Jalan, Metode Murah Mencerdaskan Otak dan Mencegah Stres

Sobat, kali ini saya ingin membagikan tips mencerdaskan otak dan mencegah stres dengan cara berjalan. Di artikel sebelumnya, sudah dibahas mengenai makanan yang bisa mencerdaskan otak dan juga cara mudah mencegah stres

Nah...

Di artikel ini saya ingin memaparkan kepada sobat semua mengenai manfaat olahraga jalan, yang mungkin sering kita abaikan selama ini. 

Jalan sebenarnya mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan, mulai dari mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol jahat, darah tinggi, alzheimer dan juga risiko diabetes. 

Rahasia dari manfaat berjalan ini terungkap dari hasil penelitian para pakar kesehatan dari Universitas Harvard Amerika. Mereka melakukan penelitian terhadap 70.000 wanita yang mempunyai kebiasaan olahraga jalan secara teratur.

Hasil penelitian menunjukan, hampir 80 % wanita-wanita tersebut mempunyai taraf kesehatan yang tinggi, terhindar dari risiko penyakit mematikan seperti diabetes dan penyakit jantung hingga 40 %. 

Luar biasa bukan...

Ada juga penelitian lain yang menyatakan bahwa jalan kaki lebih dari 60 menit setiap harinya, akan memberikan manfaat yang lebih banyak. 

Sedangkan, jalan cepat selama 16 menit setiap harinya dapat mengurangi risiko diabetes sampai 50 %.

Jadi, mulailah melakukan olahraga jalan sekarang. Kegiatan tersebut jika sobat lakukan secara teratur akan memberikan manfaat yang luar biasa, tidak peduli berapa usia sobat, tua atau muda tetap bisa melakukan olahraga ini.

Nah...

Dari sekian banyak manfaat berjalan. Ada dua manfaat yang akan dibahas lebih detail di artikel ini, yaitu manfaat mencerdaskan otak dan juga mencegah timbulnya stres.

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa kecerdasan seseorang akan terus berubah dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan respon yang diperoleh tubuh. Begitu pula dengan stres. 

Stres muncul akibat ketidakstabilan emosi dan banyaknya beban pikiran atau masalah yang tak kunjung terselesaikan. 

Stres dan kecerdasan otak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. 

Nah, olahraga jalan merupakan faktor ekternal yang dapat meningkatkan kecerdasan otak sekaligus mencegah munculnya stres atau depresi.

Jadi, jika ditanya apa hubungannya antara olahraga jalan dengan kecerdasan otak dan juga stres ? 

Jawabannya adalah saling berkaitan.
Jalan, Metode Murah Mencerdaskan Otak dan Mencegah Stres
Image from www.klikinfo.co.id
Baik...

Sekarang kita beralih ke penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari Harvard University Amerika. Kali ini para peneliti mengumpulkan 124 orang yang tidak pernah berolahraga, mereka berusia antara 60-75 tahun.

Mereka dibagi menjadi 2 grup, masing-masing grup ada 62 orang. Grup pertama diberi latihan jalan cepat tiga kali dalam seminggu selama 15-45 menit secara bertahap.

Sedangkan, grup kedua hanya diberi latihan peregangan otot selama satu jam, tiga kali dalam seminggu.

Setelah berlatih selama 6 bulan, hasilnya mulai terlihat. Grup yang diberi latihan jalan cepat mengalami peningkatan secara signifikan pada nilai dari tugas-tugas yang diberikan para peneliti.

Lain halnya dengan grup yang diberi latihan peregangan otot. Mereka tidak mengalami perbaikan nilai sedikitpun.

Dengan begitu, maka para peneliti memperoleh sebuah kesimpulan dan bukti ilmiah bahwa berjalan bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Berjalan secara teratur tiap hari akan meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga dapat memperlambat penurunan memori dan kecerdasan.

Lalu bagaimana manfaat jalan untuk mencegah stres ?

Tenang...

Penelitian dari para pakar di Harvard masih berlanjut. Kali ini para peneliti mengumpulkan 156 penderita depresi, yang berusia antara 40-56 tahun.

Seperti sebelumnya, para peneliti membagi mereka dalam dua kelompok. Kelompok pertama mendapatkan terapi obat antidepresi, sedangkan kelompok kedua hanya mendapat latihan jalan cepat tiga kali seminggu tanpa konsumsi obat-obatan antidepresi.

Setelah 6 bulan, diperoleh hasil bahwa kedua kelompok tersebut memiliki tingkat penurunan stres yang sama. Itu artinya, obat dan juga jalan cepat memiliki khasiat yang sama untuk mencegah munculnya stres. 

Nah...

Bagaimana menurut sobat ?

Apakah sobat, besok pagi sudah berani memulai untuk melakukan olahraga jalan, atau justru akan menundanya hingga sobat kehilangan banyak manfaat yang harusnya sobat dapatkan.

Oke, sekian saja artikel kali ini mengenai manfaat jalan bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat dan menyadarkan sobat akan pentingnya olahraga.

Subscribe to receive free email updates: