Artikel Kesehatan Terpercaya

12 Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Stres

Sering mengalami stres akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Banyak para pakar kesehatan yang bilang bahwa salah satu sumber dari segala penyakit adalah stres

Dari sini saja sudah terlihat jelas begitu bahayanya stres bagi tubuh, jika sudah begitu masih maukah sobat untuk stres ? 

Jika tidak berikut ini ada 12 tips dan cara mudah untuk mencegah dan mengatasi stres.
12 Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Stres
Image via duniafitnes.com
1# Kendalikan Emosi dan Amarah

Biasanya stres bermula dari ketidakmampuan diri untuk mengontrol emosional. Jadi sebaiknya mulailah untuk belajar mengendalikan amarah. 

Bagaimana caranya ? 

Mudah saja, ketika emosi sobat terpancing karena sesuatu hal maka berusahalah untuk tenang dan berfikir jernih, jikapun sobat marah disaat berdiri maka segeralah duduk dan meminum air putih. 

Air putih akan membantu menenangkan emosi dan berfikir lebih jernih.

2# Selalu Optimis dan Positif Thinking

Sikap optimis dengan disertai berfikir positif merupakan salah satu pilar kesuksesan. Ini berlaku juga dalam mengatasi dan mencegah timbulnya stres. 

Berusahalah untuk selalu berfikir positif dan optimis bahwa masalah yang sekarang sobat alami pasti akan terselesaikan. Selain itu jangan bersikap terlalu keras kepada diri sendiri. 

Peganglah prinsip bahwa setiap hal yang sobat rencanakan pastilah ada halangan dan rintangan untuk mencapainya, jika tidak ada itu maka keberhasilan yang sobat dapatkan nanti tidak akan terasa memuaskan bukan. 

Nah mulai sekarang teruslah untuk berfikir lebih fleksibel dengan cara optimistis dan berfikir positif.

3# Selektif dalam Memilih Makanan

Salah satu pemicu sobat terkena stres adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. 

Bukankah ada pepatah yang bilang bahwa "Anda adalah apa yang anda makan". Seperti itulah gambaran pentingnya makanan bagi seseorang. 

Makanan sangat erat hubungannya baik itu secara fisik maupun mental. Jadi sebaiknya sobat harus lebih selektif dalam memilih makanan jika tidak ingin terkena stres.

Penting untuk sobat ketahui bahwa untuk terhindar dari stres ada 2 prinsip yang harus sobat pegang mengenai asupan makanan yaitu :

  1. Kontrolah asupan kalori dalam tubuh, batasi juga asupan lemak dan juga gula.
  2. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi.

Jika 2 prinsip tersebut sobat terapkan, maka saya yakin sobat akan terhindar dari yang namanya stres.
Simak juga : Jangan asal beri Antibiotik pada anak, akibatnya bisa fatal
4# Kurangi Konsumsi Kafein Ya

Kafein merupakan zat yang bersifat stimulan yang banyak terdapat pada kopi dan juga teh. Terlalu banyak kafein dalam tubuh akan membuat sobat gugup, gelisah, dan juga ketagihan.

Mengutip dari Canadian Journal Medical Edication, Dr.David Posen mengatakan bahwa kafein merupakan perangsang yang benar-benar membangkitkan reaksi stres dalam tubuh.

Orang yang jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsi kafein dilaporkan memiliki kondisi emosional yang lebih stabil, lebih santai, dan terhindar dari gelisah maupun stres.

Jadi sekarang apa pilihan sobat ? 

Mau tetap konsumsi kafein atau hanya membatasinya. 
Kalau saya sih cuman ingin membatasi konsumsi kafein, karena memang kafein ini juga bermanfaat bagi kesehatan apabila jumlahnya normal dan tidak berlebih. 

So, sekarang terserah apa pilihan sobat.

5# Konsumsi Lebih Banyak Vitamin B12

Vitamin B12 atau dikenal dengan nama sianokobalamin merupakan salah satu vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan syaraf tubuh. Konsumsi secara teratur vitamin ini akan membantu mengurangi risiko stres dan masalah emosional lainnya. 

Untuk mendapatkan vitamin B12 juga gak sulit-sulit amat. Karena memang vitamin ini banyak terdapat di sekitar kita, sebut saja di tempe, telur, susu, ikan dan lain sebagainya.

Jikapun mau yang instan, sobat juga bisa membeli langsung vitamin B12 di apotek atau toko obat kesayangan sobat.

6# Kerjakan yang Lebih Penting

Banyak orang yang stres karena suka menunda-nunda pekerjaan yang mereka miliki, sehingga pekerjaan tersebut menumpuk tidak terselesaikan hingga membuat stres. 

Ada pula yang rajin mengerjakan pekerjaan tetapi selalu gagal dan pesimis akibat tidak adanya perencanaan atau planning yang matang. Itulah beberapa persoalan sepele yang sebenarnya punya peranan besar dalam stres yang sobat alami.

Karena itu jika sobat mau terhindar dari stres yang ditimbulkan karena pekerjaan atau kegiatan sehari-hari, maka mulailah untuk membuat perencanaan waktu dan memprioritaskan pekerjaan mana yang lebih penting.

Untuk masalah ini, ada 3 prinsip yang harus sobat pegang dan terapkan, yaitu :

  1. Kerjakanlah yang terpenting dahulu
  2. Kerjakanlah yang mungkin bisa sobat kerjakan
  3. Tetap fokus dan tidak menunda-nunda pekerjaan

Terapkan ketiga prinsip tersebut agar sobat senantiasa terhindar dari stres akibat pekerjaan yang sobat lakukan.
Simak juga : Penyakit TryPhopobia, siapa yang berani lihat ?
7# Curhat Ke Tuhan atau Sahabat

Jangan pendam masalah sobat sendirian. Memendam masalah bukanlah cara bijak untuk menyelesaikannya. Jika ada masalah yang sobat alami, cobalah ceritakan ke teman, pasangan, sahabat, maupun keluarga. 

Jika sobat merasa masalah tersebut merupakan aib yang harus sobat tutup-tutupi, maka curhatkanlah masalah tersebut ke tuhan. 

Tuhan pasti akan memberikan solusinya, itu pasti. 

Percayalah, karena hanya dengan kepercayaan semua yang mustahil menjadi tidak mustahil.

8# Olahraga Teratur

Olahraga adalah kunci untuk mengurangi stres. Olahraga teratur sangat disarankan bagi sobat yang sering kali mengalami stres. 

Perlu sobat tau, bahwa olahraga dapat merangsang keluarnya hormon bahagia dalam tubuh. 

Hormon bahagia atau endorphine ini akan membantu mencegah dan mengatasi rasa stres dan gelisah yang sobat alami. 

Jadi mulailah untuk membiasakan diri berolahraga secara rutin tiap pagi. 

9# Tidur Cukup dan Berkualitas

Kelelahan atau rasa letih yang berlebih akan memicu timbulnya stres. Untuk mengatasi hal tersebut yang perlu sobat lakukan adalah tidur dan istirahat yang cukup serta berkualitas. 

Kenapa harus berkualitas ? 

Tidur lama tetapi tidak berkualitas justru akan membuat sobat semakin stres dan malah menambah keletihan sobat. Tidur dikatakan berkualitas apabila seusai bangun tidur, sobat merasa tubuh segar bugar kembali. 

Jika setelah bangun tidur, sobat masih merasakan rasa letih, lemas, dan lesu, maka bisa ditebak bahwa tidur sobat tidak berkualitas.
Simak juga : Cegah jerawat dan komedo dengan 13 langkah mudah
10# Menonton Acara Komedi

Ini merupakan tips yang sangat ampuh dalam mengusir stres yang sedang kita alami. Buatlah diri sobat tertawa dan tersenyum lebar dengan cara menonton acara komedi di televisi. 

Ini merupakan terapi emosional yang sangat bermanfaat dalam merileksasi dan mengurangi ketegangan syaraf-syaraf tubuh. 

11# Sempatkanlah Berlibur dan Rekreasi

Lupakan permasalahan sobat. Ajaklah keluarga, pasangan, atau teman sobat untuk berlibur bersama. Ini terbukti dapat meredakan stres atau bahkan menghilangkannya.

12# Teruslah Berdoa

Berdoa adalah hal yang sangat penting, berdoalah kapanpun dan dimanapun sobat berada. 

Berdoa sangat bermanfaat bagi mental seseorang, mengembalikan kepercayaan diri, menguatkan sifat optimistis, dan membangun sugesti positif. 

Semua itu bisa sobat dapatkan dengan berdoa. Setelah berusaha pastikan sobat berdoa, begitupun ketika sobat mengalami masalah. 

Itulah ke-12 cara mencegah dan mengatasi stres dari saya. Saya berharap artikel ini bisa membantu sobat mengatasi masalah stres yang sedang sobat alami. 

Biar afdolll, mari like dan share artikel ini yuk...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Stres