Mitos Aneh Menstruasi yang Masih Suka Dipercaya

Hari gini masih percaya sama mitos ? 

Enggak deh pokoknya..

Percaya atau tidak, menstruasi itu sering kali dikaitkan dengan hal-hal aneh diluar logika. Pada beberapa etnik, bahkan ada yang sampai mengiringi datangnya menstruasi dengan rangkaian ritual upacara adat.

Kebayang gak tuh gimana rasanya..

Terus ada juga kasus di suatu negara yang menerapkan kebijakan berupa pengucilan terhadap wanita yang sedang menstruasi, semua wanita yang sedang menstruasi di negara tersebut dikucilkan di tempat tertentu hingga masa menstruasinya selesai. 

Super duper aneh kan.

Di era modern seperti sekarang ini, seiring dengan meningkatnya keilmuan masyarakat menstruasi bukan lagi menjadi hal yang tabu. Menstruasi merupakan kodrat setiap wanita, sebuah proses normal dari siklus hormonal tubuh wanita yang terkait dengan organ reproduksi.

Namun meskipun zaman sudah berubah, tetap saja masih ada kepercayaan yang terkait dengan mitos menstruasi. Berikut ini saya merangkumnya sebagai bahan untuk merubah pandangan dan pola pikir sobat dalam memahami siklus menstruasi.

Langsung saja, Ini dia :
Mitos Aneh Menstruasi yang Suka Dipercaya
Image from waspada.co.id
Nggak Boleh Gunting Kuku

Hayoo ada gak diantara kalian yang pernah dilarang gunting kuku ketika menstruasi ? Entah itu oleh kakak, orang tua, nenek, atau sahabat sendiri. Percaya gak percaya larangan ini masih ada lho di zaman sekarang.

Sekarang mari kita buka pemikiran sobat. 

Coba sobat pikir, apa hubungannya menstruasi dengan menggunting kuku ? 

Hmmm susah ya jawabnya. 

Ini memang tak ada kaitannya sama sekali, secara medis pun tak ada hukum dan penelitian yang membuktikan hal ini.

Kuku yang panjang sangat rentan dijadikan tempat perkembangan kuman dan bakteri. Apalagi tangan juga biasa dipakai untuk melakukan banyak hal seperti makan, cebok, dan lain-lain. Kalau kuku sobat panjang gak terawat pas lagi menstruasi, gimana tuh ? 

Jijik banget kan.

Sobat tentu tau bahwa kebersihan dan kesucian sangat dijunjung tinggi dalam agama islam, juga dalam agama lainnya. Meskipun saat menstruasi kamu berada dalam keadaan tidak suci, bukan berarti kamu bebas untuk tidak menjaga kebersihan anggota badanmu. 

Jadi mulai sekarang kamu bisa menggunting kuku kapanpun, meskipun sedang menstruasi tetap tak ada larangan dalam hal ini.

Ingat kebersihan adalah sebagian dari iman. Jika ada yang membantah hal ini maka silahkan tunjukan bukti atau dalil yang jelas mengenai larangan memotong kuku saat menstruasi. 

Saya tunggu jika memang ada.

Simak ya : Vagina Gatal No Problem, Atasi dengan 7 Tips Ampuh

Nggak Boleh Gunting Rambut

Ini juga sama anehnya dengan larangan menggunting kuku saat menstruasi. Ketika menstruasi kita dilarang untuk tidak memotong rambut, bahkan ada anjuran bahwa selama menstruasi diharuskan mengumpulkan setiap helaian rambut yang jatuh. 

Kebayang gak tuh gimana...

Sekarang coba sobat bayangin aja kalau misalnya sobat harus menuruti aturan ini, artinya sobat harus mengumpulkan setiap helaian rambut yang tertinggal di sisir, juga yang jatuh saat sobat mandi atau berada dalam keadaan apapun.

Dan itu harus sobat lakukan setiap hari selama menstruasi. Lalu rambut yang sobat kumpulkan itu harus ikut dicuci sekalian saat sobat mandi wajib. 

Hadeuuhh Kebayang deh ribetnya !

Saya sendiri punya spekulasi bahwa hal ini benar-benar sebuah mitos karena memang secara ilmiah tak ada hubungan sama sekali antara menstruasi dengan menggunting rambut .

Namun banyak kalangan diluar sana yang memperdebatkan hal ini. Di satu sisi ada golongan tertentu yang mengaitkan larangan ini dengan sebuah hadist , disisi lain membuktikan baik melalui penelitian atau apapun itu yang beranggapan bahwa ini sama sekali tak terkait dengan kesehatan melainkan hanyalah mitos belaka.

Entah mana yang benar. 

Tetapi, seperti yang saya katakan bahwa saya mengganggap hal ini hanyalah mitos karena saya berusaha melihat sesuatu secara logis. Sekarang tergantung sobat mau percaya atau tidak.

Mitos Pembalut dan Hantu

"Cucilah pembalut sampai benar-benar bersih dan tak menyisakan darah, soalnya kalau nggak, bekas darah itu akan dijilat hantu !"

Pernah dengar nggak mengenai mitos diatas ? Mungkin sobat pernah mendengar hal seperti itu atau mungkin malah mempercayainya. Apalagi sebagian masyarakat indonesia ini masih kental dengan nuansa mistis, jadi hal beginian banyak sekali ditemui di masyarakat kita.

Sebenarnya anjuran untuk mencuci pembalut sampai bersih sebelum dibuang memanglah benar dan mestinya dilakukan. Hanya saja, jika ada yang bertanya adakah hubungan hal ini dengan fenomena hantu, makhluk halus, jin, atau sebagainya itu wallahualam. 

Di sini kita akan mencoba membahasnya dari perspektif ilmiah saja.

Sekarang kita kupas alasan ilmiah kenapa kita dianjurkan untuk mencuci pembalut yang dikenakan selama menstruasi sebelum dibuang.

Alasannya sangat logis.

Ketika kita membuang pembalut yang sudah berlumuran darah dan mengandung banyak kuman tersebut tanpa mencuci atau membungkusnya terlebih dahulu. 

Nanti di tempat sampah pembalut tadi akan dihinggapi lebih banyak kuman, kemudian lalat atau binatang kecil lain akan segera mengerumuninya.

Kemudian si kuman terbawa lalat dan lalat terbang kemana mana. Setiap kali lalat hinggap, dia akan menempelkan kuman pembalut yang ia bawa, entah itu di makanan, minuman, pakaian, atau bahkan kulit kita. 

Ngeri bangettt kan.

Jadi saran saya sebaiknya sobat cuci dulu pembalut menstruasi yang sobat pakai sebelum membuangnya atau jika nggak mau repot-repot nyuci, minimalnya dibungkus kresek lah sebelum dibuang. Dengan begitu kita sudah ikut menjaga lingkungan sekitar kita dari tercemarnya berbagai kuman dan penyakit. 

Nggak Boleh Keramas

Hiiii Jorok banget ! 

Masa selama menstruasi kita gak boleh keramas ? 

Kamu yang rasional pasti gak setuju akan hal ini. Coba saja pikir bagaimana jadinya kalau selama menstruasi tuh rambut kamu dibiarin kucel dan dekil karena gak di keramasin.

Bisa jadi nantinya penghuni rambut kamu semakin banyak jumlah dan jenisnya, mulai dari ketombe, kutu rambut, atau bahkan jamur di tiap helainya. Males banget kan kalau suruh garuk-garuk terus selama menstruasi.

Sebenarnya hal ini bukan melulu masalah jijik atau jorok, tapi kebiasaan seperti ini juga menggambarkan kepribadian dan imej sobat di mata banyak orang. Mau gak mau hal ini secara tidak langsung akan menunjukan karakter dan kepribadian sobat. 

Makanya mulai dari sekarang jangan percaya hal seperti ini, seperti mitos menstruasi sebelumnya hal ini juga tak ada hukum dan larangan pasti yang meyakinkan.

Nah pembahasannya sudah beres sampai disini. Artikel singkat mengenai mitos menstruasi ini semoga bisa menambah pengetahuan dan membuka pola pikir sobat yang salah. 


Subscribe to receive free email updates: