Cara Memakai Pembalut Wanita yang Baik dan Benar

Sebagai generasi wanita yang cerdas, kita harus pintar memilih berbagai produk kesehatan wanita, salah satunya adalah produk pembalut. 

Produk atau merk pembalut yang aman dan sehat tentu memiliki berbagai kriteria, seperti yang telah saya uraikan di artikel sebelumnya yang berjudul tips memilih pembalut menstruasi yang sehat dan aman

Nah, kali ini saya tidak akan menjelaskan tentang hal tersebut, melainkan menjelaskan mengenai cara memakai pembalut wanita yang baik dan benar.

Meski kelihatannya sepele, namun bagi beberapa wanita terutama remaja, mereka masih awam dan belum tau cara memakai pembalut yang baik dan benar. 


Karena alasan itulah saya menulis artikel ini. Baik langsung saja, kita simak tutorial memakai pembalut yang baik dan benar, berikut ini:

Sebelum ke pembahasan utama, mari kita simak dulu beberapa tip memilih pembalut wanita yang sehat.



Tip Memilih Pembalut yang Sehat
Cara Memakai Pembalut Wanita yang Baik dan Benar
Image from www.bbc.com
Jenis pembalut

Kenali jenis dan macam pembalut agar kalian tau mana pembalut yang sesuai dengan kebutuhan dan mana yang tidak. 


Usahakan untuk memilih pembalut dengan ketebalan, daya serap, dan bentuk yang enak serta nyaman dipakai. Jangan hanya melihat pembalut dari bungkus luarnya saja, karena sekarang ini banyak merk pembalut berbahaya. 

Ingat, pembalut terdiri dari dua jenis yaitu pembalut bersayap dan tidak bersayap. Pembalut bersayap adalah pembalut yang memiliki bagian menyerupai sayap untuk dilekatkan pada celana dalam. Ini berfungsi agar pembalut tidak bergeser saat dipakai.

Hindari pembalut yang wangi


Pembalut yang wangi adalah salah satu ciri-ciri pembalut berbahaya. Karena itu sebaiknya hindari memilih pembalut yang beraroma wangi dan menusuk hidung. 


Pilih saja pembalut yang baunya normal dan juga bertekstur lembut agar tidak menimbulkan iritasi atau infeksi pada area vagina.

Pastikan belum Expire

Pembalut juga memiliki tanggal kadaluarsa. Jika Anda menemukan pembalut yang sudah lewat expire maka hindari dan jangan gunakan, karena pembalut seperti ini bisa menimbulkan iritasi dan infeksi kelamin.

Kemasan pembalut dalam kondisi baik

Jangan membeli pembalut dengan kemasan yang rusak atau cacat, seperti sobek, basah, atau kotor. Pilihlah pembalut dengan kemasan yang masih bagus. 


Hal ini untuk menghindari pembalut yang terkontaminasi dan sudah tidak steril lagi karena telah rusak dan terpapar udara.

Pilih pembalut dengan daya serap tinggi

Ini adalah salah satu hal utama yang harus diperhatikan tatkala Anda ingin membeli pembalut. Pilihlah pembalut dengan daya serap tinggi agar saat digunakan tidak bocor dan berceceran di celana. 


Untuk mengetahui daya serap pembalut, Anda bisa cek caranya di artikel sebelumnya yang berjudul tips memilih pembalut yang aman dan sehat.


Tips Memakai Pembalut yang Benar
Cara Memakai Pembalut Wanita yang Baik dan Benar
Image from Okezone.com
Cuci tangan sebelum dan sesudah memakai pembalut

Sebelum Anda memakai pembalut sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dengan memakai sabun atau antiseptik. Ini untuk menghindari terjadinya iritasi pada area vagina, karena memang area kewanitaan adalah bagian paling sensitif wanita sehingga harus benar-benar dijaga kebersihannya.

Rutin mengganti pembalut

Untuk menjaga kebersihan, gantilah pembalut setiap 3-4 jam agar tidak timbul rasa gatal atau bau tak sedap. Jangan menunggu pembalut Anda penuh dengan cairan baru menggantinya. 


Kebiasaan seperti ini adalah kebiasaan tidak sehat yang harus Anda hindari. Jadi, meskipun pembalut Anda belum penuh dengan cairan, segeralah ganti jika sudah dipakai selama 3-4 jam.

Bersihkan daerah kewanitaan sebelum dan sesudah memakai pembalut


Baik sebelum maupun sesudah memakai pembalut, Anda harus segera membersihkan daerah kewanitaan Anda. Disarankan untuk membersihkannya dengan air mengalir, tidak perlu memakai sabun khusus. 


Pembersihan ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di kulit sekitar vagina.

Buang pembalut bekas dengan bijak

Jangan membuang pembalut langsung ke tong sampah. Sebelum membuangnya, Anda harus membungkus rapat pembalut bekas tersebut agar tidak dihinggapi lalat. Anda bisa membungkusnya dengan plastik atau tisu toilet kemudian baru membuangnya ke tempat sampah.



Cara Memakai Pembalut yang Benar

Sekarang kita sampai ke pembahasan utama yaitu cara memakai pembalut yang baik dan benar. Bagaimana caranya? langsung saja kita simak, berikut tutorialnya:
Keluarkan pembalut dari bungkusnya
Image from WikiHow.com
Keluarkan pembalut dari bungkusnya. Bungkusnya jangan langsung dibuang, tetapi simpan untuk nanti digunakan sebagai pembungkus pembalut yang sudah Anda kenakan.
buka sayap pembalut dan lepaskan perekat di bagian belakang pembalut
Image from WikiHow.com
Jika Anda memilih pembalut bersayap, maka buka sayap pembalut dan lepaskan perekat di bagian belakang pembalut. Lepaskan juga lapisan perekat pada sayap pembalut.
Pasang bagian pembalut yang berperekat pada celana dalam
Image from WikiHow.com
Pasang bagian pembalut yang berperekat pada celana dalam yang Anda kenakan. Jangan lupa untuk melekatkan sayap pembalut di bagian luar celana dalam (khusus yang memakai pembalut bersayap). Ini berfungsi agar pembalut tidak bergeser saat Anda melakukan aktifitas.
Kenakan celana dalam
Image from WikiHow.com
Kenakan celana dalam seperti biasa. Selesai deh. Mudah kan...


Subscribe to receive free email updates: