7 Tips Sehat Membuat Jus Buah dan Sayuran

Mengolah buah dan sayuran menjadi jus bukanlah hal yang sulit. Semua orang dapat melakukannya dengan mudah. Apalagi sekarang ini terdapat banyak sekali alat pembuat jus seperti blender, juicer, dan lain sebagainya. 

Meskipun begitu banyak kemudahan dalam membuat jus, tetap ada hal yang harus diperhatikan saat membuat jus agar nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayuran tidak hilang karena proses pembuatan jus yang salah.

Berikut ini saya sajikan beberapa tip sehat dalam membuat jus buah dan sayuran :

7 Tip Sehat Membuat Jus Buah dan Sayuran

1# Fresh

Buah dan sayur yang akan dibuat jus hendaknya dipilih yang segar dan masih fresh. Buah dan sayur yang segar cenderung memiliki kandungan zat gizi yang lengkap dibandingkan bahan pangan yang telah dimasak. 

Bahan yang telah dimasak umumnya akan kehilangan 30%-80% kandungan gizinya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat labih dari sebuah jus maka Anda harus pastikan bahan jus yang akan dibuat dalam keadaan segar.

2# Perhatikan Tingkat Kematangan

Buah dan sayur yang akan dibuat jus sebaiknya memiliki tingkat kematangan yang optimal. Ini karena, banyak sekali zat gizi yang belum terbentuk sempurna selama buah belum matang. 

Misalnya, pada buah pisang, pisang mentah umumnya mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk amylum atau pati. 

Jika telah matang, pati tersebut akan berubah bentuk menjadi gula yang lebih mudah diserap dan dimanfaatkan tubuh. 

Inti dari tip kedua ini adalah pilihlah buah atau sayur yang telah matang jika ingin dibuat jus, karena buah dan sayur yang telah matang memiliki kandungan gizi yang lebih sempurna.

3# Kombinasikan agar Tercipta Rasa yang Lebih Enak

Dalam membuat jus, kita harus pintar memilih dan memadukan bahan agar tercipta rasa jus yang enak. 
Tujuan mengkombinasikan bahan pembuatan jus ini adalah untuk menghindari rasa jus yang kurang enak dilidah sehingga membuat kita kapok untuk meminumnya. 

Nah, biar kita tetap doyan dengan jus yang kita buat, maka kita perlu memadukan bahan pembuatan jus. 

Misalnya, kita ingin membuat jus berbahan dasar brokoli yang rasanya getir dan agak pahit. Untuk mengatasi hal ini, maka kita bisa menambahkan buah atau sayuran yang memiliki rasa manis atau asam seperti apel.

Dengan memadukan kedua bahan tersebut, nantinya akan tercipta rasa jus yang lebih enak. Jika gak percaya, silahkan coba sendiri.

4# Cuci Buah dan Sayuran Sebelum Dipotong

Pencucian dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayur. 

Sedangkan untuk mempermudah hancurnya buah dan sayur maka perlu dilakukan pemotongan menjadi bentuk yang lebih kecil. 

Perlu diperhatikan bahwa proses pemotongan harus dilakukan setelah pencucian, jangan sampai terjadi sebaliknya. 

Karena apabila yang terjadi adalah dipotong dulu baru dicuci, maka dikhawatirkan vitamin larut air yang terkandung dalam buah dan sayuran akan ikut terbawa saat dilakukan pencucian.

5# Bahan Tambahan

Terkadang jus buah dan sayur ada yang memiliki rasa asam atau hambar. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan cara mengkombinasikan buah dan sayuran seperti yang telah dijelaskan di tip sebelumnya.

Selain itu anda bisa pakai cara kedua yaitu dengan menambahkan bahan tambahan pada jus seperti sirup, madu, susu, atau yoghurt. 

Penambahan ini tentunya akan menambah nutrisi yang terkandung dalam jus, rasanya pun akan lebih enak. 

6# Minumlah Jus Segera Setelah Dibuat

Jus yang telah dibuat hendaknya langsung dikonsumsi. Hal ini untuk menghindari berkurangnya nutrisi yang terkandung dalam jus. 

Oleh karena itu minumlah segera jus yang telah dibuat. Jus masih dapat dikonsumsi enam jam setelah dibuat, namun sebaiknya dihabiskan sebelum satu jam.

7# Waktu yang Tepat 

Adakah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi jus?

Tentu saja ada. 

Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi jus adalah di pagi dan siang hari. Sebaiknya dalam mengkonsumsi jus hendaknya diminum sebelum makan agar zat gizi yang terkandung didalamnya bisa langsung terserap oleh tubuh.

Itulah tujuh tip sehat membuat jus buah dan sayuran dari saya. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Salam sehat dari saya...


Subscribe to receive free email updates: