Artikel Kesehatan Terpercaya

Mengurangi Minus Pada Mata dengan 6 Tips Ampuh

Memiliki mata minus memang sangat mengganggu. Selain penglihatan yang tidak jelas dan terus memburuk, mata minus juga sering berefek pada masalah kesehatan lain seperti timbulnya sakit kepala hingga masalah kesehatan mata yang serius seperti kebutaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, TanyaApoteker.com kali ini akan menyajikan artikel mengenai tip mengatasi dan mengurangi minus pada mata secara alami. 

Penasaran ? 

Langsung saja kita mulai pembahasannya...
Sekilas Tentang Mata Minus
Image via  mazmuiz.blogspot.com
Apa itu mata minus ?

Mata minus merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang menyebabkan mata sulit atau tidak dapat melihat benda atau objek yang berjarak terlalu jauh. Sehingga, agar bisa melihat objek dengan jelas, jarak antara mata dan objek yang dilihat haruslah dekat.

Saat ini mata minus merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak dialami masyarakat Indonesia, terutama kaum terpelajar seperti saya.

Alasannya sepele, mulai dari terlalu lama menatap layar gadget, komputer, hingga televisi. Ada juga yang karena salah dalam membaca buku, seperti membaca buku terlalu dekat, dan sebagainya.

Penyebab Mata Minus
Mengurangi Minus Pada Mata dengan 6 Tip Ampuh
Image via blog.evoucher.co.id
Untuk bisa mengobati mata minus dengan tepat, kita harus tau terlebih dahulu apa saja hal-hal yang menyebabkan terjadinya minus pada mata. 

Hal-hal tersebut saya rangkum dibawah ini :

1# Kebiasaan buruk

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan buruk merupakan penyebab terbesar terjadinya minus pada mata. 
Beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan mata terkena minus diantaranya seperti, menatap layar gadget, televisi, dan komputer terlalu dekat. 

Hal ini jika dilakukan dalam jangka waktu lama, tentu akan membuat kesehatan mata kita terganggu.

Ini terjadi karena otot mata yang mengatur fokus mata menjadi tidak elastis dan otot mata akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. 

Akibatnya pada saat mata melihat objek yang jauh, pandangan yang dihasilkan akan kabur dan tidak jelas, karena mata telah terbiasa melihat objek dengan jarak dekat seperti saat kita menatap layar gadget atau komputer.

2# Terlalu memaksakan mata

Mata butuh waktu untuk beristirahat. Karena itu, sebaiknya Anda tidak memaksakan mata untuk terus melihat, seperti saat begadang, menonton televisi, dan bekerja terlalu lama di depan komputer. 

Jika Anda terus memaksakan mata Anda, maka perlahan kesehatan mata akan menurun dan akibatnya terjadilah mata minus.

3# Pola makan yang berantakan

Bukan hanya kebiasaan buruk yang menyebabkan minus pada mata, pola makan pun ikut mempengaruhi. Pola makan buruk yang minim akan nutrisi tentu akan berakibat buruk bagi kesehatan organ tubuh termasuk mata. 

Jika Anda mengalami minus pada mata, cobalah perhatikan bagaimana pola makan Anda, sudah sehatkah atau justru sebaliknya?.

4# Faktor keturunan

Mata minus bisa juga disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Misalnya jika ayah atau salah satu anggota keluarga ada yang terkena minus, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya. 

Tapi ini tidak 100% pasti, karena ada juga kasus dimana anggota keluarganya ada yang mengalami mata minus tetapi keturunan mereka tidak mengalami sama sekali. Jadi, ini hanya menyangkut beruntung atau tidaknya Anda?. hehe

Gejala Mata Minus

Seperti apa sih gejala mata minus itu? 

Beberapa gejala yang sering dirasakan oleh penderita mata minus adalah kesulitan ketika melihat benda yang terlalu jauh, biasanya pandangan yang terlihat tidak jelas dan kabur, hal ini disebabkan oleh sumbu mata yang terlalu cembung sehingga bayangan benda tidak terlihat dengan jelas. 

Selain kesulitan melihat objek yang jauh, mata minus juga ditandai dengan sakit kepala terutama disekitar mata serta mata yang sering terasa perih dan berair.

Tip Mengatasi Mata Minus
 Tip Mengatasi Mata Minus
Image from www.ahlinyapenyakitmata.web.id
1# Gunakan kacamata

Memakai kacamata merupakan alternatif untuk mengatasi mata minus. Dengan memakai kacamata khusus mata minus maka mata kita akan bisa melihat benda yang jauh dengan jelas. 

Namun sayangnya pemakaian kacamata hanyalah solusi sementara yang tidak akan menyembuhkan mata minus. Kacamata ini hanyalah alat bantu untuk menormalkan kembali penglihatan Anda.

2# Cukupkan vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting bagi mata. Vitamin A berasal dari provitamin A yang merupakan bagian pigmen tumbuh-tumbuhan. Di dalam tubuh provitamin A ini akan dirubah menjadi vitamin A melalui proses metabolisme. 

Asupan vitamin A sangat dibutuhkan apabila seseorang mengalami masalah kesehatan mata termasuk mata minus. 

Untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin A tubuh, Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya vitamin A seperti wortel, pepaya, tomat, telur, daging, sayuran hijau, minyak ikan, dan lain sebagainya.

3# Olahragakan mata

Bagaimana cara mengolahragakan mata?

Untuk menyembuhkan mata minus, salah satu caranya adalah dengan merefreshing mata. Kegiatan ini juga akrab dikenal sebagai senam mata. 

Senam mata ini berguna untuk melatih daya fokus mata. Cara melakukannya mudah sekali, praktekan saja seperti gambar di bawah ini.

4# Istirahat yang cukup

Istirahatkan mata Anda, jangan terlalu memaksakan. Jangan begadang ataupun menatap layar gadget atau komputer terlalu lama, karena ini akan memicu terjadinya masalah kesehatan mata seperti mata minus. 

Sempatkan juga untuk memanjakan mata dengan melihat pemandangan-pemandangan yang indah agar kesehatan mata tetap terjaga.

4# Lakukan terapi lilin

Terapi lilin merupakan alternatif paling digemari untuk menyembuhkan mata minus. Caranya yaitu dengan memandang lilin yang telah menyala tanpa berkedip hingga mata mengeluarkan banyak air mata. 

Terapi ini memang terlihat sepele, namun manfaatnya cukup dahsyat untuk mengurangi minus pada mata.

5# Pakai daun sirih

Daun sirih atau piperis betle folium merupakan tanaman dengan khasiat antiseptik tinggi. Selain berkhasiat antiseptik, daun sirih juga memiliki khasiat lain seperti antijamur dan antioksidan. 

Daun sirih dipercaya sebagai obat alami mata minus yang ampuh. Untuk mengobati mata minus dengan daun sirih, caranya mudah yaitu dengan merebus daun sirih dengan air secukupnya, setelah mendidih diamkan hingga hangat.

Setelah itu gunakan air tersebut untuk mencuci mata dan mengedip-ngedipkan mata di dalam air tersebut.

Nah, itulah artikel kali ini mengenai cara mengurangi minus pada mata secara alami. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan bermanfaat bagi banyak orang.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengurangi Minus Pada Mata dengan 6 Tips Ampuh