Tips Hamil Sehat : 25+ Pertanyaan Penting Bagi Ibu Hamil

Bicara soal kehamilan memang tidak ada habisnya untuk dibahas, seperti halnya kali ini yang membahas mengenai 25 pertanyaan penting bagi ibu hamil.

Biasanya para ibu hamil itu sering punya banyak pertanyaan tentang kehamilan yang dialaminya. Hal ini merupakan sikap kehati-hatian sekaligus sikap yang menunjukan rasa khawatir.

Dibawah ini saya merangkum 25 pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh ibu hamil beserta jawabannya langsung dari saudara Alena Mahardika yang merupakan penulis buku kesehatan terkemuka di indonesia.

Oke... 

Langsung saja...
Tips Hamil Sehat : 25+ Pertanyaan Penting Bagi Ibu Hamil
Image from www.tanyabidan.com
1# Bolehkan Ibu Hamil Ngemil Coklat ?

Ketika awal kehamilan biasanya ibu hamil suka sekali ngemil coklat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa mual dan muntah yang sering terjadi di masa awal kehamilan.

Tahukah sobat ?

Ternyata coklat itu juga mengandung kafein meskipun dalam jumlah yang sedikit. Konsumsi coklat selama kehamilan dapat membantu menciptakan perasaan tenang pada ibu hamil.

Meskipun coklat baik untuk ibu hamil, tetapi tetap saja tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya . Bagi ibu hamil yang mengalami kegemukan atau berat badan diatas normal maka sebaiknya jangan dulu memakan coklat.

Alasannya simpel...

Kandungan gula dan karbohidrat dalam coklat cukup tinggi, dan jika dikonsumsi oleh ibu hamil yang punya berat badan berlebih maka dikhawatirkan akan mengakibatkan penumpukan gula dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan obesitas hingga timbulnya penyakit diabetes melitus.
Simak : Kiat hamil sehat bagi wanita gemuk
2# Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Pedas ?

Makanan dengan banyak bumbu seperti cabai dan merica terkadang dapat menyebabkan diare jika dikonsumsi. Bagi ibu hamil kondisi diare memang tidak berbahaya bagi janin, namun yang berbahaya adalah kondisi yang diakibatkan diare tersebut yaitu dehidrasi (kekurangan cairan).

Dehidrasi amat berisiko jika dialami oleh ibu hamil. Karena itu jika ibu hamil mengalami diare maka sebaiknya segera minum cairan pengganti elektrolit seperti oralit yang bisa sobat dapatkan di apotik terdekat.

Jika takut akan terjadi diare hingga dehidrasi maka sebaiknya hindari deh makan makanan pedas. 

3# Seberapa Banyak Ibu Hamil Boleh Minum Kopi, Teh, dan Minuman Bersoda ?

Kopi, teh, dan minuman bersoda merupakan minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat wanita hamil sering buang air kecil, belum lagi kafein ini mampu menembus lapisan plasenta dan mencapai janin, tentunya jika ini terjadi sangatlah berbahaya.

Untuk batas maksimal kafein yang boleh dikonsumsi ibu hamil dalam sehari adalah 400 mg per harinya.

Di tiap satu sendok kopi itu mengandung sekitar 100 mg kafein, artinya dalam sehari ibu hamil hanya diperbolehkan meminum kopi dengan takaran maksimal 3 sendok (300 mg). 

Sedangkan untuk teh berlaku 2 kali lipat dari kopi yaitu dalam sehari boleh meminum sekitar 6 sendok (300 mg), ini karena kandungan kafein dalam teh lebih sedikit dibandingkan pada kopi.

Lalu bagaimana dengan minuman bersoda ?

Minuman bersoda mempunyai kandungan kalori dan fruktosa yang sangat tinggi. Fruktosa merupakan pemanis sintetik yang punya kandungan kalori sangat tinggi.

Jika kita terus meminum minuman bersoda, maka dikhawatirkan kadar gula dalam tubuh kita meningkat secara drastis karena penumpukan gula dan kalori yang dihasilkan minuman ini. 

Risiko yang bisa timbul adalah diabetes melitus selain itu janin juga bisa mengalami kelebihan berat badan.

4# Sauna Bagi Ibu Hamil Aman Tidak ?

Sebaiknya ibu hamil tidak melakukan sauna... 

Kenapa ?

Dengan sauna atau mandi uap maka suhu tubuh akan meningkat dan peningkatan ini bisa mencapai suatu kondisi yang abnormal yang dinamakan Hipertermia. 

Kondisi ini dapat menyebabkan kecacatan pada janin terutama jika sauna dilakukan pada trimester pertama kehamilan.

Nah sekarang jawabannya sudah jelas bahwa kegiatan sauna selama kehamilan merupakan kegiatan yang membahayakan janin. Karena itulah sebaiknya hindari bersauna ketika sobat sedang hamil.

5# Bolehkah Ibu Hamil Menggendong Anak Balita ?

Ini merupakan bagian dari pengalaman saya..

Suatu waktu saya pernah melihat bibi saya yang sedang hamil tua menggendong anaknya yang berumur 3 tahun. Saya berfikir apakah hal seperti itu tidak membahayakan janin yang tengah dikandungnya ?

Setelah saya searching kesana kemari akhirnya saya menemukan jawabannya. Ternyata kegiatan menggendong balita (umur 1-3 tahun) itu tidak dianjurkan bagi ibu hamil. 

Hal itu karena beban maksimal yang boleh dibawa ibu hamil hanyalah sekitar 12,5 kg. Jika lebih dari itu maka tidak diperbolehkan karena dapat mengganggu perkembangan janin yang dikandung.

6# Bagaimana Posisi Tidur yang Aman Bagi Ibu Hamil ?

Posisi tidur yang aman dan baik untuk ibu hamil adalah miring ke kiri atau ke kanan, karena posisi tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Lalu bagaimana dengan tidur telungkup atau terlentang ?

Tidur telungkup ini mungkin masih bisa dilakukan ketika usia kehamilan masih muda karena ukuran perut belum membesar. 

Namun sebaiknya hindari posisi tidur telungkup karena posisi ini memungkinkan janin di dalam perut akan tertekan dan itu bisa menghambat peredaran darah dari ibu ke janin.

Tidur dengan posisi terlentang juga tidak dianjurkan bagi ibu hamil terutama jika kehamilan sudah memasuki usia lebih dari 6 bulan. Sebab, rahim akan menekan pembuluh vena dan aorta di tulang belakang yang tentunya menghambat aliran darah dari ibu ke janin.

7# Vaksinasi Bagi Ibu Hamil Pentingkah ?

Vaksinasi adalah hal wajib bagi ibu hamil, karena dengan vaksinasi ini janin yang dikandung akan mempunyai kekebalan tubuh yang baik serta mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Contohnya yaitu imunisasi toxoid yang bermanfaat mencegah terjadinya infeksi kuman tetanus pada bayi dan juga imunisasi hepatitis yang bisa mencegah bagi terkena penyakit kuning.

Namun... 

Ternyata tidak semua vaksinasi aman bagi ibu hamil. Ada beberapa vaksinasi yang sebaiknya dihindari ibu hamil seperti imunisasi gondok, rubella, campak, dan cacar air. 

8# Susah Tidur Lalu Minum Obat Tidur, Bolehkah ?

Keadaan susah tidur sering kali dialami oleh ibu hamil. Umumnya ibu hamil akan susah tidur di malam hari tetapi mengantuk dan tertidur di siang hari. Keadaan seperti ini merupakan hal normal yang dialami setiap wanita hamil. 

Namun mengatasi masalah ini dengan meminum obat tidur bukanlah sesuatu yang bijak. Kandungan zat kimia dalam obat tidur amatlah berbahaya bagi janin, karena itu sebaiknya hindari pemakaian obat tidur selama kehamilan.

Umumnya kondisi susah tidur yang dialami ibu hamil disebabkan oleh kecemasan yang berlebih karena memang kondisi emosional saat hamil sangatlah sensitif, selain itu keaktifan janin terkadang juga membuat ibu hamil jadi susah tidur.

9# Bolehkah Ibu Hamil Berlama Lama di Depan Komputer ?

Boleh-boleh saja...

Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan jika sobat mau berlama-lama di depan komputer.

Pertama adalah posisi duduk. Usahakan duduk dengan posisi yang benar tidak terlalu membungkuk atau terlalu tegak atau mungkin sedikit menyamping.

Kedua usahakan aktif meregangkan badan. Saat berlama-lama duduk di depan komputer tak terasa aliran darah kita akan semakin melambat.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan meregangkan otot, caranya sobat tinggal berdiri sebentar untuk menggerakan badan kemudian melanjutkan kembali kegiatan sobat di depan komputer. 

Bagaimana dengan radiasi dari komputer ?

Radiasi dari monitor komputer sebenarnya sangatlah sedikit dan itupun tidak membahayakan bagi janin di dalam kandungan. 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam hal ini yang di permasalahkan bukanlah radiasi dari komputer melainkan posisi duduknya.

10# Konsumsi Obat Saat Hamil Aman Tidak ?

Konsumsi obat selama hamil sebenarnya tidak dilarang namun harus memperhatikan beberapa hal penting seperti dosis, tingkat keparahan penyakit, dan farmakologi obat.

Daripada bingung lebih baik langsung saja lihat artikel saya sebelumnya yang membahas spesifik mengenai konsumsi obat saat hamil yang aman dan tidak membahayakan janin.

Yang jelas Jika ibu hamil ingin mengkonsumsi obat sebaiknya pertimbangkan dahulu manfaat dan risikonya, jika ragu maka segera konsultasikan dengan dokter agar diberi obat yang aman bagi janin.

11# Minum Susu Khusus Ibu Hamil, Perlukah ?

Kalau dibilang perlu, memang susu khusus ini perlu, karena kandungan di dalamnya cukup lengkap seperti adanya penambahan vitamin dan mineral yang bagus untuk perkembangan janin.

Namun...

Perlu diketahui bahwa tidak semua ibu hamil akan nyaman atau cocok meminum susu khusus ini. Banyak wanita hamil justru mengalami mual muntah hingga diare karena meminum susu khusus ibu hamil.

Daripada mengalami hal seperti itu lebih baik langsung saja cari sumber makanan yang mengandung mineral dan vitamin yang tinggi seperti buah dan sayur. 

Jika tidak suka meminum susu maka solusinya bisa dengan mengkonsumsi olahan susu seperti keju, mentega, es krim, dan banyak lagi. 

12# Makan Kerang Saat Hamil ?

Kerang mempunyai kandungan protein tinggi serta kaya dengan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak. Namun bagi ibu hamil sebaiknya pandai-pandai memilih kerang yang ingin di konsumsinya.

Soalnya tuh...

Kerang sering kali tercemar oleh logam berat seperti merkuri yang dihasilkan dari limbah pabrik yang banyak dibuang di perairan. Logam berat ini jika ikut dikonsumsi ibu hamil maka bisa menyebabkan kecacatan pada janin atau munculnya penyakit autis. 

Masalahnya sekarang adalah belum adanya cara khusus untuk membedakan kerang yang tercemar logam berat dengan kerang yang belum tercemar.

Jadi sebaiknya sobat yang sedang hamil hindari dulu ya makan kerangnya. Jangan ambil risiko jika nyawa janin di kandungan sobat jadi taruhannya. 
Simak : Daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil
13# Makan Daging Bagi Ibu Hamil, Amankah ?

Seperti halnya memakan kerang, makan daging pun juga harus pilih-pilih dahulu. Sebab daging hewan seperti daging sapi itu rawan sekali terkontaminasi dengan parasit, cacing, ataupun bakteri. 

Sebelum membelinya sobat harus memastikan keamanan dan kebersihan daging dengan cara...

Perhatikan Warnanya

Daging yang sehat dapat diketuhi dari warna daging tersebut, daging yang sehat memiliki warna merah segar tidak pucat dan kotor.

Tekstur Daging

Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit dagingnya, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Hal ini berbeda dari daging yang busuk dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan.

Aroma Daging

Daging yang sehat memiliki aroma yang segar dan bau khas. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

14# Yoga Saat Hamil Aman atau Tidak ?

Yoga dapat dilakukan sepanjang kehamilan dan itu artinya aktifitas yoga aman dilakukan oleh ibu hamil. Ketika melakukan yoga sebaiknya hindari gerakan-gerakan yang menekan perut seperti gerakan menekuk tubuh kebelakang ataupun membungkuk ke depan.

Selain itu tidak dianjurkan untuk melakukan gerakan dimana posisi kaki diatas dan kepala dibawah, karena akan menganggu sirkulasi darah sehingga aliran darah ke janin akan berkurang. 

Lagipula kan sekarang sudah ada yoga khusus untuk ibu hamil, Jadi sobat gak perlu takut melakukan aktifitas ini. 

15# Renang Merupakan Olahraga yang Paling Aman Bagi Ibu Hamil ?

Jika dibandingkan dengan olahraga lain maka renang termasuk sebagai olahraga yang paling aman bagi wanita hamil. Ini karena renang dapat memperkuat otot-otot tubuh secara merata tanpa menimbulkan risiko trauma pada persendian dan otot.

Renang selama kehamilan juga tidak akan menyebabkan keguguran atupun infeksi jalan lahir. Namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti...

Kebersihan kolam renang

Kolam renang yang kotor akan menyebarkan berbagai macam kuman dan ini tentunya bisa mengganggu kesehatan ibu maupun janin yang dikandung. 

Alangkah baiknya jika sobat renang di kolam renang milik pribadi yang biasanya terjaga kebersihannya, lain  halnya dengan kolam renang di tempat-tempat umum yang seringkali kotor dan berbau tidak enak.

Jangan berenang di kolam renang dengan banyak zat kimia 

Kolam renang umum biasanya memakai banyak sekali tawas untuk menjernihkan air, hal ini bisa dilihat dari bau airnya yang menyengat dan warnanya yang terlalu putih. Kolam renang sehat biasanya airnya berwarna jernih dan tidak berbau menyengat. 

Jangan berenang jika punya riwayat keguguran

Meskipun renang merupakan olahraga yang aman bagi ibu hamil, namun jika ibu hamil punya riwayat keguguran kegiatan renang tentunya menjadi tidak aman. Wanita yang pernah keguguran lebih dari 3 kali sebaiknya hindari berenang saat hamil. 
Simak : Suami, jangan lakukan hal ini saat istri hamil
16# Amankah Ibu Hamil Mengecat Rambutnya ?

Ada yang bilang kalau zat kimia dalam cat rambut bisa menembus kulit kepala dan masuk ke dalam sirkulasi darah janin. Namun hal ini masih kontroversial karena sampai detik ini belum ada penelitian pasti tentang hal itu.

Tapi bagi sobat yang mau mengecat rambut sebaiknya waspada. Pilih produk cat rambut yang aman yang mempunyai registrasi resmi BPOM akan membantu mengurangi risiko terburuk.

17# Benarkah Ibu Hamil Tak Boleh Menyusui ?

Enggak kok..

Hal ini diperbolehkan baik secara medis maupun agama, dalam medis kegiatan menyusui saat hamil dikenal sebagai Tandem nursing sedangkan dalam agama islam disebut dengan Al Ghiilah.

Meskipun diperbolehkan tetap ada rambu-rambu yang harus ditaati ibu hamil yang menyusui, seperti..

  1. Jika saat menyusui lalu pada bagian rahim terasa nyeri maka sebaiknya hentikan karena itu merupakan tanda bahwa akan terjadi kontraksi pada kandungan dan ini sangat berbahaya.
  2. Tetap rileks saat menyusui serta maksimalkan nutrisi seperti makanan bergizi dan juga suplemen.

Nah itu saja tips buat ibu hamil yang sedang menyusui.

18# Apakah Hubungan Intim Saat Hamil Itu Sangat Berisiko ?

Berhubungan intim ketika hamil akan menjadi berisiko apabila dilakukan pada trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan kondisi janin belum terbentuk sempurna.

Untuk melakukan kegiatan setersebut selama masa kehamilan sobat harus memperhatikan beberapa hal seperti...

  1. Jangan lakukan hubungan di trimester pertama kehamilan
  2. Gunakan posisi yang aman bagi ibu hamil
  3. Lakukanlah dengan lebih lembut dan pelan
  4. Jangan lakukan jika punya riwayat keguguran
  5. Hati-hati dengan air ketuban

Nah..

Jika sobat memperhatikan hal-hal diatas maka kegiatan senggama saat hamil akan menjadi menyenangkan tanpa khawatir adanya risiko buruk yang akan menimpa.

19# Apa Benar Ibu Hamil Tidak Boleh Naik Pesawat dan Mengendarai Mobil ?

Ibu hamil yang ingin berpergian jauh tentunya akan lebih suka naik pesawat di banding menempuh perjalanan darat ataupun laut.

Namun...

Untuk bepergian memakai pesawat terbang, ibu hamil harus senantiasa waspada jika nantinya terjadi sesuatu dengan kandungan di dalam pesawat. Tentunya tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi.

Boleh atau tidaknya ibu hamil naik pesawat sebenarnya tergantung pada kondisi kehamilannya. Kehamilan yang baru memasuki trimester pertama sebaiknya menghindari bepergian dengan pesawat.

Karena biasanya pada trimester pertama masih sering terjadi morning sicknes atau mual muntah kehamilan.

Waktu yang tepat adalah ketika kehamilan memasuki trimester kedua. Dalam masa ini ibu hamil diperbolehkan bepergian dengan pesawat kecuali ibu hamil yang punya riwayat keguguran.

Lain halnya dengan bepergian memakai mobil...

Bagi ibu hamil melakukan perjalanan menggunakan mobil merupakan sesuatu yang aman dan umum dilakukan. 

Namun tetap ada hal yang harus diperhatikan seperti..

  1. Harus tetap memakai sabuk pengaman
  2. Hindari melewati jalan yang rusak yang bisa menimbulkan goncangan pada mobil
  3. Pertimbangkan pula lama waktu dan jarak tempuh

Nah..

Sekarang terjawab sudah pertanyaan diatas bahwa ternyata ibu hamil diperbolehkan bepergian dengan pesawat terbang ataupun mobil dengan beberapa syarat seperti yang telah diuraikan diatas.

20# Puasa Bagi Ibu Hamil ?

Jawabannya tergantung dari kondisi kesehatan ibu hamil itu sendiri. Jika ibu hamil kondisi dirinya serta janin yang dikandungnya dalam keadaan sehat tanpa adanya gangguan maka diperbolehkan untuk berpuasa.

Gangguan yang dimaksud seperti...

  1. Pernah mengalami pendarahan selama kehamilan
  2. Dehidrasi atau kekurangan cairan akibat sering mual dan muntah
  3. Gangguan sistem pencernaan seperti diare dan mag

Adapun beberapa kelompok wanita hamil yang sebaiknya tidak berpuasa, yaitu ibu hamil dengan diabetes mellitus atau ibu hamil dengan hipertensi (darah tinggi). 

Dalam islam sendiri telah disebutkan bahwa ada beberapa golongan yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa yaitu ibu hamil dan ibu menyusui. 

Kesimpulannya...

Sebelum sobat memutuskan untuk berpuasa sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan ataupun bidan kesayangan sobat, hal ini sangat diperlukan guna memastikan kondisi kesehatan janin dan ibu.

21# Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Hamil ?

Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan saat hamil, baik itu soal makanan maupun kebiasaan.

TanyaApoteker.com telah merangkum setidaknya ada 30 hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil seperti...

  1. Merokok Atau Perokok Aktif
  2. Memakai Sepatu Hak Tinggi
  3. Naik Pesawat Terbang
  4. Minum Air Es
  5. Mengemudi Mobil
  6. Banyak Berjalan
  7. Olahraga
  8. Kontak Dengan Cat
  9. Menungging Agar Janin Tidak Sungsang
  10. Dipijat
  11. Pemakaian Obat Nyamuk

.... Dan masih banyak lagi.

22# Diet Ketika Hamil Boleh Tidak ?

Diet tidak baik bagi kondisi ibu dan bayi karena bisa menimbulkan kekurangan vitamin, mineral, ataupun nutrisi penting lainnya. Diet hanya boleh dilakukan atas persetujuan dokter.

Memang sih...

Beberapa ibu hamil justru dianjurkan untuk diet bahan makanan tertentu. Tujuannya tentu saja bukan menurunkan berat badan, tapi agar berat badan ibu tidak bertambah secara berlebihan selama kehamilan.

23# Kosmetik yang Membahayakan Janin Jika Dipakai Ibu Hamil ?

Ada beberapa bahan kosmetik yang diduga bisa mengganggu perkembangan janin. Bagi sobat yang mau tampil cantik selama kehamilan tanpa harus mengganggu kesehatan dan perkembangan janin sebaiknya lebih selektif dalam memilih produk kecantikan.

Sebaiknya hindari beberapa kosmetik yang mengandung bahan seperti di bawah ini...

Salicyd Acid

Dikenal juga dengan nama asam salisilat yang merupakan bahan kimia yang mempunyai sifat antifungi yang cukup kuat. Bahan ini sering ditemukan dalam produk yang digunakan untuk mengobati jerawat. 

Bahan ini sering menimbulkan komplikasi pada kehamilan seperti halnya aspirin yang merupakan bagian dari keluarga asam salisilat.

Retinol A

Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A yang sering digunakan untuk pengobatan jerawat dan mencegah penuaan dini. Dosis tinggi retinol A diketahui dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin.

Paraben

Paraben merupakan bahan pengawet yang umum digunakan dalam banyak produk kecantikan. Penelitian klinis telah membuktikan bahwa ada kaitan antara efek buruk paraben terhadap sistem reproduksi bayi laki-laki.

Acutane 

Merupakan bahan kosmetik yang sangat berbahaya dan bahan ini sering dipakai pada obat jerawat yang diminum. Selama kehamilan sebaiknya hindari bahan ini karena terbukti dapat membuat bayi cacat lahir hingga keguguran.

Nah...

Itulah beberapa bahan kosmetik yang sebaiknya sobat jauhi karena berbahaya bagi perkembangan  janin. 

Saran dari saya adalah tetap selektif dalam memilih produk kecantikan yang sobat gunakan selama masa kehamilan, karena meskipun produk tersebut tidak kontak langsung ke cairan tubuh tetap saja bahan berbahayanya bisa menyerap ke dalam kulit dan akhirnya membahayakan janin.
Simak : Berbagai keluhan ibu hamil dan solusinya 
24# Seberapa Bahayakah Asap Rokok Bagi Ibu Hamil ?

Banyak ibu hamil yang tidak merokok tetapi justru ikut terkena dampaknya akibat sering menghirup asap rokok. Biasanya wanita hamil terpapar asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok aktif baik itu suaminya, rekannya, atau lingkungan sekitarnya.

Asap rokok mengandung berbagai racun yang bisa meracuni janin di dalam kandungan. Di dalam asap rokok terdapat beberapa zat racun seperti...

Nikotin 

Nikotin merupakan salah satu jenis zat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah. Nikotin juga turut berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke.

Karbon Monoksida 

Ini merupakan gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah dalam menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh selain itu menghirup gas ini dalam dosis besar juga bisa mengakibatkan kematian.

Tar

Tar merupakan inang dari beberapa zat kimia dalam rokok, di dalam tar ini terkandung tidak kurang dari 43 bahan kimia yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kanker.

Dalam study kasus yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research di Washington DC menuturkan bahwa senyawa kimia rokok yang masuk ke dalam janin dapat mengakibatkan kerusakan genetik dan memicu munculnya berbagai penyakit seperti kanker dan leukimia.

Selain bisa menyebabkan kanker, ibu hamil yang terpapar asap rokok juga bisa timbul masalah lain seperti..

  1. Menyebabkan kematian dini pada bayi
  2. Menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah
  3. Meningkatkan risiko bayi terkena berbagai penyakit seperti bronkitis, pneumonia, dan asma
  4. Memperlambat pertumbuhan paru-paru bayi
  5. Mengganggu pertumbuhan otak janin
  6. Meningkatkan risiko bayi lahir cacat
  7. Meningkatkan risiko bayi menderita penyakit jantung bawaan

Untuk mencegah hal tersebut terjadi sebaiknya ibu hamil senantiasa menjauhi para perokok aktif. 

Jangan biarkan mereka merokok di dekat anda, atau beri pengertian pada mereka bahwa asap rokok bisa membahayakan orang lain disekitarnya.

25# Adakah Mitos-Mitos Seputar Kehamilan ?

Tentu saja ada...

TanyaApoteker.com merangkum setidaknya ada 9 mitos kehamilan yang masih saja dipercaya hingga sekarang.

Penasaran seperti apa ke-9 mitos kehamilan tersebut...

Langsung saja dibawah ini saya berikan daftar ke 9 mitos tersebut.

Ini dia mitosnya...

  1. Jangan Beritahu Ke Orang Lain Kalau Kehamilan Belum Mencapai 3 Bulan
  2. Makanan Bisa Menentukan Warna Kulit Janin
  3. Posisi Tidur Menentukan Metode Persalinan
  4. Makan Yang Pedas Biar Bayi Cepat Lahir
  5. Mengangkat Tangan Di Atas Kepala Bikin Janin Terlilit Tali Pusar
  6. Saat Hamil Harus Makan Dengan Porsi Untuk 2 Orang
  7. Jenis Kelamin Janin Dapat Ditentukan Dari Bentuk Perut Ibu
  8. Nyidam Tak Diturutin Bikin Bayi Ngiler
  9. Ibu Hamil Tidak Boleh Olahraga Perut Selama Kehamilan

Sekarang semuanya sudah dibahas tuntas. Di akhir artikel ini saya ingin mengajak sobat pembaca artikel ini untuk menyebarkan artikel ini ... 
Simak : Tujuh nutrisi penting bagi ibu hamil
Caranya mudah tinggal klik tombol share dan like di bawah. Oke, sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Subscribe to receive free email updates: