Lima Hal Seputar Kolesterol yang Perlu Anda Tau

Akhir-akhir ini, banyak berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang salah. 

Dan ironisnya, hal ini tidak disadari oleh banyak orang. Mereka tetap saja mengkonsumsi berbagai jenis makanan favorit seperti gorengan, daging-dagingan, dan lain sebagainya dengan berlebihan. 

Padahal, dibalik kelezatan berbagai jenis makanan favorit tersebut terdapat kolesterol yang bisa mengakibatkan berbagai jenis penyakit kardiovascular seperti serangan jantung dan stroke. 

Dan sampai saat ini belum banyak yang mengerti tentang kolesterol. 

Lalu, sebenarnya apa itu kolesterol? 

Lima Hal Seputar Kolesterol yang Perlu Anda Ketahui

1# Ada Dua Jenis Kolesterol

Kolesterol memiliki dua jenis, yang pertama bersumber dari darah dan yang kedua dari makanan. Kolesterol yang bersumber dari makanan dapat dengan mudah anda temukan pada produk hewani, karena secara alami tubuh hewan memproduksi lemak. 

Dan saat kita mengkonsumsi produk hewani seperti daging, makanan laut, dan telur, secara tidak sadar kitapun akan memasukkan kolesterol yang diproduksi oleh tubuh hewan ke dalam tubuh. 

Seputar kolesterol yang satu ini jarang disadari oleh banyak orang, karena produk hewani merupakan makanan favorit yang sering digemari.

2# Jangan Lakukan Diet Kolesterol Berlebihan

Kolesterol juga dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, jadi sebaiknya kita berhati-hati saat melakukan diet kolesterol. 

Karena biasanya orang yang sedang menjalankan program diet kolesterol akan langsung menyingkirkan berbagai jenis makanan yang mengandung lemak. 

Padahal tidak semua kolesterol itu jahat, kolesterol juga berguna sebagai pembuat zat-zat yang akan membantu pencernaan. Selain itu kolesterol juga berfungsi sebagai pembuat hormone dan vitamin D. 

Jadi sangat penting bagi anda untuk mengerti seputar kolesterol agar anda tidak salah paham. 

3# Ada Kolesterol Baik dan Jahat

Selain yang sudah dijelaskan di atas, tentang kolesterol yang perlu anda pahami adalah bahwa kolesterol ada yang baik dan ada juga yang jahat, atau biasa disebut dengan HDL dan LDL. 

Keduanya adalah pembawa kolesterol yang bernama lipoprotein. Dan keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda, HDL dinamakan kolesterol baik karena memiliki fungsi mengambil kolesterol di dalam pembuluh darah untuk dibawa ke liver dan dibuang dari tubuh. 

Sedangkan untuk LDL dinamakan jahat karena dapat menyebabkan penumpukan plak sehingga pembuluh darah menjadi tersumbat. 

Bagi anda yang belum paham seputar kolesterol HDL dan LDL ini paling tidak anda sudah mengetahui garis besarnya. 

4# Makanan Kaya Lemak Adalah Sumber Utama Kolesterol

Berbicara seputar kolesterol tentunya kita tidak bisa lepas dari berbicara tentang makanan. Makanan seringkali membuat kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi meningkat, terutama makanan yang berasal dari produk hewani. 

Dan hal itu tentunya sangat berbahaya, karena kelebihan kolesterol juga akan memicu serangan jantung dan penyakit kardiovaskular yang lain. 

Namun belakangan ini para ahli gizi justru merekomendasikan tentang kolesterol tersebut yang ternyata tidak ada hubungan terkait dengan makanan setelah melalui beberapa penelitian yang serius.

5# Lemak Jenuh dan Keterkaitannya dengan Kolesterol

Walaupun kenyataan tentang kolesterol di atas membuat kita sedikit lega, namun kita juga harus paham seputar kolesterol dan keterkaitannya dengan lemak jenuh. 

Dari beberapa sumber yang terpercaya telah didapatkan sebuah kesimpulan bahwa ternyata lemak jenuh berkait erat dengan meningkatnya kadar kolesterol. 

Jadi sebaiknya anda berhati-hati dengan jenis-jenis makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. 

Atau jika sudah terlanjur terbiasa mengkonsumsinya, anda bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayur mayur yang mengandung banyak serat dan zat-zat pembakar kolesterol yang merupakan obat kolesterol alami

Dengan begitu kadar kolesterol di dalam tubuh anda tetap terkontrol meskipun anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan dengan bebas.
Penulis: Adi Luga Anggara


Subscribe to receive free email updates: