Cara Melakukan Diet DASH untuk Menormalkan Hipertensi

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi atau hipertensi, salah satunya adalah dengan melakukan diet dash.

Apa itu diet dash ? 

Diet dash (dietary approaches to stop hypertension) adalah sebuah metode diet yang dikhususkan bagi penderita hipertensi.

Inti dari program diet dash adalah dengan memprioritaskan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak . 

Hal ini bertujuan untuk menyuplai makanan kaya serat dan mineral ke dalam tubuh sehingga tekanan darah pun bisa dikendalikan. 

Cara Melakukan Diet DASH untuk Menormalkan Hipertensi

Cara Melakukan Diet DASH untuk Menormalkan Hipertensi

Ada tiga mineral penting yang diprioritaskan dalam diet dash, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium

Magnesium dan kalsium berfungsi secara tidak langsung untuk membantu mengendalikan hipertensi. 

Sedangkan kalium bekerja mengatur keseimbangan jumlah natrium dalam sel.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute pada tahun 2001, menyatakan bahwa diet dash yang dikombinasikan dengan mengurangi konsumsi natrium dapat menurunkan tekanan darah lebih optimal. 

Hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa diet dash sangat ampuh dalam mengatasi hipertensi.

Cara Melakukan Diet DASH 

Diet dash sangat mudah dipraktekkan. 

Silahkan ikuti panduan dibawah ini untuk melakukan diet dash natrium dengan baik.

  1. Konsumsi makanan segar yang kaya akan serat dan rendah lemak seperti nasi, sereal, makaroni, roti, singkong dan ubi-ubian. Makan makanan ini 3-4 kali sehari dengan porsi sedang dan jangan berlebihan.
  2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran dengan porsi hingga 4-5 kali sehari. Anda bisa mengkonsumsi buah atau sayuran apa saja, tetapi sebaiknya utamakan buah dan sayuran yang kaya akan serat.
  3. Konsumsi susu atau produk olahannya seperti es krim, yoghurt, susu kedelai hingga 2-3 kali sehari. Susu merupakan sumber kalsium yang berguna untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap normal.
  4. Konsumsi daging dan ikan dengan porsi sedikit yaitu hanya 1 kali sehari. Sebaiknya utamakan konsumsi ikan karena mengandung banyak sekali nutrisi penting seperti omega 3 yang mampu mencerdaskan otak, serta kaya akan seng dan magnesium yang baik untuk mengontrol hipertensi.

Perhatikan dan terapkan prinsip diatas agar manfaat diet dash bisa Anda rasakan. 

Jangan lupa untuk mengurangi asupan natrium yang banyak terdapat dalam garam dapur dan bumbu masak instan. 

Jika Anda bisa melakukannya dengan baik, kondisi tekanan darah Anda perlahan akan membaik dan normal. 


Subscribe to receive free email updates: