Cara Awet Muda dengan Hanya Bermodal Tempe

Siapa yang tidak tau tempe ? 

Tempe merupakan makanan yang sangat populer, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun harga tempe relatif murah, tetapi manfaat dari tempe ini tidak murahan seperti harganya.

Berbagai macam kandungan tempe sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain sumber nutrisi yang sangat baik, ternyata konsumsi tempe juga bisa membuat tubuh awet muda.

Percayakah sobat ?

Saya awalnya juga tidak percaya...

Namun, setelah kemaren saya membaca sebuah buku berjudul "membuat wajah dan tubuh awet muda", saya kaget karena mendapati tempe sebagai salah satu makanan yang bisa membuat kita awet muda. 

Nah disini saya akan berbagi pengetahuan yang barusan saya dapat dari buku tersebut. 

Tahukah sobat ?

Bahwa Indonesia adalah negara produsen tempe terbesar di dunia. 

Jelas tau lah, orang tempe saja asalnya dari Indonesia.
Cara Awet Muda dengan Hanya Bermodal Tempe
Image via lifestyle.sindonews.com
Tempe adalah salah satu makanan penangkal radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya berbagai penyakit mematikan seperti jantung koroner, diabetes, kanker, hipertensi, dan lain lain.

Dalam sepotong tempe terkandung berbagai unsur yang bermanfaat, seperti hidrat arang, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, lesitin, serta komponen anti bakteri. 

Selain itu tempe juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Sejarah Tempe Itu Bagaimana Ya ?

Tempe mulai populer sejak zaman pendudukan Jepang di Indonesia. Pada saat itu para tawanan perang diberi makan kedelai yang sudah berjamur, yang sekarang ini dikenal dengan sebutan tempe. 

Penemuan tempe ini sebenarnya tidak disengaja, namun karena rasanya yang enak dan membuat perut kenyang lebih lama, akhirnya para penduduk pribumi membuat tempe untuk mereka konsumsi sehari-hari.

Manfaat Tempe

Manfaat tempe sangat banyak sekali, beberapa sudah saya sebutkan di atas. Mulai dari mencegah kanker, mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah, mencegah diabetes dan hipertensi, serta mengobati anemia.

Selain itu...

Baru-baru ini ada penelitian yang telah membuktikan bahwa tempe juga bisa untuk mencegah penyakit kanker payudara. 

Di dalam tempe terdapat zat antioksidan berupa Isoflavon dan karotenoid, kedua zat inilah yang efektif mencegah kanker payudara.

Apa Benar Tempe Bisa Membuat Awet Muda ?

Benar sekali.

Di dalam tempe terkandung cukup banyak Lesitin yang merupakan zat anti penuaan dini yang mampu meningkatkan vitalitas dan meremajakan sel tubuh.

Menurut Prof. Dr. Achmad Biben, tempe mengandung zat bernama Superoksida Desmutase yang dapat menghambat kerusakan sel dan proses penuaan.

Namun ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan dalam mengolah tempe agar manfaat dan kandungan di dalam tempe tidak hilang atau berkurang.

Salah satunya adalah menggoreng tempe.

Memasak tempe dengan cara menggorengnya memang umum dilakukan oleh masyarakat.  Tetapi cara masak tempe dengan cara menggorengnya akan membuat banyak manfaat tempe hilang. Akan lebih baik jika tempe disemur, dibacem, atau dipepes.

Manfaat tempe bisa secara optimal didapatkan jika proses pengolahannya tepat. Ini berarti khasiat tempe tidak akan sama sekali hilang jika sobat menggorengnya. 

Jadi jangan berkecil hati.

Sambil membiasakan diri menikmati tempe yang diolah dalam bentuk lain, sobat masih dapat menikmati tempe goreng favorit. 

Jadi kesimpulannya, jika sobat ingin awet muda, sobat bisa memakan tempe setiap hari dengan syarat pengolahannya harus tepat.


Subscribe to receive free email updates: