14 Tips Simpel untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Akhir-akhir ini banyak sekali pemberitaan tentang penjualan ginjal yang dilakukan secara ilegal. Alasan mereka umumnya karena faktor ekonomi dan keuangan.

Miris sekali memang, disaat banyak orang yang mati-matian menjaga kesehatan ginjal, tapi disisi lain justru ada yang menjual ginjalnya hanya untuk kesenangan semata tanpa memikirkan risiko yang akan terjadi.

Nah, yang akan kita bahas kali bukanlah tentang hal diatas, tetapi secara garis besar masih ada kaitannya dengan ginjal. 

Artikel kali ini akan membahas tentang tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Tips berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya. 

Jadi silahkan simak tips menjaga kesehatan ginjal berikut :
14 Tips Simpel untuk Menjaga Kesehatan Ginjal
Image from rahasiasehat.net
1# Kontrol Pola Makan

Untuk menjaga kesehatan ginjal, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat dan teratur. Coba mulai dari sekarang, perhatikan apa yang Anda makan. 

Pilih makanan yang kaya gizi, serta jauhi makanan kurang sehat seperti fast food atau makanan cepat saji, begitu juga makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan dan sebagainya.

2# Cukupkan Air Putih 

Air adalah kebutuhan wajib bagi manusia. Konsumsi air yang cukup akan memaksimalkan proses metabolisme dalam tubuh, termasuk proses pembuangan racun di dalam ginjal. 

Jika Anda mengkonsumsi air minimal 8 gelas setiap harinya, maka kesehatan ginjal Anda akan terjaga. Untuk hasil yang lebih maksimal, saya menyarankan Anda untuk mengkonsumsi air yang sehat.

Misalnya air alami yang berasal dari sumber mata air pegunungan, termasuk salah satunya adalah air heksagonal.

3# Jaga Kadar Gula Darah

Kadar gula dalam darah sangat erat kaitannya dengan kesehatan ginjal. Kita ambil contoh, penyakit gula yang paling mematikan saat ini yaitu diabetes. 

Penyakit diabetes dengan ginjal memiliki sebuah keterkaitan. Itu bisa dibuktikan dari banyaknya kasus penderita diabetes yang pada akhirnya juga memiliki masalah kesehatan pada ginjalnya. 

Karena itulah, menjaga kadar gula dalam tubuh sangat dianjurkan agar kita terhindar dari masalah kesehatan ginjal. 

4# Jaga Tekanan Darah

Bukan hanya kadar gula tubuh yang harus dijaga, melainkan tekanan darah juga harus dikontrol secara rutin agar tidak terjadi yang namanya tekanan darah tinggi. 

Seperti yang kita tau bahwa tingginya tekanan darah akan meningkatkan kemungkinan tubuh kita terkena penyakit ginjal yang serius. 

Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan seperti menghindari stres atau emosi, menjaga pola tidur, olahraga rutin, dan menghindari makanan tertentu pemicu naiknya tekanan darah.

5# Kurangi Makanan Asin

Konsumsi makanan asin terus-menerus dalam jangka waktu lama akan memicu rusaknya ginjal Anda. Kandungan garam yang tinggi pada makanan jika terus dikonsumsi akan mengendap di ginjal dan akhirnya menjadi batu ginjal. 

Jika sudah menjadi batu ginjal, maka air pun tidak akan cukup untuk meluruhkannya. Butuh pengobatan berkala dengan memakai obat-obatan diuretik, dan menurut saya itu sangat menyiksa dan tidak mengenakan.

Karena itu sebaiknya kurangi makan makanan asin mulai dari sekarang.

6# Hindari Alkohol

Jangan pernah meremehkan bahaya alkohol. Alkohol adalah salah satu zat perusak ginjal yang perlu Anda hindari. 

Alkohol yang dijual bebas di pasaran umumnya mengandung kadar alkohol yang berlebih dan sangat berbahaya bila dikonsumsi. 

Untuk itu, jika memang Anda sayang dengan ginjal dan organ tubuh Anda yang lain maka mulai sekarang jauhilah yang namanya alkohol.

7# Jangan Merokok

Seperti halnya alkohol, rokok juga termasuk zat aditif perusak ginjal dan organ tubuh lainnya seperti paru-paru dan jantung. Kebiasaan merokok juga berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga kanker payudara. 

Jika Anda adalah seorang perokok dan punya keinginan kuat untuk berhenti merokok, berikut saya punya tips berhenti merokok yang bersumber dari pengalaman. 

Silahkan cek dan baca di "cara mudah berhenti merokok".

8# Aktif Bergerak

Aktif bergerak adalah salah satu cara paling simpel untuk menjaga kesehatan ginjal. Seperti yang kita tau bahwa orang yang pasif bergerak atau kurang gerak akan lebih berpotensi menderita berbagai penyakit.

Nah, untuk menjaga kesehatan ginjal sebaiknya Anda membiasakan diri untuk aktif bergerak dan jangan malas-malasan. 

9# Hindari Obesitas

Jaga berat badan Anda, jangan sampai mengalami obesitas atau berat badan berlebih. Obesitas bukanlah hal yang baik bagi kesehatan. Obesitas hanya akan membebani kerja jantung dan ginjal, sehingga lama-kelamaan ginjal Anda akan mengalami masalah. 

Jadi mulai sekarang jagalah pola makan Anda agar tidak mengalami obesitas, atau jika Anda sudah mengalaminya maka berikut saya punya tipnya, yaitu dengan cara diet.

10# Jangan Sampai Stres

Stres merupakan salah satu pemicu naiknya tekanan darah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa apabila tekanan darah naik, maka risiko terserang penyakit ginjal juga akan meningkat. 

Nah, karena itulah untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda perlu menghindari yang namanya stres, marah, atau gangguan emosional lainnya.

11# Kurangi Konsumsi Obat-Obatan

Tidak dipungkiri bahwa ada beberapa obat yang bisa memicu rusaknya ginjal. 

Beberapa obat ini umumnya akan menimbulkan efek buruk pada ginjal apabila dikonsumsi terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama. 

Beberapa obat tersebut diantaranya adalah antibiotik dan obat antinyeri. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter atau Apoteker tentang obat-obatan yang akan Anda gunakan.

12# Jauhi Kebiasaan Buruk

Banyak sekali kebiasaan buruk yang erat kaitannya dengan kesehatan ginjal. Misalnya, terbiasa minum air putih sedikit, terbiasa begadang, atau mungkin Anda punya kebiasaan suka menahan kencing. 

Nah, beberapa kebiasaan tersebut akan mempengaruhi ginjal Anda jika tidak segera dihentikan. 

Untuk menghentikan kebiasaan buruk, saya sudah menyiapkan tipsnya di artikel berjudul "15 cara mudah menghilangkan kebiasaan buruk".

13# Rutin Berolahraga 

Olahraga lagi olahraga lagi. Olahraga memang kegiatan positif yang menyehatkan. Tak heran apabila Anda menemui berbagai tip kesehatan yang didalamnya terdapat anjuran untuk berolahraga. 

Selain mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, dengan olahraga ginjal kita juga akan semakin sehat.

14# Check Up Kesehatan Ginjal

Walaupun Anda sudah melakukan tip-tip diatas, tetapi belum lengkap rasanya apabila Anda tidak melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin ke dokter. 

Ini penting sekali, karena dengan melakukan pemeriksaan, maka kita akan tau kondisi ginjal Anda seperti apa, apakah sehat atau malah sebaliknya. 

Jadi, sempatkanlah untuk melakukan check up kesehatan tidak peduli sesibuk apapun Anda.

Oke, itu saja beberapa tips menjaga kesehatan ginjal.

Semoga artikel ini bisa memberikan dampak positif bagi Anda dan orang-orang disekitar Anda. Aminnn....


Subscribe to receive free email updates: