Artikel Kesehatan Terpercaya

7 Nutrisi Ibu Hamil agar Bayi Lahir Sehat Tanpa Cacat

Makanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan selama kehamilan. Makanan yang sehat dan bernutrisi tentu akan memaksimalkan tubuh kembang janin di dalam kandungan. 

Berbicara mengenai nutrisi penting bagi ibu hamil, sebenarnya banyak sekali nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil.  

Diantara sekian banyak nutrisi tersebut, saya merangkum tujuh nutrisi yang paling penting dan wajib dipenuhi oleh ibu hamil. 
7 Nutrisi Ibu Hamil agar Bayi Lahir Sehat Tanpa Cacat
Image from merdeka.com
1# Karbohidrat

Karbohidrat merupakan asupan nutrisi wajib setiap harinya. Semua orang membutuhkan karbohidrat, karena dari sinilah tubuh bisa bertenaga dan mempunyai energi untuk beraktifitas. 

Bagi ibu hamilpun, peranan karbohidrat juga sangat penting. Asupan karbohidrat yang cukup akan membantu memenuhi kebutuhan energi ibu hamil yang sangat ekstra. 

Beberapa sumber karbohidrat tinggi adalah nasi, gandum, umbi-umbian, dan masih banyak yang lainnya.

2# Protein

Protein punya peran penting dalam memproduksi sel-sel darah. Protein juga dikenal sebagai sumber zat pembangun yang tentunya sangat bagus bagi pertumbuhan dan perkembangan janin Anda. 

Pada saat hamil, kebutuhan protein meningkat hampir dua kali lipat dibanding sebelum hamil, karena itu ibu hamil perlu asupan protein lebih banyak dibandingkan biasanya. 

Sumber protein tinggi bisa didapatkan dari daging, telur, ikan, kedelai, dan lain sebagainya.

3# Mineral

Mineral adalah zat anorganik yang dalam jumlah kecil berguna untuk kelangsungan metabolisme tubuh. Pada ibu hamil, mineral punya peran penting yaitu sebagai zat pengatur metabolisme dalam tubuh. 

Beberapa mineral yang dibutuhkan ibu hamil adalah besi (Fe), kalsium, fluor, dan magnesium. Beberapa mineral tersebut dapat diperoleh dari sayuran hijau, daging, susu, pisang, dan kacang-kacangan.

4# Asam Folat

Ini termasuk nutrisi paling penting bagi ibu hamil. Jika sampai ibu hamil kekurangan asam folat, risiko keguguran dan bayi lahir cacat akan semakin tinggi. 
Asam folat punya peran penting bagi kehamilan, salah satunya adalah menjaga perkembangan sistem syaraf dan sel darah. 

Untuk sumber asam folat, Anda bisa mendapatkannya dari sayuran berwarna hijau seperti bayam, kembang kol, dan brokoli. Sedangkan pada buah-buahan, asam folat banyak terdapat pada pisang, wortel, dan tomat.

5# Vitamin B Kompleks

Apa itu vitamin B kompleks?

Vitamin B kompleks adalah deretan vitamin B mulai dari vitamin B1 sampai vitamin B12, itulah yang disebut vitamin B kompleks. 

Kebutuhan vitamin B kompleks selama hamil akan meningkat, sehingga para ibu hamil harus menyiasatinya dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. 

Peran vitamin B kompleks adalah menjaga sistem syaraf, otot, dan jantung agar berfungsi normal. 

Pada ibu hamil vitamin B kompleks akan membantu memaksimalkan pembentukan syaraf, otak, dan jantung, sehingga janin terhindar dari kelainan fungsi organ tubuh. 

Vitamin B kompleks banyak dijumpai pada biji-bijian, susu, ragi, dan sayuran hijau.

6# Vitamin D

Selain vitamin B kompleks, ada jenis vitamin lain yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu vitamin D. Vitamin D sangat erat kaitannya dengan kesehatan tulang. 

Pada ibu hamil vitamin D akan membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang janin, termasuk menghindarkan janin dari kelainan tulang seperti rakitis (tulang melunak dan mudah patah) dan osteoporosis.

Sumber vitamin D banyak sekali kita temui, seperti pada sinar matahari pagi, kuning telur, susu, dan minyak ikan.

Sekedar tip untuk ibu hamil agar mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

Berikut beberapa tipsnya :
  1. Sebaiknya berjemur di bawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi.
  2. Anda bisa melakukannya sambil jalan-jalan pagi atau pada saat melakukan olahraga.
  3. Jangan lupa bawa bekal air minum agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan.
  4. Jangan memakai handbody atau tabir surya, biarkan kulitmu tanpa pelindung agar penyerapan vitamin D maksimal.
7# Kalsium

Kalsium penting peranannya bagi pertumbuhan dan pembentukan tulang serta gigi janin. Selain itu, jika asupan kalsium tercukupi, si ibu juga bisa terhindar dari bahaya osteoporosis atau penyakit tulang lainnya.

Sumber kalsium yang paling baik adalah susu. Selain susu, kalsium juga bisa didapat dari sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Nah, itulah ketujuh nutrisi penting yang harus atau wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda dan juga para ibu hamil lainnya agar bisa mendapatkan keturunan yang sehat dan cerdas.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Nutrisi Ibu Hamil agar Bayi Lahir Sehat Tanpa Cacat