13 Tips Mengatasi Bau Mulut dari Ahli Kesehatan Gigi

Bau mulut sekarang ini bukan lagi persoalan sepele melainkan merupakan persoalan besar yang menuntut untuk segera dituntaskan. 

Mungkin banyak sekali sobat di luar sana yang sedang mengalami permasalahan bau mulut, seperti halnya sobat yang membaca artikel ini. 

Sobat Tau Tidak Alasan Saya Membuat Artikel Ini ?

Gini nih ceritanya... 

Ada salah seorang teman saya yang bertanya pada saya dan meminta saran atau tips untuk mengatasi bau mulut yang sedang ia alami. 

Teman saya ini mengaku malu sekali karena orang yang menyinggung bau mulutnya yang tidak enak itu tidak lain adalah pacarnya sendiri.

Wahhhh ngeri tuhhh... 

Akhirnya setelah saya mendengarkan curhatan dia saya pun memberikan saran setahu saya mengenai kiat kiat agar tidak timbul bau mulut yang tidak enak.

Karena saya sendiri merasa belum tahu banyak tentang cara mengatasi bau mulut yang benar dan tepat. Akhirnya saya memutuskan menggali informasi sebanyak banyaknya dan informasi tersebut akan saya tuangkan di artikel ini.

Bau Mulut Bikin Saya Malu ?

Rasa malu terkadang sering menghampiri ketika masalah bau mulut ini datang atau bahkan telah diketahui orang lain. 

Bukan hanya itu.

Rasa percaya diri terkadang juga berkurang akibat permasalahan ini. Dampak psikologis seperti stres juga bisa muncul jika masalah bau mulut tidak kunjung terselesaikan atau tidak kunjung menemukan solusi yang tepat.

Yang ditakutkan adalah ketika muncul rasa minder dan kemudian membatasi komunikasi dengan sesama. Hal ini tentunya sangat tidak bagus bagi lingkungan sosial penderita.

Cari Tahu Dulu Apa Penyebabnya ?
13 Tips Simpel Mengatasi Bau Mulut dari Ahli Kesehatan Gigi
Image via life.viva.co.id
Bau mulut yang tidak enak itu pasti ada penyebabnya.

Nah tugas anda adalah mencari tahu apa penyebabnya dengan cara menganalisa sesuatu yang sebelumnya anda lakukan baik itu persoalan makanan ataupun kebiasaan untuk menjaga kebersihan mulut yang kurang. 

Karena permasalahannya anda yang mengalami maka dari itu anda perlu mendiagnosa diri sendiri untuk menentukan apa penyebab bau mulut yang sedang dialami.

Kenapa ini perlu ?

Dengan mengetahui atau paling tidak memprediksi apa penyebabnya maka kita akan lebih mudah dalam melakukan pengobatan ataupun pencegahan.
Simak ya : Saya sembuh dari DBD setelah seminggu terkapar di Rumah Sakit
Di luar sana banyak kasus dimana bau mulut tidak kunjung bisa diatasi meskipun sudah melakukan berbagai tips dan kiat dalam mengatasinya, namun tetap saja hasilnya nihil.

Itu terjadi karena anda tidak tahu pasti apa penyebabnya sehingga tidak bisa memberikan pengobatan yang sesuai dan tepat.

Di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin menjadi salah satu penyebab munculnya bau mulut yang tidak enak :

Makanan & Minuman

Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang ternyata bisa menyebabkan bau mulut tidak enak seperti :

  • Pete
  • Jengkol
  • Nangka
  • Durian
  • Cempedak
  • Alkohol
  • Bawang-Bawangan

Makanan dan minuman diatas merupakan contoh kecil, itu artinya masih banyak makanan dan minuman yang lain yang juga bisa menyebabkan bau mulut tidak enak.

Penyakit

Beberapa penyakit dan kelainan pada tubuh juga bisa menjadi penyebab anda mengalami bau mulut. Penderita kencing manis misalnya yang mengeluarkan gas aseton melalui mulut dan pernafasannya, gas ini timbul akibat penumpukan gula dalam tubuh dan sudah pasti bau gas aseton ini sangat mengganggu.

Selain itu infeksi pada saluran pernafasan juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Juga demam atau panas dalam yang akan menurunkan produksi air liur akibat suhu tubuh yang tinggi.

Kawat Gigi & Gigi Palsu

Apa sobat tau ternyata kawat gigi juga bisa memicu munculnya bau tidak sedap dalam mulut.

Kawat gigi yang difungsikan untuk membantu merapihkan susunan gigi juga bisa berubah fungsi menjadi perangkap bagi sisa makanan di dalam mulut.

Selain kawat gigi, ternyata gigi palsu juga malah akan memperburuk kondisi bau mulut yang tidak sedap. Gigi palsu ini berasal dari bahan acrylic yang sangat mudah menyerap bau. 

Nah akan gawat ketika kita makan dan bau makanan tersebut akan terserap ke dalam bahan tersebut, akibatnya tentu saja bau tidak sedap yang terus menerus ada meskipun rajin menggosok gigi.

Obat Tertentu

Sobat pasti pernah ketika meminum obat kemudian nafas atau sendawa menjadi berbau seperti obat yang diminum tadi. 

Ini juga berlaku pada beberapa obat berikut :

  • Hipertensi
  • Anti Depresi
  • Antihistamin

Ketiga jenis obat tersebut merupakan yang paling dominan menyebabkan bau mulut tidak enak.

Gigi Berlubang

Awal terbentuknya gigi berlubang ialah dari bakteri yang berkumpul hingga membentuk plak. Plak ini kemudian akan terus menerus menggerogoti lapisan gigi, kemudian terbentuklah lubang lubang kecil yang dikenal sebagai gigi berlubang.

Gigi berlubang ini sering menjadi sarang bagi sisa sisa makanan, akibatnya tentu timbul bau yang tidak sedap akibat penumpukan sisa makanan yang sulit untuk dibersihkan.

Bakteri 

Mulut merupakan tempat singgah bagi ratusan bakteri. Di dalam mulut hidup lebih dari tiga ratus jenis bakteri baik maupun jahat, namun kenyataannya bakteri jahatlah yang mendominasi para bakteri di mulut.

Biasanya bakteri bakteri ini berkumpul di permukaan lidah maupun di sela-sela gigi. Karena itulah penting sekali untuk rajin membersihkan gigi dan juga permukaan lidah.

Sisa Makanan 

Sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi sangat potensial menyebabkan bau mulut yang tidak enak. Jadi sebisa mungkin selalu bersihkan gigi ketika selesai makan baik dengan cara menyikatnya ataupun berkumur.

Infeksi

Dr. Thamrin yang merupakan dokter di RS khusus THT mengungkapkan bahwa banyak sekali kasus pasien yang mengeluhkan bau mulut.

Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata hampir sebagian dari mereka menderita infeksi di saluran pernafasan yaitu paru-paru, bronchus, tenggorokan, hidung dan mulut.

Dari kasus-kasus itulah kemudian ia menyimpulkan bahwa salah satu penyebab bau mulut adalah infeksi di sekitar saluran pernafasan. 

Kebiasaan Merokok dan Pecandu Alkohol

Nafas perokok dan pecandu alkohol biasanya menimbulkan bau yang tidak sedap. Ini karena aroma rokok yang sangat pekat di area mulut, paru-paru, dan tenggorokan para perokok.

Sedangkan bau tidak enak dari pecandu alkohol biasanya disebabkan oleh fungsi liver yang terganggu.

Jangan Malas Membersihkan Mulut ?

Mulut merupakan suatu tempat yang sangat disukai oleh bakteri. 

Apabila tidak dibersihkan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip bersama bakteri akan tetap berada di mulut dan terus bertambah banyak dan akhirnya menumpuk membentuk sebuah koloni yang disebut plak.

Plak yang merupakan kumpulan bakteri ini bisa memproduksi asam. Jika tak segera di singkirkan maka asam ini bisa menghancurkan lapisan email gigi dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang.
Simak ya : Nyeri dan sakit perut mendadak, inilah penyebabnya ?
13 Tips Simpel Menghilangkan Bau Mulut
13 Tips Mengatasi Bau Mulut dari Ahli Kesehatan Gigi
Image from merdeka.com
Dibawah ini saya sajikan 13 tips simpel mengatasi bau mulut yang di ungkapkan langsung oleh Drg. Harum Sasanti :

Silahkan di simak...

1# Gosok Gigi Yang Benar

Menggosok gigi apabila dilakukan dengan benar maka dapat memusnahkan bakteri yang menumpuk di dalam mulut dan sela sela gigi.

Masalahnya adalah tau tidak sobat bagaimana cara menyikat gigi yang benar ?

Saya yakin kebanyakan dari sobat ketika menyikat gigi itu asal-asalan, pokoknya gosok gigi kekanan kekiri selesai, gitu ajah.
Simak ya : Cara menggosok gigi yang benar menurut DokterSehat.com
2# Sikat Permukaan Lidah

Bakteri suka sekali menghuni permukaan lidah, karena itu sobat harus membersihkannya.

Untuk membersihkan lidah juga tak cukup jika hanya dengan sikat gigi. Di bawah ini ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk membersihkan lidah :

  • Gunk Plough 
  • Bendy Strip
  • Sendok

Penting diketahui bahwa bagi orang yang tidak biasa membersihkan lidah biasanya akan merasa mual hingga muntah apabila lidahnya disikat atau dikerok.

3# Kumur dan Cuci Mulut

Perlu diketahui bahwa apapun yang sobat makan apabila sobat tidak langsung menggosok gigi, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur.

Berkumur dapat membuang sisa makanan yang masih terselip di mulut dan juga dapat melarutkan asam yang terbentuk oleh partikel-partikel makanan, karena itulah berkumur sangat penting dilakukan jika kita tidak sempat untuk menggosok gigi.

4# Sikat Gusi Anda

Bukan hanya gigi yang perlu disikat tetapi juga gusi. Namun dalam menyikat gusi haruslah dilakukan secara lembut dan perlahan, jika dilakukan terlalu keras maka bisa membuat gusi berdarah ataupun luka.

5# Hindari Makanan Lengket

Makanan lengket akan mempercepat proses pelapukan gigi, karena itu sebaiknya kurangi makan makanan yang bersifat lengket seperti biskuit, roti, es krim, sereal, permen, dan lain lain.

Kalau susah buat menghindari makanan lengket maka solusi yang bisa diambil adalah dengan menggosok gigi seusai makan makanan tersebut. 

6# Kumur dengan Larutan Garam

Larutan garam berguna untuk menjaga keasaman mulut sehingga pertumbuhan bakteri bisa terhambat. Mulut yang semula asam akan dapat menjadi basa apabila sobat berkumur dengan larutan garam.

Gimana caranya ?

Mudah saja...

Caranya ambil segelas air hangat kemudian tambahkan satu sendok garam, aduk kemudian pakai larutan ini untuk berkumur. Lakukan ini setiap kali selesai menggosok gigi.

7# Makan Sayur dan Buah

Utamakan untuk memakan sayur dan buah buahan, karena sayur dan buah bisa membantu menetralisir bau tidak sedap di dalam mulut. 

Buah yang bagus untuk mengatasi bau nafas yang tidak enak salah satu contohnya adalah apel.

8# Minum yang Ideal

Kondisi mulut yang kering ternyata juga bisa menyebabkan bau mulut tidak enak. Karena itulah sobat harus selalu menjaga asupan air yang diminum. 

9# Periksa Ke Dokter Gigi 

Jika cara-cara diatas tidak kunjung menghilangkan bau mulut, kemungkinan yang terjadi adalah penumpukan plak yang terlalu banyak sehingga sulit untuk dibersihkan.

Kalau sudah begini maka jangan ragu lagi untuk pergi ke dokter gigi. Mungkin sobat berfikir bahwa ke dokter gigi itu mahal biayanya. Memang sih mahal, tapi mau gimana lagi kan itu semua untuk kebaikan sobat.

10# Hindari Bawang

Bawang mempunyai bau khas yang cukup pekat, ini karena bawang terus bersirkulasi selama 24 jam di dalam tubuh. 

Bau bawang yang khas akan sulit untuk dihilangkan, karena itu tak jarang setelah kita memakan bawang maka timbul bau mulut yang tidak sedap.

11# Bersihkan Plak di Mulut Anda

Mulut sobat adalah surga bagi plak. Dengan menyikat gigi tiga sampai lima kali sehari atau setidaknya setelah sarapan dan sebelum tidur akan membantu gusi sobat tetap merah mempesona dengan nafas yang segar.

12# Ramuan Alami Bau Mulut

Ini adalah tips yang menurut saya sangat bagus untuk diterapkan di samping sobat juga selalu menjaga kebersihan mulut.

Untuk bau mulut sendiri ternyata bisa diatasi dengan ramuan dan bahan-bahan herbal yang tentunya aman dan terjangkau. Dari pada pergi ke dokter gigi, lebih baik pakai cara ini aja :

Cari terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini.

  • Temulawak
  • Kunyit
  • Asam jawa

Kemudian ambil ketiga bahan tersebut secukupnya, kupas hingga bersih lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. 

Nah minum ramuan ini setiap hari atau tiga hari sekali.

Bukan hanya itu.

Biar hasilnya maksimal sebaiknya sobat juga berkumur dengan air rebusan daun sirih. Sifat antiseptik pada daun sirih akan membantu membasmi bakteri jahat di mulut serta menyegarkan nafas.

13# Jauhi Rokok dan Alkohol

Rokok merupakan racun.

Maka dari itu sebaiknya sobat hindari kebiasaan merokok karena hal ini juga turut menyebabkan bau mulut yang mengganggu. Bau mulut sendiri merupakan dampak kecil dari kebiasaan merokok serta minum minuman beralkohol.

Nah itu saja tips yang bisa saya bagikan untuk sobat yang sedang mengalami masalah bau mulut. 

Nantinya artikel ini akan saya update lagi tentunya dengan penambahan tips lain yang bisa membantu mengatasi masalah bau mulut.

Jika sobat ingin menambahkan tips atau saran untuk mengatasi bau mulut, maka silahkan tulis di kolom komentar.


Subscribe to receive free email updates: