Artikel Kesehatan Terpercaya

Cegah Jerawat dan Komedo dengan 13 Langkah Mudah

Sahabat TanyaApoteker.com , kali ini saya akan membagikan tips untuk mencegah munculnya jerawat dan komedo di wajah sobat. 

Ada pepatah yang bilang "mencegah lebih baik daripada mengobati ", pasti kalimat tersebut sudah sering kali kita dengar. 

Hal ini juga berlaku dalam urusan jerawat. Mencegah munculnya jerawat dan komedo lebih baik dan lebih mudah daripada mengobati jerawat. 

Apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencegah munculnya jerawat ? 

Mencuci muka dengan pembersih tidak akan cukup ampuh dalam mencegah munculnya jerawat, karena itu jangan hanya memperhatikan kebersihan wajah tetapi juga perhatikan asupan makanan serta keberlangsungan hormonal tubuh sobat.

Di bawah ini saya rangkum 13 langkah mudah yang sangat ampuh dalam mencegah munculnya jerawat :
Cegah Jerawat dan Komedo dengan 13 Langkah Mudah
Image via liputan6,com
1# Bersihkan Wajah Minimal 3 Kali Sehari dengan Pembersih yang Cocok

Ini merupakan langkah wajib jika sobat tidak mau di wajahnya timbul jerawat. Dengan mencuci muka minimal 3 kali sehari, wajah sobat akan nampak bersih dan terhindar dari perkembangbiakan bakteri. 

Bagi yang wajahnya berminyak, bisa memakai tisu antiseptik jika tidak sempat untuk mencuci muka. 

Alangkah baiknya jika kegiatan mencuci muka bukan hanya menggunakan air, melainkan dibarengi dengan pembersih wajah yang cocok.  

Kenapa harus cocok?

Karakteristik kulit wajah setiap orang pastilah berbeda-beda, ada yang mudah iritasi dan ada juga yang tidak.Tanda iritasi juga beragam seperti munculnya bintik merah di sekitar wajah, kemerahan, gatal dan sebagainya. 

Karena itu sobat harus memilih produk pembersih mana yang cocok dan tidak menimbulkan iritasi di kulit sobat.

2# Jangan Suka Ngutak-Ngatik Jerawat

Bagi yang hobi mencet jerawat sebaiknya kebiasaan ini ditinggalkan. 

Kenapa ? 

Memencet jerawat tidak akan membuat jerawat sobat cepat hilang, melainkan yang terjadi adalah sebaliknya.

Memegang atau menyentuh jerawat bisa memicu terjadinya peradangan sehingga membuat jerawat jadi kemerahan, apalagi jika tangan dalam kondisi kotor saat memegang jerawat, hal ini tentu akan membuat jerawat sobat makin parah.

Saya sendiri mengalami hal ini, jadi anggap saja ini saran pribadi dari saya. 

Semakin sering saya memegang atau memencet jerawat di wajah saya, semakin lama juga proses penyembuhannya, terkadang bahkan karena iritasi atau terkena kuku, jerawatnya malah meninggalkan bekas kehitaman saat sembuh.

Ini sangat saya sesalkan dan hingga sekarang ini saya tidak lagi hobi mencetin jerawat. 

3# Hindari Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat

Makanan yang perlu dihindari misalnya makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti goreng-gorengan, makanan berminyak dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk makanan lain seperti kacang-kacangan dan produk susu yang katanya bisa memicu timbulnya jerawat harus tetap sobat konsumsi. 

Ini karena produk susu dan kacang-kacangan mempunyai manfaat lebih banyak dibanding keburukannya.

Entah benar atau tidak jika kedua jenis makanan tersebut bisa memicu munculnya jerawat. Namun dengan rajin mencuci muka saya rasa hal itu tidak akan terjadi meski sobat mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut. 

Ini juga berdasarkan pengalaman saya loh...

4# Bersihkan Wajah dengan Air Hangat 2 Kali Seminggu

Air hangat sangat baik untuk membuka pori-pori serta kotoran yang tersisa di wajah. Membersihkan wajah dengan air biasa, tidak akan cukup untuk membersihkan total wajah sobat dari kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Anjuran dari saya adalah lakukan ini 2 kali dalam seminggu, sobat bisa melakukannya lebih dari 2 kali dan itu justru akan semakin baik. 

Caranya juga mudah, sobat tinggal ambil air hangat dan gunakan air tersebut untuk mencuci muka, waktu yang tepat untuk melakukannya adalah ketika bangun tidur.

5# Perhatikan Kebersihan dan Kesehatan Rambut

Kotornya rambut sering kali menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah. Kotoran di rambut bisa jatuh kapan saja di kulit wajah, jika ini terjadi maka kemungkinan munculnya jerawat akan semakin besar.

Sekarang saya tanya berapa kali sobat keramas dalam seminggu ? 

Setiap hari, 2 hari sekali, sekali seminggu, atau tidak sama sekali. 

Kalo saya sendiri memilih jawaban nomor dua yaitu 2 hari sekali keramas, itu artinya dalam seminggu sekitar 3 kali keramas. Namun terkadang bisa lebih dari 3 kali, terutama jika kondisi rambut sangat kotor.

Dengan mencuci rambut secara rutin, kesehatan rambut kita akan terjaga. Itu artinya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, sobat bisa terhindar dari masalah kulit wajah termasuk jerawat dan komedo. 

6# Hindari Stres, Sedih dan Galau Berlebih

Hormon yang di produksi tubuh saat stres juga dapat memicu munculnya jerawat di wajah, namun bukan berarti stres bisa menyebabkan sobat berjerawat. 

Yang menjadi penyebab bukanlah stres yang sobat alami melainkan akibat stres itu sendiri yang memicu tubuh untuk memproduksi hormon tertentu yang bisa menambah subur pertumbuhan jerawat.

7# Pilihlah Kosmetik yang Cocok

Memilih kosmetik tidak harus mahal atau produk luar negeri karena yang paling penting adalah kesesuaian dengan kulit masing-masing. 

Produk yang sesuai akan memberikan manfaat seperti yang diharapkan. Sebaliknya, produk yang tidak sesuai malah dapat menyebabkan alergi kulit, iritasi, dan memicu timbulnya jerawat.

Saya sendiri menyarankan sobat untuk memakai produk kosmetik dalam negeri karena cenderung lebih sesuai untuk orang indonesia sebab pembuatannya pun disesuaikan dengan kondisi konsumen dan iklim di indonesia. 

8# Untuk Pria, Selalu Perhatikan Kebersihan Alat Cukur

Kontak kulit dengan pisau cukur yang tidak bersih juga dapat mengakibatkan iritasi dan jerawat. Selain itu cara mencukur yang salah juga bisa membuat kulit iritasi ataupun terluka.

Saat mencukur sebaiknya lakukan hal-hal dibawah ini untuk mencegah terjadinya iritasi :

  1. Pilih pisau cukur yang tajam dan tidak berkarat.
  2. Lakukanlah setelah mandi karena kondisi kulit yang lembut seusai mandi akan menghindarkan terjadinya iritasi kulit.
  3. Pakai krim, pasta atau lotion untuk memudahkan proses pencukuran.
  4. Jangan mencukur berlawanan arah dengan pori kulit, lakukanlah dengan arah ke bawah.
  5. Lakukan perlahan dan jangan terlalu keras agar kulit tidak terluka.

9# Olahraga 15 Menit Sehari

Sekarang ini banyak yang menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Ada pula yang memang malas untuk berolahraga. 

Sebenarnya, bila sobat ingin sehat khususnya terhindar dari jerawat, maka tidak ada alasan untuk tidak berolahraga.

Olahraga akan membantu melancarkan peredaran darah serta meregenerasi sel tubuh yang rusak. 

Kan sobat juga sudah tau kalo banyak sekali manfaat olahraga bagi kecantikan, seperti mencegah penuaan dini, membuat tubuh awet muda, membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan masih banyak lagi.

Nah sekarang ada baiknya sobat selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga setiap harinya, sobat juga tidak harus melakukan olahraga berat yang menguras tenaga, cukup berjalan di pagi hari, jogging, berenang, itu saja sudah cukup menyenangkan bukan ?.

10# Minum Vitamin dan Air

Vitamin C dan E baik untuk tubuh, sedangkan minum air putih setidaknya 2 liter setiap hari akan membantu membuang racun-racun di dalam tubuh. Sirkulasi darah dan metabolisme juga akan berlangsung dengan lancar sehingga tubuh semakin sehat.

Vitamin C yang punya sifat anti oksidan tinggi akan membantu menghalau radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

Sedangkan vitamin E sangat bagus untuk kulit, terutama untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembutan kulit, selain itu vitamin E juga membantu meregenerasi sel kulit mati serta mencegah munculnya permasalahan kulit termasuk jerawat.

11#  Pakai Sunblock

Sunblock akan membantu melindungi kulit sobat dari paparan sinar matahari yang menyengat, selain itu dengan memakai pakaian yang menyerap keringat seperti pakaian dari bahan katun tentu akan menghindarkan kulit dari terjadinya iritasi.

12# Istirahatlah dengan Cukup

Jika ingin bebas dari jerawat, sobat bukan hanya dituntut untuk istirahat yang cukup melainkan juga harus istirahat dan tidur yang berkualitas. 

Tidur dikatakan berkualitas apabila setelah bangun tidur sobat merasa bugar dan segar kembali.

Bagaimana caranya?

Untuk bisa tidur berkualitas ada beberapa hal yang harus sobat penuhi seperti :

  1. Menjadikan suasana nyaman di tempat tidur
  2. Biasakan untuk olahraga yang teratur
  3. Ketahui dan cukupkan makanan bernutrisi

13# Pakai Masker Jerawat 

Ini merupakan solusi pencegahan yang menurut saya sangat ampuh. Dengan memakai masker jerawat yang tepat dan aman secara rutin saya yakin wajah sobat akan terhindar dari yang namanya jerawat.

Saya disini bukan hanya memberi tips tetapi juga memberi solusi, karena itu dibawah ini saya berikan gratis untuk sobat ramuan masker jerawat yang sangat ampuh karena saya sudah membuktikannya.

Langsung saja berikut bahan-bahannya :

  • Tepung beras 1/4 liter
  • Tepung pati bengkoang 1 ons 
  • Kayu manis 1/4 ons 
  • Kayu mesoyi 1/4 ons 
  • Klabet 1 sendok 
  • Buah pinang 2 biji 
  • Adas 1 sendok

Untuk pembuatan tepung pati bengkoang caranya yaitu dengan menghaluskan bengkoang yang telah dikupas, kemudian di endapkan di dalam air sekitar semalam, setelah itu akan terbentuk endapan, nah endapan itu diambil lalu dikeringkan.

Untuk membuat masker jerawat diatas caranya ikuti panduan seperti dibawah ini :

  1. Goreng kayu manis, kayu mesoyi dan klabet hingga berwarna kuning kehitaman.
  2. Buah pinang dikupas kulit luarnya yang berupa sabut, dipecah kulit dalamnya yang keras dan diambil dagingnya kemudian jemur sampai kering.
  3. Haluskan ketiga bahan yang telah digoreng tadi dan juga buang pinang yang telah dikeringkan.
  4. Yang terakhir, campurkan tepung beras dan pati bengkoang dengan semua bahan tadi dan masker jerawat siap digunakan.

Mudah kan ? 

Nah itu saja tips mencegah jerawat yang bisa saya share ke teman-teman. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi banyak orang.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cegah Jerawat dan Komedo dengan 13 Langkah Mudah