Artikel Kesehatan Terpercaya

5 Perilaku Ibu Hamil yang Bikin Suami Ikutan Hamil

Perubahan perilaku yang terjadi pada ibu hamil merupakan sebuah hal yang wajar. Jadi sebagai suami, Anda harus bisa memakluminya. 

Jangan sampai hanya karena perubahan perilaku tersebut malah membuat hubungan rumah tangga jadi tidak harmonis.

Perubahan perilaku ibu hamil umumnya dipengaruhi oleh perubahan siklus hormonal. Perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil ini tidak jauh berbeda dengan perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi atau haid. 

Berikut beberapa perubahan perilaku seorang istri yang sedang hamil.
5 Perilaku ibu Hamil yang Bikin Suami Ikutan Hamil
Image via www.motherandbaby.co.id
1# Sangat Sensitif

Wanita yang hamil umumnya akan lebih sensitif daripada sebelum hamil. Sedikit-sedikit tersinggung lalu marah. Ini wajar terjadi dan sebagai seorang suami yang baik Anda harus menghadapinya dengan sabar dan tidak perlu membalasnya dengan kemarahan.

Hadapi saja dengan santai, karena perubahan ini akan hilang seiring lahirnya sang buah hati.

2# Mudah Cemburu

Sebagai suami, Anda harus bersiap menghadapi istri yang mudah cemburu saat hamil. Tak jarang, sifat cemburu istri terhadap suamipun muncul tanpa alasan.

Hal ini selain karena perubahan hormon, kemungkinan besar juga dipengaruhi kondisi psikis ibu hamil yang mulai tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya yang mulai gendut seiring kehamilannya yang menua. 

Tentu untuk menghadapi ini perlu kesabaran tingkat tinggi seorang suami. 

3# Minta Perhatian Lebih

Jangan kaget ketika istri Anda yang sedang hamil tiba-tiba menuntut perhatian lebih dari Anda. Bahkan terkadang istri menjadi lebih manja daripada sebelumnya. 

Suami harus bersiap untuk hal ini. Usahakan selalu menyempatkan waktu untuk menelpon dan menanyakan keadaan istri meskipun Anda sedang bekerja. 

Jangan sampai istri Anda merasa kurang diperhatikan dan dimanjakan oleh suaminya, karena jika ini terjadi bisa-bisa pertumbuhan janin akan terpengaruh.

4# Menjadi Malas atau Justru Sebaliknya

Wanita yang sedang hamil terkadang menjadi malas melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun, hal ini tidak dialami oleh semua ibu hamil, karena ada juga ibu hamil yang justru menjadi lebih rajin dari sebelumnya. 

Ini semua tergantung dari kepribadian masing-masing. Jika sebelumnya istri Anda memang punya perilaku malas, maka saat hamil bisa jadi akan bertambah malas.

Begitu sebaliknya, jika istri Anda sudah terbiasa bekerja maka semasa hamilnya pun kemungkinan akan lebih rajin bekerja.

5# Minta yang Aneh-Aneh

Tak jarang istri yang sedang hamil suka meminta sesuatu yang terbilang aneh kepada suami. Misalnya, meminta mangga yang harus dipanjat sendiri oleh sang suami langsung kepohonnya. 

Padahal kan tidak ada bedanya mangga yang manjat sendiri di pohon sama beli langsung di toko. Inilah yang dikenal masyarakat kita sebagai "nyidam"

Meskipun nyidam ini termasuk mitos ibu hamil, tetapi sebagai suami yang baik, selama mampu kenapa tidak diturutin kemauan sang istri. 

Nah, itulah kelima perubahan perilaku ibu hamil yang wajib suami tau. 

Semoga dengan membaca artikel ini para suami yang ada diluar sana menjadi lebih sabar dan dewasa dalam menyikapi perubahan perilaku istrinya selama masa kehamilan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Perilaku Ibu Hamil yang Bikin Suami Ikutan Hamil