Panduan Diet OCD Deddy Corbuzier Lengkap dengan Ebook (Gratis)

Diet OCD sempat populer beberapa tahun yang lalu setelah diperkenalkan secara luas oleh Deddy Corbuzier, seorang artis kenamaan Indonesia. 

Saking larisnya ebook diet OCD yang dijual oleh Deddy Corbuzier, sampai-sampai diet OCD diperkirakan sudah dilakukan oleh lebih dari 4 juta orang hanya dalam waktu 3 minggu setelah diterbitkan. 

Sungguh pencapaian yang luar biasa bukan.

Nah, kebetulan kemaren saya baru saja mendownload ebook diet OCD dan langsung membacanya hingga habis. 

Saya tidak menyangka bahwa metode diet yang diajarkan dalam ebook tersebut sangatlah berlawanan dengan metode diet yang umum diajarkan sekarang ini. 

Ebook ini menjelaskan teori diet yang didasarkan pada pengalaman Deddy Corbuzier dalam membentuk tubuhnya yang seperti sekarang ini.

Isi ebook diet OCD sangatlah berbobot dan kredibel, karena itulah saya kali ini akan membagikan panduan lengkap diet OCD yang saya tulis dan rangkum dari ebook tersebut.

Apa Itu Diet OCD

Diet OCD adalah puasa kalori
Panduan Diet OCD Deddy Corbuzier Lengkap dengan Ebook (Gratis)
Image via caramenurunkanberatbadan9.com
Artinya Anda dituntut untuk melakukan puasa dengan batasan waktu tertentu. Namun puasa disini berbeda dengan puasa pada umumnya, pada diet OCD, kita masih diperbolehkan minum air atau minuman lain dengan syarat minuman tersebut tidak mengandung kalori. 

Misalnya saja air atau teh tawar. 

Jadi Anda diperbolehkan meminum air ketika melakukan puasa, dan ini tentu akan menghindarkan Anda dari bahaya dehidrasi.

Pengertian diatas saya rasa cukup jelas untuk bisa Anda pahami. Sekarang mari simak beberapa poin penting dalam melakukan diet OCD :

Anda Boleh Makan Malam, Tapi Jangan Makan Pagi (Sarapan)

Diet OCD menekankan Anda untuk tidak makan pagi/sarapan. Alasannya cukup jelas dan memang masuk akal karena disertai bukti penelitian dari para ahli. 

Mungkin sebagian dari Anda berfikir bahwa makan malam justru akan membuat seseorang menjadi gemuk. Jika memang begitu berarti pikiran Anda sama seperti saya sebelum membaca ebook diet OCD.

Makan malam membuat gemuk ternyata hanya sebuah mitos belaka. Tidak makam malam hanya akan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. 

Misalnya, seseorang membutuhkan 2000 kalori per hari, nah di pagi dan siang hari orang tersebut makan 2000 kalori, terus di malamnya dia tidak makan. Kan sama saja 2000 kalori yang masuk, meskipun orang tersebut tidak makan malam. 

Jadi, kalo Anda bertanya bahwa berat tubuh Anda turun karena berhenti makan malam ? itu masuk akal, karena memang Anda mengurangi jumlah kalori yang masuk.

Kesimpulannya..
Kapan waktu Anda makan itu tidak akan membuat Anda gemuk, entah pagi, siang, dan malam itu tidak berpengaruh, melainkan Jumlah kalori yang masuk yang berpengaruh.
Sedangkan untuk alasan kenapa tidak dianjurkan sarapan adalah sebagai berikut :

1# Sarapan tidak meningkatkan metabolisme tubuh

Sarapan tidak akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda, tidak sarapan juga tidak akan mengurangi metabolisme tubuh seseorang. Jadi sarapan atau tidaknya seseorang, itu sama sekali tidak berpengaruh pada kelangsungan metabolisme tubuh.

2# Sarapan tidak ada pengaruhnya dengan pembentukan otot

Siapa bilang sarapan akan membantu memaksimalkan pembentukan otot tubuh. Sarapan tidak akan mempengaruhi proses pembentukan otot. Sebaliknya, tidak sarapan juga tidak akan membuat Anda kehilangan otot tubuh yang telah terbentuk.

3# Sarapan tidak akan membantu mengendalikan gula darah

Sarapan tidak berpengaruh secara signifikan dalan pengendalian gula darah seseorang. Namun, dengan menghindari sarapan, dan melakukan puasa maka sensitifitas insulin akan meningkat secara drastis, hal ini sangatlah baik jika Anda ingin melakukan diet.

4# Sarapan hanya akan membuat tubuh cepat lapar 

Saya kira hanya saya yang mengalami hal ini, ternyata Deddy Corbuzier pun pernah mengalaminya. Anda pasti pernah merasa ngantuk bahkan cepat lapar di siang hari padahal paginya sudah sarapan. 

Ini terjadi dan merupakan akibat dari sarapan itu sendiri. Bagi saya, Deddy Corbuzier, dan Anda pastinya, bahwa makan pagi hanya membuat otak dan perut kita adiktif (kecanduan atau ketergantungan) yang akhirnya membuat kita ingin makan lagi secepatnya.

5# Dengan sarapan tidak berarti Anda akan sehat

Sarapan tidak bermanfaat bagi kesehatan Anda secara langsung. Studi terbaru membuktikan bahwa sarapan dan sehat tidak ada hubungannya secara langsung. Jadi, sarapan atau tidak, itu tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda secara signifikan.

6# Sarapan akan menurunkan konsentrasi saat beraktifitas

Tubuh butuh waktu istirahat setekah makan. 2-3 jam setelah makan merupakan waktu dimana terjadi proses pencernaan makanan di tubuh. 

Di waktu-waktu krusial ini biasanya seseorang akan mengantuk, kurang konsentrasi, dan malah tidak produktif karena tubuh sedang konsentrasi pada proses pencernaan makanan. 

Jadi, Anda yang sarapan termasuk saya pasti akan mengalami masalah yang sama saat beraktifitas mulai dari mengantuk, kurang konsentrasi, dan bahkan menjadi malas.

7# Tidak makan pagi jauh lebih baik dibanding tidak makan malam

Yah, inilah sebuah kutipan kata dari ebook diet OCD. Disitu dikatakan bahwa "tidak makan pagi itu jauh lebih baik daripada tidak makan malam"

Banyak yang mengatakan bahwa tidak makan pagi justru bisa menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, namun nyatanya semua ini belum ada bukti medisnya baik melalui penelitian maupun studi kasus yang mendetail dan terpercaya.

Hentikan Makan Pagi dan Mulailah Berpuasa

Poin penting kedua adalah dengan menghentikan kebiasaan sarapan dan kemudian memulai melatih diri untuk berpuasa. Waktu puasa yang diberikan yaitu 16 jam, 18 jam, dan 20 jam dalam sehari. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai kemampuan Anda.

Perlu di ingat bahwa puasa disini hanyalah puasa kalori

Itu artinya Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi air, teh, atau bahkan permen dengan syarat makanan tersebut 0 kalori. 

Puasa kalori dengan batasan waktu

Mari kita bahas lebih mendetail waktu puasa yang diberikan diatas :

Puasa 16 jam, itu artinya Anda tidak boleh makan/memasukan kalori ke tubuh selama 16 jam. 

Misalnya, Anda ingin memulai puasa jam 12 siang, itu berarti Anda tidak boleh makan atau memasukan kalori ke dalam tubuh hingga jam 4 pagi, terhitung dari 16 jam-12= 4. Jadi, dalam sehari waktu Anda untuk makan adalah 8 jam, terhitung dari 24 jam-16 jam=8.

Puasa 18 jam, itu artinya Anda tidak boleh makan/memasukan kalori ke tubuh selama 18 jam. 

Misalnya, Anda ingin memulai puasa jam 12 siang, itu berarti Anda tidak boleh makan atau memasukan kalori ke dalam tubuh hingga jam 6 pagi, terhitung dari 18 jam-12=6.  Jadi, dalam sehari waktu Anda untuk makan adalah 6 jam, terhitung dari 24 jam-18 jam=6.

Seperti itulah kira-kira perhitungannya. Anda tinggal menyesuaikan sesuai kemampuan Anda.

Puasa 24 jam jika Anda kuat

Terdengar lebih ekstrim dilakukan. 

Puasa 24 jam ini hanya direkomendasikan bagi Anda yang merasa kuat atau ingin sekedar beruji nyali. hehe

Puasa 24 jam artinya, Anda hanya diperbolehkan makan sekali dalam sehari. Anda bisa makan apa saja, jam berapa saja, sebanyak apa saja yang Anda mau, tetapi ingat bahwa ini bukan berarti Anda menjadi rakus dan makan pagi/sarapan. 

Pokoknya tetap dilarang makan pagi.

Misalnya saja Anda ingin memulai puasa jam 3 siang, berarti disaat itu juga Anda harus makan kemudian puasa hingga jam 3 siang keesokan harinya. Ingat selama puasa Anda tetap diperbolehkan minum minuman yang tidak berkalori.

Kombinasikan keduanya

Ini yang paling menarik dan paling direkomendasikan. 

Anda bisa mengkombinasikan kedua metode puasa diatas. Misalnya, di minggu pertama Anda berpuasa 16 jam sehari, di minggu kedua dinaikan menjadi 18 jam sehari, kemudian di minggu ketiga menjadi 20 jam sehari. 

Setelah itu coba pertahankan untuk tetap di 20 jam sehari dengan penambahan puasa 24 jam sehari dalam 1 atau 2 hari seminggu. Deddy Corbuzier sendiri cuma mampu puasa (24 jam) 3 hari seminggu, tidak lebih dari itu.

Lakukan Olahraga di Pagi Hari atau di Saat Puasa

Banyak yang bilang kalau olahraga dalam keadaan perut kosong akan membuat Anda tidak kuat, sakit, lemas, atau bahkan otot yang telah terbentuk akan hilang. Ini semua hanya argumen/pendapat seseorang, bukan didasarkan pada penelitian yang akurat.

Tubuh manusia merupakan sistem yang unik dan kompleks. Tubuh mempunyai berbagai alternatif untuk tetap menjaga kesehatan. 

Misalnya saja, ketika kita berolahraga pada saat perut kosong, maka otomatis tubuh akan mengambil tenaga cadangan dari lemak yang ada di dalam tubuh. 

Bayangkan saja jika Anda rutin berolahraga saat perut kosong, maka dipastikan lemak tubuh akan terus berkurang seperti apa yang Anda inginkan.

Berolahraga saat perut kosong terbukti mampu membakar lemak 4 kali lebih cepat. Saat berolahraga sebaiknya Anda tetap menjaga asupan air agar tidak terjadi dehidrasi berlebih.

Nah, berikut ada beberapa alasan lain kenapa Anda diharuskan untuk tetap berolahraga meskipun dalam keadaan puasa.

Alasannya :

1# Meningkatkan sensitifitas insulin dalam tubuh

Puasa yang dikombinasikan dengan olahraga yang tepat akan mampu merangsang sensitifitas insulin. Insulin yang stabil akan membantu mengontrol gula darah dan ini berarti Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah gula darah berlebih atau yang identik dengan penyakit diabetes melitus.

2# Meningkatkan ketahanan dan kemampuan tubuh

Tubuh dilatih untuk tetap bekerja dan bekerja meskipun dalam keadaan puasa. Tubuh yang seperti ini cenderung memiliki ketahanan dan kemampuan tubuh yang lebih baik. Imunitas meningkat dan kesehatan pun tetap terjaga.

Nah, berikut beberapa jenis olahraga yang disarankan dalam diet OCD. Olahraga ini tergolong ringan, dan lebih fokus dalam membentuk tubuh yang ideal.

Olahraga untuk OCD
Olahraga untuk OCD
Image from ebook diet OCD
Lakukan olahraga diatas secara bergantian masing-masing 30 detik dengan selang waktu istirahat hanya 10 detik.

1# Lakukan Meditasi Ringan Sebelum Memulai Olahraga

Ini penting?

Dalam diet OCD selalu ditekankan untuk melakukan meditasi berupa latihan pernafasan sebelum melakukan olahraga. Caranya muda, berikut tutorialnya:
Pejamkan mata dan tarik nafas perlahan melalui perut, jadikan satu tarikan nafas selama 20 detik, kemudian tahan nafas Anda 10 detik dan lepaskan perlahan-lahan. Lakukan latihan ini selama 5 menit setiap kali akan memulai olahraga.

2# Sugesti dan Percaya Adalah Kekuatan yang Sebenarnya

Pernah mendengar kata sugesti?

Biasanya kata ini identik dengan para penghipnotis atau pesulap. Lihatlah mereka bisa dengan mudahnya menghipnotis orang dan membuatnya melakukan apa saja sesuai keinginan penghipnotis. 

Ya, ini disebabkan oleh sugesti. Sugesti menuntut kita untuk percaya pada sesuatu, bahkan hal yang tidak mungkin sekalipun.

Dalam medis, sugesti dikenal sebagai plasebo. Plasebo masuk dalam salah satu obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit. 

Tahukah Anda isi plasebo ini?

Isinya adalah sebuah zat tanpa khasiat menyembuhkan penyakit, umumnya adalah gula

Plasebo diberikan hanya bermodalkan kepercayaan pasien akan obat tersebut. Secara medis plasebo tidak memiliki khasiat apapun, tapi karena pasien percaya kalo plasebo bisa menyembuhkan penyakit yang ia derita, maka secara ajaib penyakit tersebut bisa sembuh. 

Hebat kan. Ini serius loh, bukan hanya hasil mengarang. Saya dapatkan informasi seperti ini dari buku kefarmasian milik saya sendiri.

Jadi..
Apapun metode diet yang Anda lakukan, entah itu OCD atau semacamnya. Selama Anda percaya itu akan berhasil, maka tidak ada kemustahilan bahwa itu akan berhasil seperti apa yang Anda harapkan, seperti apa yang Anda sugestikan.
Nah, begitulah kira-kira pembahasan kali ini tentang diet OCD. Bagi Anda yang ingin mendapatkan ebook diet OCD secara gratis, bisa langsung download disini. Sekian, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Subscribe to receive free email updates: