Artikel Kesehatan Terpercaya

Berbagai Keluhan Ibu Hamil dan Solusi untuk Mengatasinya

Masa kehamilan merupakan masa yang penuh kenangan bagi setiap wanita. 

Selain menjadi masa-masa yang menyenangkan, ternyata kehamilan juga sering menimbulkan berbagai keluhan dari ibu hamil, mulai dari yang ringan hingga berat. 

Nah, di artikel kali ini akan kita bahas mengenai keluhan-keluhan tersebut beserta dengan solusi dan cara mengatasinya.

1# Mengatasi Rasa Mual

Morning sicknes atau mabuk kehamilan yang bercirikan rasa mual terutama waktu pagi adalah keluhan yang pasti dialami oleh semua wanita hamil. 

Biasanya, muntah dan mual ini sering terjadi di trimester pertama kehamilan. Penyebabnya adalah peningkatan hormon estrogen dan Hcg dalam tubuh.

Solusi untuk mengatasi rasa mual ini bisa dengan meminum jahe hangat saat bangun tidur. 

Selain itu, hindari makan dengan porsi yang banyak karena bisa memicu munculnya rasa mual, jadi makanlah dengan porsi sedikit tapi sering. 

Jangan lupa untuk memperbanyak makan buah segar.
Berbagai Keluhan Ibu Hamil dan Solusi untuk Mengatasinya
Image via jualproduktiens.com
2# Mengatasi Berat Badan yang Bertambah

Kenaikan berat badan ibu hamil normalnya adalah 10-15 kg dari berat badan normal. Jika kenaikan berat badan melebihi batas tersebut, maka ibu hamil wajib melakukan upaya pengurangan berat badan dengan cara tertentu yang dikhususkan bagi ibu hamil. 

Ingat jangan melakukan diet sembarangan saat hamil karena bisa membahayakan kondisi kandungan.

Solusi untuk mengatasi berat badan berlebih saat hamil adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta mencukupkan asupan air putih. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan yang sebaiknya diperbanyak dikonsumsi dan apa makanan yang sebaiknya dikurangi.

3# Mengatasi Sakit Kepala, Anemia, dan Dehidrasi

Pada trimester pertama umumnya wanita hamil menjadi kurang nafsu makan. Akibatnya, sering kali telat makan atau bahkan tidak ada makanan yang masuk ke saluran pencernaan. 

Tentu hal ini akan berdampak buruk bagi si ibu. Salah satu dampak yang sering dialami adalah munculnya sakit kepala, kurang darah, hingga dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh. 

Bila tidak segera diatasi, hal ini akan berakibat fatal bagi janin yang dikandung.

Solusinya adalah dengan memperbanyak meminum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Jikapun Anda tidak mau makan, Anda bisa menggantinya dengan sari kurma atau madu. 

Agar perut tidak kosong, sebaiknya Anda memakan cemilan yang kiranya sehat bagi Anda dan juga kandungan. Tanyakan kepada dokter, sebaiknya cemilan apa yang harus dikonsumsi dan cemilan apa yang harus dihindari.

4# Mengatasi Nyeri Punggung dan Kram Pada Kaki

Semakin bertambahnya usia kehamilan yang ditandai semakin besarnya kondisi perut, sering kali menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya adalah timbul nyeri punggung dan juga seringnya kram pada kaki terutama daerah betis. 

Hal ini disebabkan oleh dua faktor, yang pertama karena bagian kaki dan punggung terlalu menopang berat tubuh yang kian bertambah, yang kedua karena tubuh kekurangan vitamin dan juga mineral.

Solusinya adalah dengan rutin melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari, istirahat yang cukup, dan mengkonsumsi suplemen tambahan berupa vitamin dan mineral. 

Kemudian saat Anda tidur, gunakan bantal untuk penyangga kaki agar posisi kaki lebih tinggi. Hindari juga pemakaian sepatu berhak tinggi.

5# Mengatasi Sesak Nafas dan Sulit Tidur

Semakin membesarnya perut akan membuat paru-paru semakin terdesak. Akibatnya, nafas semakin berat dan hal inilah yang menjadi penyebab banyak ibu hamil yang susah tidur. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan bantal yang agak tinggi sebagai penyangga kepala. 

Tidur dengan posisi miring juga akan membantu ibu hamil lebih nyaman serta membantu memperlancar peredaran darah. Atur kondisi tempat tidur agar udaranya sejuk dan tidak gerah agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Itulah beberapa keluhan ibu hamil beserta solusi untuk mengatasinya. 

Jika Anda punya keluhan yang lain yang belum disebutkan, silahkan tulis di kolom komentar, biar nanti saya jadikan sebagai evaluasi dan perbaikan artikel ini agar semakin lengkap.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Berbagai Keluhan Ibu Hamil dan Solusi untuk Mengatasinya