Makna Warna Buah dan Sayuran Pada Kesehatan

Pasti sobat sering menemui buah atau sayuran yang beraneka warna. Ada yang berwarna merah, kuning, jingga, hijau segar, dan lain-lainnya.

Pernahkah sobat berfikir kalau warna pada buah dan sayuran tersebut tidak ada kaitannya dengan kandungan atau manfaatnya terhadap kesehatan.

Jika benar begitu.

Sobat salah besar. Berdasarkan penelitian baru-baru ini ternyata warna pada makanan itu menandakan zat yang dikandung serta manfaatnya terhadap kesehatan. 

Warna sayur atau buah berasal dari pigmen warna alami yang merupakan kandungan dasar pada setiap tanaman. Warna makanan mempunyai arti tersendiri.

Warna merah menandakan makanan tersebut mengandung Likopen yang bagus untuk mencegah kanker.

Warna oranye menandakan makanan tersebut mengandung Betakaroten yang bagus untuk kesehatan kulit dan pencernaan. 

Warna kuning berarti makanan tersebut mengandung Zeasanthin dan Lutein yang berguna sebagai antioksidan dan sangat bagus untuk mata.

Warna hijau mengandung Klorofil dan Sulforafan yang bagus untuk darah dan pencegahan Tumor. 

Sedangkan warna putih menandakan makanan tersebut mengandung fitosterol yang berfungsi untuk mengendalikan kolesterol tubuh.

Nah, diatas merupakan ringkasan mengenai hubungan warna makanan dengan zat yang dikandung serta khasiatnya terhadap kesehatan. 

Biar lebih jelas, mari kita simak penjelasan lengkap di bawah ini :
Makna Warna Buah Dan Sayuran Pada Kesehatan
Image via vemale.com
1# Warna Merah

Warna merah sangat identik dengan lambang keberanian dan kemarahan . Namun hal itu tidak berlaku pada makanan justru warna merah pada buah dan sayur merupakan pertanda bahwa makanan tersebut mengandung zat Likopen yang tinggi.

Apa itu Likopen ?

Likopen sendiri merupakan zat yang erat kaitannya dengan vitamin A. Vitamin A, D, E, dan K penyerapannya tergantung pada lemak, sama halnya dengan likopen yang penyerapannya juga melalui lemak dalam tubuh.

Salah satu buah yang kaya dengan zat likopen adalah tomat, tetapi masalahnya zat likopen dalam tomat hampir tidak akan bisa diambil jika dimakan mentah-mentah.

Likopen dalam tomat akan mudah diserap tubuh apabila tomat tersebut di sangrai atau direbus terlebih dahulu dengan minyak. Jadi sambal tomat dan tomat oven merupakan sumber likopen terbaik yang bisa kita manfaatkan.

Selain zat likopen dan vitamin A, warna merah pada buah dan sayuran juga menandakan tingginya kandungan Vit C. 

Contohnya yang paling mudah adalah cabai. 

Jika tidak tahu apa itu cabai maka sobat sungguh kebangetan.

Kadar vit C pada cabai cukup tinggi, selain itu cabai juga mempunyai kandungan zat Kapsaisin yang merupakan zat anti penggumpalan darah.

Zat tersebut terletak di urat bagian tengah cabai bersama biji yang sering kali dibuang. Zat lain yang tidak kalah wow nya dimiliki cabai adalah zat dengan nama Termogenik, zat ini mampu membantu sobat yang ingin diet karena punya kemampuan dalam menurunkan berat badan.

2# Warna Hijau

Warna hijau selalu identik dengan kesegaran. Warna hijau pada buah dan sayuran menandakan kandungan serat dan kalsium yang tinggi.

Hijau juga identik dengan Klorofil yang merupakan pigmen yang memberi warna hijau pada tanaman dan buah-buahan. Biasanya klorofil ini dimanfaatkan untuk bahan tambahan pembuatan suplemen makanan.

Salah satu buah berwarna hijau yang kaya manfaat adalah Advokad.

Advokad mengandung Vit E dan memiliki fitosterol terbaik sehingga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara itu Vit E punya peran besar dalam memelihara kesehatan kulit.

Kandungan serat pada setiap buah dan sayuran yang berwarna hijau sangat baik untuk pencernaan. Metabolisme tubuh akan berjalan baik dan lancar serta dapat juga membantu dalam hal diet.

3# Warna Kuning

Warna kuning pada buah dan sayuran berasal dari pigmen Lutein dan Zeasanthin. Buah nanas merupakan sumber terbaik pigmen tersebut.

Buah nanas juga mempunyai kandungan enzim Bromelin yang punya banyak sekali manfaat, seperti :
  1. Sebagai antiradang sendi.
  2. Mencegah kanker.
  3. Anti penggumpalan darah.
  4. Menguras gas, mual, sembelit.
  5. Anti demam.
  6. Sebagai obat alami asam urat.
Lutein juga terdapat pada bayam. Memang secara kasat mata warna bayam adalah hijau, namun coba sobat diamkan sebentar bayam tersebut dan lihatlah warnanya akan berubah menjadi agak kuning. Warna inilah yang berasal dari zat lutein di dalam bayam.

Dari tadi kita membicarakan lutein, sebenarnya apa itu manfaat dari lutein. Manfaat lutein sendiri adalah :

Lutein dapat mengurangi terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya. Ini karena lutein dapat mengurangi lemak kolesterol di sekitar aliran pembuluh darah.

Lutein dapat menghindarkan dari Katarak. Ini karena lutein dapat mengurangi risiko paparan sinar UV yang merupakan penyebab utama katarak.

4# Warna Jingga atau Oranye

Kedua warna ini memiliki makna warna yang sejuk dan enak dilihat mata. Buah dengan warna ini memiliki kandungan Betakaroten serta vitamin C yang tinggi. 

Kandungan betakaroten sangat bermanfaat dalam pencegahan penyakit kanker, begitu pula dengan vit C yang berfungsi sebagai antioksidan yang akan menghindarkan tubuh dari radikal bebas.

Secara umum buah-buahan dengan warna jingga dan oranye memiliki manfaat seperti dibawah ini :
  1. Antioksidan kuat penangkal radikal bebas
  2. Menghaluskan kulit
  3. Memelihara kesehatan mata
  4. Meregenerasi sel kulit mati dan menghilangkan jerawat
Salah satu buah hebat dengan warna oranye adalah Wortel. Wortel sangat kaya dengan terpenol yang merupakan zat antitumor. 

Kandungan vit A di dalamnya juga tak kalah banyak. Seperti yang kita tahu bahwa vit A sangat baik untuk kesehatan mata.

Oke, sekarang sobat sudah tahu berbagai makna warna pada buah dan sayuran. 

Jadi kesimpulannya...

Jangan hanya membaca artikel ini tanpa melakukan dan mempraktekkan hal di atas. 

Setelah sobat tahu makna warna pada makanan, cobalah cari makanan dengan warna dan kandungan yang sobat prioritaskan untuk memenuhi asupan nutrisi sobat.


Subscribe to receive free email updates: