Artikel Kesehatan Terpercaya

30 Tips Hamil Sehat Agar Janin Lahir Tanpa Cacat

Ibu hamil itu memang ribet.

Banyak yang harus diperhatikan ibu hamil baik itu mengenai nutrisi, kebiasaan, maupun tutur kata.

Di bawah ini saya paparkan 30 hal yang harus dan wajib diperhatikan oleh ibu hamil. Hal ini nantinya diharapkan bisa membantu lahirnya janin yang sehat dan terhindar dari kecacatan baik itu fisik maupun mental.

Penasaran apa ke-30 hal tersebut.

Langsung saja berikut ke-30 hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil.
30 Tips Hamil Sehat Agar Janin Lahir Tanpa Cacat
Image from merdeka.com
1# Merokok

Jika merokok atau menghirup asap rokok ketika kita sedang hamil, maka hal ini akan dapat menyebabkan hal buruk terjadi pada janin di perut kita seperti keguguran, pertumbuhan janin terhambat, cacat, dan hal buruk lainnya.

Hal ini disebabkan oleh pengaruh racun pada asap rokok tersebut. Asap rokok yang terhirup oleh ibu hamil akan menyebabkan darah yang mengalir ke janin jadi terhambat.

Akibatnya berat badan bayi ketika lahir pun akan lebih rendah dibanding ibu hamil yang tidak terpapar asap rokok. Kecacatan dan pertumbuhan janin biasanya juga akan terjadi karena pengaruh racun rokok seperti nikotin dan sebagainya.

Buat anda yang mungkin sekarang ini sedang hamil, sebaiknya hindari asap rokok ataupun memakai rokok. Jika suami anda merokok, beri tahu dia tentang bahaya asap rokok bagi janin dan minta agar dia tidak merokok di dekat anda.

2# Memakai Sepatu Hak Tinggi

Memakai sepatu hak tinggi merupakan gaya hidup yang sulit ditinggalkan para kaum hawa.

Disaat sobat hamil sebaiknya hindari pemakaian sepatu hak tinggi utamanya jika janin yang dikandung masih berusia dibawah 7 bulan.

Kenapa ?

Sepatu hak tinggi dapat menimbulkan gangguan keseimbangan tubuh. Bayangkan saja, beban ibu hamil dalam membawa perutnya yang telah terisi janin ditambah dengan pemakaian sepatu hal tinggi. Ini nantinya bisa menambah risiko terjatuh yang berbahaya bagi janin.

Selain itu pemakaian sepatu hak tinggi juga bisa menyebabkan peregangan otot-otot di daerah pinggang. Disaat hamil saja biasanya sering terjadi sakit atau nyeri di area pinggang, jika ditambah pemakaian sepatu hak tinggi maka risiko pinggang sakit dan nyeri akan semakin besar.

Dari penjelasan diatas bisa diambil 2 kesimpulan tentang apa yang terjadi jika memakai sepatu hak tinggi ketika hami.

Pertama risiko jatuh semakin tinggi, itu artinya risiko ibu mengalami trauma karena jatuh juga meningkat. Belum lagi jika jatuhnya terlalu sering atau terlalu keras, akibatnya bisa fatal seperti keguguran dan pendarahan.

Kedua risiko pinggang sakit akan semakin meningkat dan itu berarti tingkat stres ibu hamil karena sakit juga akan meningkat.

Jika sudah jelas seperti itu, solusi yang paling tepat adalah hindari pemakaian sepatu hak tinggi selama hamil.

3# Naik Pesawat Terbang

Wanita hamil memang tidak dilarang untuk bepergian dengan pesawat terbang selama kondisi fisiknya sehat dan tidak ada kelainan dengan kandungannya.

Kelainan yang dimaksud ialah seperti riwayat kontraksi dan pendarahan. Bilapun ada riwayat seperti itu, maka sebaiknya sobat mengurungkan niat untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika ibu hamil mau bepergian dengan pesawat, diantaranya :


  1. Kondisi fisik harus sehat dan tidak ada kelainan dengan kandungan.
  2. Usia kehamilan belum mencapai 7 bulan, jika sudah 7 bulan atau lebih sebaiknya urungkan niat sobat.
  3. Pastikan prakiraan cuaca baik selama naik pesawat

Ketiga hal tersebut mempunyai alasan yang kuat mengapa ibu hamil harus benar-benar memastikan hal tersebut jika mau bepergian dengan pesawat.

Untuk nomor pertama sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa kondisi kesehatan yang buruk dan adanya kelainan pada kandungan akan sangat berbahaya jika melakukan penerbangan disaat itu juga.

Hal berbahaya yang mungkin terjadi yaitu seperti pendarahan di atas pesawat dan juga tingkat stres ibu hamil yang akan meningkat karena kondisi tubuh yang tidak fit.

Bepergian dengan pesawat sebaiknya dilakukan dikala usia kandungan masih dibawah 7 bulan karena dikhawatirkan jika usia kandungan diatas 7 bulan, ukuran perut sudah cukup besar dan hal itu akan membatasi ruang gerak sang ibu. Risiko terjadinya kontraksi pada kandungan juga akan meningkat.

Memastikan prakiraan cuaca saat akan naik pesawat, juga merupakan suatu hal yang penting.

Jika selama kita naik pesawat cuacanya buruk, bisa dibayangkan akan sering terjadi goncangan pada pesawat atau sering dikenal dengan turbulensi.

Selain itu, faktor kejiwaan ibu hamil juga akan terganggu akibat rasa takut terhadap kondisi cuaca yang buruk tersebut. Ibu hamil akan terus mengkhawatirkan kondisi kandungannya, dan ketakutan ini akan membuat ibu hamil trauma ataupun stres.

4# Minum Air Es


Meminum es ketika hamil sebenarnya tidak berbahaya.

Jika ada yang mengatakan minum es saat hamil akan membuat janin gemuk, itu hanyalah sebuah mitos. Kecuali jika es yang diminum dicampur dengan gula ataupun sirup yang banyak mengandung gula.

Namun, tetap ada yang harus diperhatikan ibu hamil dalam mengkonsumsi minuman dingin ini, diantaranya :


  1. Pastikan Es yang diminum steril atau dibuat dengan air matang.
  2. Jangan meminumnya terlalu banyak atau berlebihan.
  3. Jika takut akan berpengaruh pada janin, sebaiknya hindari meminum es.

Ketiga tips tersebut akan membantu anda dalam menjaga kesehatan kandungan.

Tips yang pertama ialah pastikan es yang diminum steril dan dibuat dengan air matang. Hal ini sangat beralasan karena kebanyakan es yang beredar di pasaran atau diwarung-warung terbuat dari air mentah.

Sobat pasti pernah melihat es balok yang sering dijual di masyarakat. Es tersebut dipotong-potong tanpa alas alias diatas tanah, hal ini tentunya akan membuat es tersebut terkontaminasi banyak bakteri seperti E Coli yang sering menyebabkan diare.

Nah, ada baiknya jika anda membuat sendiri es yang ingin  dikonsumsi.

5# Mengemudi Mobil

Pada dasarnya wanita hamil boleh mengendarai mobil sendiri, selama kehamilan di trimester pertama atau kedua. Namun pada trimester terakhir dengan kondisi kehamilan yang sudah sangat besar tentunya akan sulit dan tak nyaman jika mengemudikan mobil sendiri.

Karena itu sebaiknya jangan mengemudikan mobil sendiri jika kondisi kehamilan telah mencapai 7 bulan keatas.

Hal lain yang harus diperhatikan ketika mengemudikan mobil saat hamil adalah :


  1. Jarak dan lama mengemudi
  2. Perhatikan jalan dan rute yang akan dilewati
  3. Selalu pakai sabuk pengaman

Jika anda sedang hamil dan ingin mengemudikan mobil sendirian maka hal pertama yang harus diperhatikan  adalah jarak tempuh dan lama mengemudi.

Usahakan jangan mengemudi dengan jarak terlalu jauh atau waktu yang terlalu lama, bilapun terpaksa maka sering-seringlah meregangkan otot kaki dan pinggang serta jangan menunda-nunda keinginan kencing karena terlalu keasikan mengemudi.

Perhatikan juga rute dan jalan yang akan dilewati. Jangan sekali-sekali mengemudi jika jalan yang dilewati rusak atau banyak yang berlubang. Jika dipaksakan maka bisa terjadi goncangan pada mobil yang nantinya akan berpengaruh pada kandungan sobat.

Yang ketiga adalah tetap memakai sabuk pengaman ketika mengemudi meskipun sedang hamil. Pemakaian sabuk pengaman tidak akan menekan perut, karena pada dasarnya sabuk pengaman sudah dirancang agar sesuai dan aman digunakan oleh ibu hamil.


Simak ya : Cara menghilangkan kebiasaan buruk dengan 15 trik ampuh
6# Banyak Berjalan

Berjalan merupakan salah satu jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil. Dengan berjalan maka bisa menguatkan otot panggul yang sangat diperlukan nanti ketika menjalani persalinan.

Ibu hamil sebaiknya melakukan kebiasaan berjalan di waktu pagi selama 30 menit. Ada pula yang menyarankan agar ketika berjalan, lebih baik tidak memakai alas kaki alias "nyeker".

Hal itu dilakukan sebagai refleksi syaraf-syaraf tubuh yang memang berpusat di telapak kaki.

Namun jika berjalan 30 menit dirasa sangat melelahkan, maka lakukan saja sesuai kemampuan anda.

7# Olahraga

Olahraga tidak masalah dilakukan ketika hamil. Namun olahraga yang dilakukan haruslah olahraga yang ringan yang tidak membahayakan kandungan seperti jalan pagi, yoga, senam ringan dan berenang.

Jadi meskipun anda dalam keadaan hamil, jangan pernah takut atau berhenti untuk berolahraga karena manfaatnya sangat baik untuk anda sendiri dan juga janin yang sedang dikandung.

8# Kontak dengan Cat

Hindari kontak langsung ataupun hanya mencium bau cat jika sobat sedang hamil.

Kenapa ?

Kandungan zat kimia dalam cat sangat berbahaya apabila terhirup, terutama bagi ibu hamil terhadap kandungannya. Karena itulah, tak heran jika ada orang yang tiba-tiba merasa pusing setelah mencium bau cat.

Penting juga di perhatikan terutama bagi sobat yang suka melukis meskipun dalam keadaan hamil.

Di saat melukis pastilah kita menggunakan cat sebagai pewarna.

Nah sebaiknya gunakan masker saat melukis agar tidak menghirup bau cat yang bisa berbahaya bagi kandungan. Jika memakai masker dirasa mengganggu, maka solusinya melukislah di luar ruangan yang terbuka agar bau cat bisa cepat hilang.

9# Menungging Agar Janin Tidak Sungsang

Menungging ternyata bermanfaat, terutama bagi ibu hamil. Karena dengan menungging janin akan lebih leluasa bergerak serta menemukan posisi yang tepat agar tidak terjadi yang namanya sungsang.

Anda tau gak apa itu sungsang ?

Sungsang pada ibu hamil itu merupakan julukan ketika posisi janin yang seharusnya kepalanya dibawah tetapi justru kepalanya diatas dan kakinya dibawah.

Posisi sungsang pada janin akan menyulitkan saat nanti persalinan. Biasanya jika memang posisi janin tetap sungsang hingga waktu persalinan, maka akan dilakukan operasi cesar.

Namun dengan menungging ternyata hal tersebut bisa dicegah. Pencegahan ini bisa dilakukan apabila usia kehamilan belum sampai 32 minggu. Karena jika lebih dari 32 minggu, posisi janin akan sulit untuk dirubah.

Ibu hamil bisa mencoba melakukannya dengan cara menungging selama 5-10 menit sebanyak 3-4 kali sehari.

10# Dipijat

Memijat ibu hamil itu tidak boleh sembarangan. Jangan samakan memijat ibu hamil dengan memijat orang biasa yang tidak hamil.

Pemijatan pada ibu hamil harus dilakukan secara lembut dan perlahan. Selain itu pemijatan juga sebaiknya tidak dilakukan pada daerah perut dan punggung bawah.

Namun jika memang rasa pegal dan sakit berada di area perut dan punggung bawah, maka lakukan saja elusan dan usapan lembut untuk mengurangi rasa sakit.

Simak ya : 16 Makanan sehat versi alquran dan sunnah
11# Pemakaian Obat Nyamuk

Pada dasarnya semua obat anti nyamuk memang berbahaya bagi kesehatan. Ini dikarenakan kandungannya yang berupa zat kimia aktif yang berbahaya termasuk di dalamnya golongan pestisida.

Pada ibu hamil, penggunaan obat nyamuk dapat menyebabkan kerusakan syaraf dan ginjal janin. Ini berlaku pada semua jenis obat anti nyamuk baik itu bakar, semprot, elektrik, dan oles.

Lalu bagaimana biar bisa terhindar dari nyamuk ?

Jika mau aman dari gigitan nyamuk tanpa harus memakai obat anti nyamuk, maka bisa dilakukan dengan menghancurkan rantai perkembangbiakannya.

Caranya seperti :


  1. Menghilangkan sarang nyamuk dengan rajin menguras bak mandi, mengubur dan menutup benda agar tidak dijadikan sarang nyamuk
  2. Pakai kasa disetiap ventilasi rumah
  3. Pakai kelambu di tempat tidur
  4. Taruh tanaman pengusir nyamuk seperti sereh, kayu putih, lavender, dan lainnya
  5. Pakai raket anti nyamuk

Nah sekarang sudah jelas kalau ibu hamil itu tidak dibolehkan memakai obat anti nyamuk.

12# Sinar Radiasi

Radiasi tidak boleh dilakukan pada seseorang yang sedang hamil. Apapun itu radiasinya tetap tidak boleh dilakukan pada ibu hamil karena pada prinsipnya semua bentuk radiasi dapat berpotensi membahayakan perkembangan janin.

Kenapa begitu ?

Ini dikarenakan semua jenis sinar radiasi dapat mengacaukan perkembangan sel, sehingga mutasi sel yang bisa berkembang ke arah kanker, cacat, dan sebagainya.

Adapun contoh sinar radiasi adalah penyinaran rontgen yang berguna mengetahui keadaan bagian dalam tubuh. Ada juga penyinaran kemoterapi pada kanker dan penyinaran Ultra Violet.

13# Mendonorkan Darah

Selama masa kehamilan, seorang ibu tidak dianjurkan melakukan doroh darah untuk keperluan orang lain. Hal ini karena ibu hamil cenderung mengalami anemia (kekurangan darah) sehingga perlu darah untuk dirinya sendiri.

Meskipun donor darah memang baik untuk kesehatan, tetap saja anggapan seperti ini tidak berlaku bagi ibu hamil. Ibu hamil memerlukan suplai darah yang banyak karena kebutuhan darah ibu juga dibagi lagi dengan sang janin.

Jadi jika ingin mendonorkan darah, tunggu saja hingga sang bayi telah dilahirkan.

14# Mengkonsumsi Gula Buatan


Gula buatan atau gula sintetis tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil. Hal ini dikarenakan gula sintetis dapat menembus plasenta dan memasuki sirkulasi darah janin.

Sehingga janin dapat berisiko menderita kanker kandung kemih akibat penimbunan gula sintetis tersebut. Gula buatan biasanya terdapat pada makanan-makanan instan.

15# Minum Alkohol

Ibu hamil tidak baik mengkonsumsi alkohol. Ini dikarenakan kandungan alkohol dapat menimbulkan kecacatan pada janin.

Alkohol dapat menembus plasenta dan masuk ke sirkulasi darah janin. Karena fungsi organ janin yang masih muda maka alkohol akan berada dalam tubuh janin lebih lama dibandingkan pada tubuh orang dewasa.

Dalam kadar berapapun sebaiknya alkohol dihindari pemakaiannya pada ibu hamil.

Simak ya : Vagina gatal no problem, atasi dengan 7 tips ampuh
16# Makan Buah Durian

Terkadang ada ibu hamil yang nyidam minta durian.

Jika begitu apakah suami harus menurutinya ?

Kalau saya punya istri yang sedang hamil dan nyidam seperti itu, maka saya tidak akan menurutinya.

Kenapa ?

Memakan durian dapat merangsang timbulnya kontraksi pada kandungan. Jika usia kehamilan masih muda maka memakan durian dapat mengakibatkan keguguran. Jadi jika ibu hamil menyidam durian, yah terpaksa hanya boleh mencium baunya saja.

17# Melakukan Hubungan Intim

Hubungan intim ketika hamil memang diperbolehkan dan tidak berbahaya.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika mau melakukan hubungan intim saat hamil, yaitu :


  1. Lakukanlah ketika usia kehamilan sudah melewati trimester pertama atau trimester kedua, karena hubungan intim yang dilakukan ketika usia kehamilan muda dapat menyebabkan keguguran.
  2. Pakai gaya yang aman dan tidak mengganggu janin.
  3. Lakukan secara perlahan dan penuh perasaan.
  4. Jika ibu hamil punya riwayat kontraksi dan pendarahan, maka sebaiknya hubungan intim jangan dilakukan.

18# Mandi di Malam Hari

Pada ibu hamil tidak ada larangan jika mau mandi di malam hari. Jika ada yang beranggapan bahwa mandi malam itu dapat mengakibatkan berbagai penyakit maka jangan percaya, itu semua adalah mitos.

Meskipun begitu Ibu hamil harus tetap menjaga tubuhnya agar tidak menggigil kedinginan saat mandi malam.

Jika takut kedinginan, maka mandilah dengan air hangat atau sekedar membasuh muka dan mengelap tubuh dengan air.

19# Memakai Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman tetap harus dipakai ibu hamil saat mengendarai atau naik kendaraan.

Pemakaian sabuk pengaman dapat diatur menyilang dibawah perut atau diatas perut agar tidak menekan bagian perut. Dengan mengaturnya sedemikian rupa agar tidak menekan perut, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan ibu hamil.

Pemakaian sabuk pengaman juga bermanfaat untuk meminimalisir goncangan saat kita berkendara yang sangat berbahaya bagi kandungan.

20# Sauna

Kegiatan sauna sebetulnya tidak perlu dilakukan oleh ibu yang sedang hamil. Sauna yang identik dilakukan di ruangan tertutup dan juga udara panas tentunya tidak baik untuk perkembangan janin.

Lagipula wanita hamil kan sudah banyak mengalami penguapan dari tubuhnya dengan seringnya berkeringat. Kalau sudah begitu yah ada baiknya gak usah sauna segala.

Simak ya : Cara memakai pembalut wanita yang baik dan benar
21# Diet

Biasanya wanita hamil itu identik dengan tubuh yang besar dan gendut. Ini banyak terjadi dimana sebelum hamil tubuh nya kurus tetapi setelah hamil perlahan tubuhnya mulai berisi dan akhirnya gemuk.

Itu wajar terjadi.

Nah masalahnya, di luar sana banyak wanita hamil yang justru pengen diet karena tidak mau tubuhnya melar akibat hamil.

Perlu sobat tau bahwa diet saat sedang hamil itu tidak diperbolehkan kecuali atas anjuran dokter. Anjuran dokter untuk diet sebenarnya bukan bertujuan menurunkan berat badan si ibu, melainkan agar berat badan ibu tak bertambah secara berlebihan.

Maka dari itu sebaiknya anda mengurungkan niat untuk diet jika sobat sedang hamil.

Yang terpenting bukanlah mengurangi berat badan anda yang bertambah akibat hamil, namun yang terpenting adalah mengendalikan berat badan agar tidak bertambah secara berlebihan.
22# Bekerja di Depan Komputer

Ketika hamil bekerja di depan layar komputer itu tidak masalah.

Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti lama waktunya dan posisi duduk yang tepat agar tidak terjadi permasalahan kesehatan seperti sakit punggung dan lainnya.

Jika anda harus bekerja lama di depan komputer, maka usahakan sering melakukan peregangan.

Posisi duduk juga harus benar, jangan terlalu membungkuk ataupun terlalu tegak. Bila merasa tubuh sudah pegal dan letih, maka cobalah berdiri dan berjalan sebentar agar peredaran darah kembali normal.

23# Pewarna Rambut

Ada yang bilang aman, ada juga yang bilang tidak.

Jadi, apa yang anda pilih. Tetap memakai pewarna rambut atau tidak ?

Menurut saya pribadi sebenarnya saya beranggapan bahwa pewarna rambut ini tidak berbahaya dipakai meskipun dalam kondisi hamil.

Namun dari referensi buku yang saya baca, disitu disebutkan bahwa sebaiknya wanita hamil tidak memakai pewarna rambut sementara waktu hingga si bayi keluar.

Hal ini dikarenakan ketika hamil hormon tubuh akan lebih sensitif dan berbeda dengan sebelum hamil. Perubahan hormon ini terkadang membuat rambut wanita hamil menjadi mudah rontok, berminyak, namun ada juga yang malah semakin mengkilat.

24# Minum Teh

Teh sebenarnya tidak masalah dikonsumsi oleh wanita hamil, namun akan menjadi masalah ketika teh digunakan secara bersamaan untuk meminum vitamin atau makanan yang mengandung zat besi.

Kenapa ?

Zat besi merupakan nutrisi penting bagi seorang janin. Namun penyerapan zat besi ini akan terhambat apabila mengkonsumsi vitamin/makanan yang mengandung zat besi bersamaan dengan teh.

25# Daging Setengah Matang

Jangan coba-coba deh makan daging setengah matang.

Alasanya simpel..

Daging merupakan bahan hewani yang mengandung bakteri, parasit, protozoa, atau bahkan berbagai macam jenis cacing. Bahan makanan yang mengandung kuman tersebut apabila masuk ke tubuh ibu hamil dapat menyebabkan berbagai macam infeksi misalnya toxsoplasma.

Hal tersebut akan berdampak bagi kesehatan janin dan juga ibu. Jadi alangkah baiknya jika memasak daging hingga matang jangan setengah matang. Bukankah hal yang dilakukan secara setengah-setengah itu tidak baik.

Simak ya : Tips ampuh mengatasi sendawa, kembung, dan kentut
26# Kosmetik

Jangan sembarangan pakai kosmetik, karena janin anda bisa saja kena dampaknya.

Kendati jumlahnya sedikit, kosmetik banyak mengandung zat kimia berbahaya seperti merkuri. Hal tersebut akan berbahaya bagi janin, jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memilih kosmetik yang aman bagi janin.

27# Stoking

Pemakaian stoking pada kaki akan membuat peredaran darah jadi terhambat. Utamanya ibu hamil, harus benar-benar menjaga kelancaran peredaran darahnya. Salah satu caranya adalah dengan tidak memakai stoking.

28# Obat


Beberapa obat memiliki efek yang buruk terhadap janin. Karena itulah wanita hamil harus benar-benar memastikan keamanan obat yang mereka konsumsi.

Untuk mengetahui obat yang berbahaya pada janin atau tidak caranya mudah.

Ketika membeli suatu obat, lihatlah brosur obat tersebut. Cari apakah di bagian kontraindikasi obat tertera bahwa tidak boleh dikonsumsi wanita hamil/berbahaya bagi kandungan.

Jika tertera hal tersebut maka jangan konsumsi obatnya.

Carilah obat lain yang aman.

Namun terkadang obat yang aman bagi janin sekalipun dapat berdampak buruk pada janin. Itu karena masalah dosis obat yang berlebih.

29# Pil KB


Saat belum menyadari anda hamil, mungkin anda masih mengkonsumsi pil KB. Hal ini tak perlu dikhawatirkan, karena pil KB tak secara langsung menimbulkan efek buruk terhadap janin seperti kecacatan.

Lagipula, hormon-hormon dalam pil KB hampir sama dengan hormon alami tubuh. Tapi ada baiknya segera hentikan pemakaian pil KB apabila anda sudah mengetahui kalau sedang hamil.

30# Kafein


Boleh saja minum kopi saat hamil selama itu tak berlebihan. Kandungan kafein pada kopi tidak akan mempengaruhi janin jika sobat mengkonsumsinya dalam kadar yang wajar.

Kadar yang wajar itu seperti apa ?

Yah kalau sobat minum kopi sehari sekali itu normal, lain halnya jika sehari bisa sampai 4 kali minum kopi, maka hal ini bisa disebut kadar yang tidak wajar.

Tapi perlu diingat bahwa kafein merupakan zat yang dapat menstimulasi atau zat perangsang yang dapat meningkatkan produksi hormon stres di dalam tubuh.

Peningkatan ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke rahim dan mengurangi pasokan oksigen bagi janin. Jadi mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak tidak baik utuk anda dan janin anda.

Nah sudah saya jelaskan keseluruhan dari 30 hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil agar bayi lahir sehat dan bebas cacat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 30 Tips Hamil Sehat Agar Janin Lahir Tanpa Cacat