubang. Sedangkan untuk pengobatannya bisa memakai teknologi kecantikan seperti mikrodermabrasi, teknologi laser, dan perawatan kecantikan lainnya.

Cara Mencegah Jerawat ?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Mudah dan Alami
Image from Merdeka.com
Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya jerawat. Nah, berikut ini saya sajikan beberapa alternatif pencegahan yang harus anda terapkan agar terhindar dari masalah jerawat.

1# Jaga kebersihan wajah

Yang pertama harus anda lakukan adalah menjaga kebersihan wajah. Seperti yang kita tahu bahwa jerawat yang paling mengganggu adalah ketika jerawat itu muncul di area wajah. Untuk mengatasi hal ini, anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan kulit wajah.
 

2# Cuci muka minimal 3 kali sehari

Mencuci muka merupakan salah satu upaya menjaga kebersihan wajah. Dengan mencuci muka, segala kotoran dan sisa makeup yang masih menempel di wajah akan dibersihkan. Ini akan membantu mempersempit peluang bakteri untuk berkembang di kulit wajah anda. Nah, menurut saya mencuci muka yang baik itu minimal 3 kali sehari dengan memakai sabun khusus pembersih wajah.

Bagaimana dengan anda ?

Apakah sependapat dengan saya. Jika tidak, silahkan tulis tanggapan anda di kolom komentar.

3# Pola makan yang sehat


Pola makan yang buruk merupakan salah satu penyebab munculnya masalah jerawat. Pola makan buruk seperti makan berlebihan, sering makan makanan berminyak, makan fast food terlalu sering, dan lain sebagainya amat berisiko menimbulkan masalah kesehatan termasuk salah satunya adalah jerawat. Untuk mengatasi hal ini, anda harus pintar-pintar memilih makanan yang sehat dan mengatur pola makan se-teratur mungkin.

4# Hindari makanan berlemak


Siapa sih yang gak suka gorengan ?

Saya yakin sebagian dari anda suka sekali dengan yang namanya gorengan. Nah, gorengan merupakan contoh kecil makanan berlemak yang bila dikonsumsi berlebihan akan membahayakan kesehatan anda. Mulai dari jerawat, penyakit jantung, hipertensi, bahkan hingga stroke bisa saja terjadi jika anda terus-terusan makan makanan berlemak.

Jadi, sebaiknya kurangi makan-makanan berlemak. Ganti saja dengan buah atau sayuran yang lebih sehat dan juga lebih bernutrisi.

5# Rajin berolahraga


Olahraga akan membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu dengan berolahraga, kesehatan kulit wajah juga akan terjaga. Sebenarnya tidak ada ruginya jika anda berolahraga. Luangkan waktu paling tidak 15 menit setiap pagi untuk melakukan peregangan atau sekedar jogging keliling kompleks.

6# Minum banyak air putih


Cara mencegah jerawat selanjutnya adalah dengan meminum banyak air putih. Air adalah sumber kehidupan, hampir 80% tubuh manusia ini tersusun atas air. Jadi, jangan remehkan peran air dalam tubuh. Minumlah air paling tidak 8 gelas sehari agar metabolisme tubuh terjaga dan juga mencegah munculnya masalah jerawat.

7# Selektif pilih kosmetik

Kosmetik merupakan kebutuhan wajib para kaum hawa. Bahkan terkadang para wanita rela mengeluarkan banyak uang hanya demi membeli kosmetik kesukaan mereka.

Penting nih bagi kaum hawa.

Saya menyarankan agar lebih selektif dalam memilih produk kosmetik yang akan digunakan. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, jangan juga langsung memilih yang harganya mahal.

Cobalah teliti dahulu apa kandungannya. Kemudian pastikan produk tersebut terdaftar di BPOM. Selanjutnya adalah dengan mencoba produk tersebut. Jika memang aman dan tidak menimbulkan iritasi atau alergi, maka anda bisa memakainya.

8# Hindari polusi udara

Ini terbilang sepele, namun anda pasti mengalaminya setiap hari. Jika anda bepergian entah kesekolah atau kerja, pasti akan menemui yang namanya polusi. Mulai dari asap kendaraan, debu yang terbang kesana-kemari, hingga bau menyengat dari sampah yang berserakan. 

Nah, mulai sekarang cobalah untuk melindungi tubuh anda terutama wajah dari polusi. Caranya bisa dengan memakai masker atau apapun itu, yang jelas lindungi wajah anda.

9# Hindari stres


Cara mencegah jerawat selanjutnya adalah dengan menghindari stres. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa stres punya keterkaitan yang cukup besar dengan jerawat. Jadi, jika anda tidak mau jerawatan, maka jangan stres. Begitu sebaliknya jika anda tidak mau stres, maka jangan jerawatan.

10# Dianjurkan minum vitamin kulit

Mencegah jerawat dengan mengonsumsi vitamin kulit sangatlah efektif. Vitamin yang direkomendasikan seperti vitamin E, C, dan B kompleks. Jika anda menutrisi kulit anda dengan vitamin secara rutin, kemungkinan besar kulit anda akan terjaga kesehatannya dan juga terhindar dari masalah kulit seperti jerawat.

11# Pilih cream wajah yang aman

Cream wajah sekarang ini bisa kita dapatkan dengan mudah, apalagi dengan harganya yang murah dan merk yang bermacam-macam. Namun, tahukah anda bahwa hanya sedikit cream wajah yang aman dan legal. Dari sekian banyak merk cream wajah, mungkin hanya ada beberapa yang memenuhi standar keamanan.

Pesan dari saya adalah tetap hati-hati dalam memilih cream wajah. Jangan mudah tergoda dengan harga murah, apalagi kalau ada janji-janji yang gak masuk akal, seperti.

“Wajah anda akan putih dalam 3 hari”
“Wajah anda akan bebas dari jerawat secara cepat”
“Garansi uang kembali 400%, hanya untuk anda”


…dan lain-lain.

Pokoknya harus waspada. Kalau perlu tanyakan ke dokter terlebih dahulu agar bisa diberikan saran dan masukan.

12# Sempatkan berjemur di bawah sinar matahari pagi


Berjemur di bawah sinar matahari pagi merupakan kegiatan yang sangat sehat. Perlu anda tau bahwa sinar matahari di pagi hari membawa vitamin D yang sangat bagus untuk kesehatan tulang dan kulit. Jadi, usahakan untuk berjemur di bawah sinar matahari antara jam 6-8 pagi.

13# Rutin pakai masker wajah

Solusi mencegah jerawat selanjutnya adalah dengan rutin memakai masker wajah. Buatlah masker sendiri agar lebih aman dan sehat. Caranya akan saya jelaskan di bawah.

14# Jaga kebersihan rambut dan benda yang sering kontak dengan wajah

Yang terakhir adalah menjaga kebersihan rambut dan benda-benda yang sering kontak dengan wajah seperti bantal, spray, sapu tangan, handuk, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Jerawat ?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat Mudah dan Alami
Image from Vemale.com
Akhirnya kita sampai ke pembahasan yang terakhir.
Untuk mengatasi jerawat, banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Mulai dari tindakan medis yang mahal ataupun dengan cara alami yang lebih praktis dan murah. Nah, kebetulan kali ini yang akan kita bahas adalah cara alami mengatasi jerawat.

Langsung saja.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan  jerawat.

1. Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi merupakan salah satu teknik mengobati jerawat secara alami yang sempat menjadi trend di kalangan masyarakat. Entah apa penyebabnya, yang jelas sudah banyak yang membuktikan keampuhan pasta gigi untuk mengatasi jerawat.

Caranya:

Pastikan tidak ada luka pada jerawat atau kulit wajah anda agar nantinya tidak menimbulkan perih atau iritasi
Cuci muka anda terlebih dahulu kemudian keringkan dengan handuk
Oleskan pasta gigi ke kulit wajah secara merata atau hanya pada area yang berjerawat
Diamkan hingga beberapa jam atau hingga kering kemudian bilas dengan air bersih

2. Menghilangkan jerawat dengan es batu

Cara yang kedua adalah dengan memakai es batu. Untuk cara yang satu ini saya belum pernah mencoba, namun sudah banyak juga yang membuktikan bahwa cara ini sangat efektif mengatasi jerawat, terutama jenis jerawat yang mengalami peradangan.

Caranya:

Siapkan es batu yang telah dibungkus plastik bersih
Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
Tempelkan es batu pada area wajah yang berjerawat selama beberapa menit hingga terasa seperti mati rasa
Ulangi proses tersebut beberapa kali dan rasakan perbedaannya

3. Menghilangkan jerawat dengan madu

Cara selanjutnya adalah dengan memakai madu. Madu memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah efek anti infeksi dan juga anti bakteri yang dapat berguna untuk mengusir jerawat dari wajah anda. Bagi anda yang belum mencoba sebaiknya segera praktekan cara yang satu ini.

Caranya:

Siapkan madu murni (madu asli)
Bersihkan wajah anda terlebih dahulu
Oleskan madu ke kulit wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit
Setelah itu bilas dengan air hangat

4. Menghilangkan jerawat dengan lemon

Lemon mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang akan membantu mengatasi masalah jerawat di wajah. Sayangnya, cara yang satu ini tidak cocok untuk jenis jerawat yang bernanah atau luka karena dapat menimbulkan iritasi. Jadi perhatikan jerawat anda terlebih dahulu, ada luka atau tidak. Jika ada, sebaiknya gunakan cara yang lain saja.

Caranya:

Siapkan lemon segar
Ambil air perasan lemon secukupnya
Oleskan ke wajah dengan memakai kapas
Biarkan hingga beberapa jam kemudian bilas dengan air

5. Menghilangkan jerawat dengan bawang putih

Bawang putih kini bukan hanya untuk bumbu dapur semata, tetapi juga bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat. Kandungan zat anti fungi, anti bakteri, anti kolesterol, bahkan anti kanker pun dimiliki oleh bawang putih. Sama seperti lemon, bawang putih juga tidak dianjurkan untuk jerawat yang luka.

Caranya:

Potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian
Gosokan bawang putih tersebut ke area jerawat secara perlahan
Jika jerawat terasa sakit atau nyeri sebaiknya haluskan bawang putih baru dioleskan ke area jerawat
Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas hingga bersih

6. Menghilangkan jerawat dengan mentimun

Mentimun memiliki efek anti radang yang sangat cocok untuk mengatasi jerawat batu ataupun jerawat biasa. Kandungan air dalam mentimun juga sangat banyak, yang bagus untuk menutrisi dan menyegarkan kulit.

Caranya:

Haluskan mentimun segar yang telah dikupas
Gunakan sebagai masker wajah
Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih

Nah, itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Semoga artikel yang saya tulis dengan penuh perjuangan ini bisa bermanfaat buat anda.

Salam sehat dari saya.

Subscribe to receive free email updates: