Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk dengan 15 Trik Ampuh

Sobat pasti pernah berfikir untuk berhenti dari kebiasaan buruk yang sering sobat lakukan. Entah apa itu kebiasaan buruknya, yang jelas hal tersebut teramat mengganggu keseharian sobat baik itu persoalan kesehatan ataupun hal lain. 

Nah, pada artikel kali ini, saya ingin memaparkan 15 cara mudah yang bisa sobat lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang selama ini masih sobat lakukan. 

Penasaran bagaimana caranya ? 

Langsung saja, berikut ini ke-15 cara menghilangkan kebiasaan buruk versi TanyaApoteker.com.
Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk dengan 15 Trik Ampuh
Image from tekno.liputan6.com
1# Niat dan Kemauan yang Kuat

Ini adalah hal utama yang harus sobat miliki jika ingin berhenti dari kebiasaan buruk. Sesuatu yang dilakukan dengan niat dan kemauan yang kuat akan lebih mudah terwujud. 

Sama halnya dengan menghilangkan kebiasaan buruk, jika sobat mempunyai niat dan kemauan untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut, maka kedepannya hal tersebut akan lebih mudah untuk diwujudkan. 

Percaya atau tidak, sesuatu yang tidak diniatkan cenderung akan gagal. 

2# Pahami Apa yang Menjadi Kebiasaan Buruk Anda

Apa yang jadi kebiasaan buruk sobat ?

Catat itu semua dalam sebuah tulisan, kemudian pahami satu per satu kebiasaan buruk tersebut. Misalnya, sobat ingin berhenti dari kebiasaan merokok. Maka pahami atau cari tahu semua hal yang berkaitan dengan merokok, seperti pengertian rokok, bahannya apa saja, bahayanya seperti apa, dan lain-lain.

Dengan cara ini, biasanya sobat akan tersadar mengenai kerugian yang selama ini sobat dapatkan akibat melakukan kebiasaan buruk tersebut. Perasaan menyesal dan kecewa terhadap diri sendiri sering kali muncul pada tahap ini.

3# Coba Solusi Anda Sendiri

Langkah selanjutnya setelah memahami kebiasaan buruk adalah mencari solusi. Tahapan inilah yang paling sulit, karena banyak sekali orang yang gagal menemukan solusi untuk menghentikan kebiasaan buruk mereka. 

Untuk bisa mendapatkan solusi yang tepat, pertama yang harus sobat lakukan adalah memahami kebiasaan buruk seperti yang sudah saya jelaskan di langkah sebelumnya. Dengan pemahaman tersebut, saya yakin sobat akan menemukan solusi yang cocok.

4# Ceritakan Pada Orang yang Anda Percaya, Kemudian Cari Solusi Bersama-sama

Jika sobat tidak juga menemukan solusi, maka alternatif yang bagus adalah dengan menceritakan permasalahan atau kebiasaan buruk sobat ke orang yang dipercaya, kemudian mintalah saran dan cari solusi bersama-sama dengan orang tersebut. Dengan cara ini, biasanya solusi yang didapat akan lebih baik daripada mencari solusi sendirian.

5# Lakukan Bertahap

Apabila solusi sudah sobat dapatkan, maka hal selanjutnya adalah menerapkannya. Untuk menghilangkan kebiasaan buruk, sobat tidak bisa langsung menghentikannya, semuanya perlu proses dan tahapan, tak terkecuali dengan menghilangkan sebuah kebiasaan buruk. 

Mulailah dengan mengurangi intensitas kebiasaan buruk yang sobat lakukan, kemudian perlahan tapi pasti sobat akan bisa berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.

Misalnya..

Saya ingin berhenti merokok. 

Maka hal yang harus saya lakukan untuk berhenti merokok adalah dengan mengurangi jumlah rokok yang saya hisap per harinya. 

Jika biasanya sehari saya menghabiskan 20 batang rokok, maka besok saya hanya boleh menghisap 10 batang rokok, kemudian besoknya lagi hanya boleh 5 batang rokok, dan selanjutnya saya tidak boleh lagi mengkonsumsinya.
Simak ya : Cara mudah berhenti merokok berdasarkan pengalaman
6# Jauhi Hal yang Membuat Anda Melakukan Kebiasaan Buruk

Apa yang membuat sobat terpancing untuk melakukan kebiasaan buruk ?

Pahami hal-hal itu, kemudian jauhi.

Misalnya, saya ingin berhenti berperilaku boros, maka mau tidak mau saya harus mengurangi kebiasaan jalan-jalan ke mall atau keluar shopping dengan teman-teman. Jika sobat bisa melakukannya, maka perlahan kebiasaan buruk tersebut akan hilang.

7# Sibukan Diri dengan Hal Positif

Kebiasaan buruk adalah hal yang negatif. Maka solusi untuk melawan dan menghilangkannya yaitu dengan memenuhi otak sobat dengan hal-hal yang positif. Membiasakan diri untuk memikirkan dan melakukan hal positif akan menjauhkan sobat dari melakukan hal negatif alias kebiasaan buruk. 

Selain itu, kebiasaan positif juga akan berdampak baik bagi kesehatan dan kehidupan. Berfikir positif akan menghindarkan sobat dari yang namanya stres ataupun kegalauan. Sedangkan, melakukan hal positif akan membantu menjaga kesehatan secara tidak langsung.

8# Berjanjilah Pada Diri Sendiri

Buatlah perjanjian dengan diri sendiri. Perjanjian ini nantinya akan menjadi bukti dan keseriusan sobat untuk berhenti dari kebiasaan buruk. Tulislah janji sobat untuk berhenti dari kebiasaan buruk, contohnya..
" Saya berjanji terhadap diri saya dan atas nama diri saya bahwa saya tidak akan melakukan kebiasaan buruk yaitu bla..bla..bla. Jika nanti saya melakukan kebiasaan buruk itu lagi, maka saya harus mentraktir teman satu kelas saya bakso dan mie ayam".
Nah..

Kurang lebih seperti itu, sobat bisa mengkreasikannya sendiri sesuai keinginan.

9# Berjanjilah Pada Tuhan

Berjanji pada diri sendiri memang sangat riskan untuk di ingkari, hal ini terjadi karena memang pemikiran manusia selalu berubah-ubah sesuai keadaan. Untuk mengantisipasi hal ini, sobat bisa berjanji dengan tuhan.

Berjanji kepada sang maha pencipta, merupakan janji yang sangat sakral, yang akan membuat sobat sulit untuk mengingkarinya. 

Coba saja deh kalo gak percaya.

10# Jangan Jadikan Kebiasaan Buruk Itu Suatu "Kebiasaan"

Jika sobat punya kebiasaan buruk, maka jangan jadikan kebiasaan buruk tersebut sebuah kebiasaan yang akan terus sobat lakukan. Mengatakan bahwa itu adalah kebiasaan buruk justru akan memperkuat melekatnya hal tersebut pada diri sobat. 

Jadi mulai sekarang, jangan lagi berkata saya punya kebiasaan buruk, tetapi berkatalah saya pernah melakukan suatu hal buruk yang dimana saya tidak akan mengulanginya lagi.
Simak ya : 12 Kebiasaan sehat di pagi hari yang harus anda lakukan
11# Carilah Motivasi

Ini adalah pengalaman saya sendiri. Dulu saya pernah punya kebiasaan buruk, berkali-kali saya mencoba untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, namun apa daya ternyata hasilnya nol. 

Dari situlah saya berfikir, bagaimana kalo saya mencari hal-hal yang sifatnya memotivasi dan menginspirsi. Kemudian, hampir setiap hari saya selalu melihat acara televisi yang memotivasi saya seperti " Mario Teguh, Hitam Putih, Kick Andy dll". 

Dari tontonan tersebut, saya mulai sadar dan punya alasan kenapa saya harus berhenti dari kebiasaan buruk yang pernah saya lakukan.

12# Catat "Action" Anda

Apa yang telah sobat lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ?

Catat semuanya..

Apa yang telah sobat lakukan, apa saja solusi yang pernah diterapkan, lalu evaluasi solusi mana yang efektif dan mana yang tidak. Dengan melakukan hal ini, sobat akan bisa memantau perkembangan usaha sobat dalam berhenti dari kebiasaan buruk. Dari sini juga, terkadang muncul ide atau solusi yang lebih baik dari sebelumnya.

13# Beri Hadiah Ketika Ada Kemajuan

Berikan hadiah pada diri anda sendiri ketika bisa meraih sebuah kemajuan. Hadiah akan menjadi sebuah motivasi dan akan meringankan kepenatan sobat dalam upaya berhenti dari kebiasaan buruk. 

Misalnya, ketika kita berhasil tidak merokok dalam seminggu, maka kita berhak mendapatkan baju atau tas baru, yang uangnya kita ambil dari jatah uang rokok yang sebelumnya selalu dibelikan rokok.

14# Anda Butuh Sebuah "Kesadaran"

Kesadaran adalah suatu yang sangat penting. Sadarilah apa dampak buruk dan juga bahaya dari kebiasaan buruk yang sering sobat lakukan. Renungkan hal tersebut agar dalam pikiran sobat muncul kesadaran akan pentingnya berhenti melakukan kebiasaan buruk.

15# Dekatkan Diri dengan Tuhan

Mendekatkan diri kepada tuhan adalah salah satu upaya yang bisa sobat lakukan untuk berhenti dari kebiasaan buruk. Rajinlah beribadah dan juga berbuat baik, hal ini akan memudahkan sobat dalam menghentikan kebiasaan buruk yang selama ini terpelihara.

Nah..

Bagaimana ?

Masih ragu untuk mempraktekannya. Terapkan tips berhenti dari kebiasaan buruk diatas sekarang juga dan rasakan manfaatnya. 

Suatu pengetahuan yang tidak diterapkan merupakan sebuah kerugian. Sekarang sobat sudah memiliki pengetahuan tentang cara berhenti dari kebiasaan buruk, jadi sobat tinggal menerapkannya agar tidak termasuk kedalam golongan yang merugi. 

Oke, sekian dari saya, jangan lupa like dan share ya...


Subscribe to receive free email updates: