Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah dengan 4 Tips Ampuh

Judul diatas memang menggelitik bagi kalangan awam, utamanya mereka yang tak mengenal apa itu penyakit kaki gajah. 

Penyakit kaki gajah atau istilah medisnya Filariasis merupakan penyakit menular yang menyerang saluran dan kelenjar limfe. 

Penyakit ini disebabkan oleh cacing Filariasis yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi cacing ini.

Gejala yang  terlihat adalah munculnya elefantiasis, yaitu pembengkakan atau membesarnya kaki dan area sekitar alat kelamin, akibatnya kaki akan terlihat sangat besar sehingga disebut sebagai penyakit kaki gajah. 

Adapun gejala lainnya sebagai berikut :

  1. Demam berulang seperti halnya demam berdarah.
  2. Pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian kaki dan area sekitar kelamin.
  3. Pembengkakan berwarna merah yang terasa panas dan sakit.
  4. Bila kelenjar getah bening pecah maka akan mengeluarkan nanah dan darah.
Penyebab Penyakit Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah disebabkan oleh 3 spesies cacing Microfilaria, yaitu Brugia Malay, Brugia Timori, dan Wuchereria Bancrofti.

Cacing filaria ini merupakan cacing berukuran sangat kecil seperti benang. Cacing ini dibawa dan ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Culex

Larva Microfilaria yang telah masuk ke tubuh dapat membendung getah bening pada kaki dan daerah di sekitar kandung kemih sehingga menyebabkan daerah yang diserang menjadi bengkak dan besar.

Pengobatan Penyakit Kaki Gajah

Pengobatan penyakit gajah bisa menggunakan obat cacing yang bernama Dietil Karbamazin (DEC) yang dikombinasikan dengan Albendazol. 

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat sesuai tingkat keparahan penyakit.

Adapun cara pengobatan alami kaki gajah yaitu menggunakan daun Jati Blanda, daun ini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk salah satunya penyakit kaki gajah. 

4 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Kaki Gajah 
4 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Kaki Gajah
Image via lifestyle.bisnis.com
1# Jauhkan Tubuh dari Gigitan Nyamuk

Perantara penularan penyakit kaki gajah ialah melalui nyamuk, karena itu jika kita ingin melakukan pencegahan maka harus menghindarkan tubuh dari gigitan nyamuk.

Bagaimana caranya ? 

Mudah saja, sobat bisa memakai kelambu sewaktu tidur, menggunakan obat nyamuk semprot atau bakar, mengolesi kulit dengan obat anti nyamuk, dan menutup ventilasi rumah dengan kawat kasa nyamuk.

Atau jika sobat punya trik lain untuk menghindarkan diri dari nyamuk, tentunya bisa sobat terapkan. 

2# Berantas Perkembangbiakan Nyamuk

Ini merupakan langkah pencegahan yang lebih efektif, karena jika sobat telah memberantas perkembangbiakan nyamuk dapat dipastikan nyamuk tak akan lagi mencari dan menggigit sobat.

Cara yang bisa dilakukan seperti membersihkan bak mandi atau genangan air yang merupakan tempat berkembangnya larva nyamuk, menimbun barang-barang bekas seperti kaleng bekas agar tidak dijadikan rumah oleh nyamuk, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya.

3# Lakukan Vaksinasi Kaki Gajah

Vaksinasi merupakan cara pencegahan yang sangat efektif dalam mencegah serangan penyakit ini di masa mendatang, dengan melakukan vaksinasi terhadap vilariasis maka kita bisa terhindar dari penyakit kaki gajah.

Sedikit saran dari saya, vaksin filariasis merupakan vaksin yang cukup toksik dan harus dipakai sesuai dengan anjuran dan dosis dari dokter. 

Karena dari beberapa kasus ada yang meninggal karena vaksin ini. 

Ya, salah satu penyebabnya adalah kelalaian dalam penggunaannya, entah itu tidak sesuai dosis ataupun hal lainnya.

4# Tingkatkan Daya Tubuh 

Suplai terus makanan bergizi untuk tubuh sobat agar daya tahan tubuh semakin kuat. Ada baiknya jika pola makan yang bergizi dilengkapi dengan olahraga rutin dan juga konsumsi suplemen. 

Jika ketiga hal ini dilakukan saya kira hasilnya akan mendekati sempurna. Imunitas meningkat dan penyakit akan sulit menghinggap di tubuh sobat.


Subscribe to receive free email updates: