Vagina Gatal No Problem, Atasi dengan Tujuh Tips Ampuh

Gatal pada area Miss V memang sangat mengganggu terlebih apabila rasa gatalnya berlangsung terus-menerus dan tak kunjung sembuh. 

Banyak dari wanita bahkan tidak mengetahui mengapa terjadi gatal pada vagina mereka.

Ketidaktahuan inilah yang sering kali menjadikan banyak wanita memilih jalan pintas dengan menggaruk bagian vagina yang gatal. Padahal justru hal ini akan menyebabkan infeksi vagina yang lebih parah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan vagina menjadi gatal, berikut ini saya rangkum faktor-faktor tersebut :
Vagina Gatal No Problem, Atasi dengan Tujuh Tips Ampuh
Image From Alodokter.com
1# Infeksi Jamur Vagina

Ini adalah salah satu faktor yang paling dominan pada beberapa kasus gatal pada vagina. faktor pemicunya adalah kurangnya menjaga kebersihan vagina

Gejala yang tampak berupa keputihan dan gatal-gatal pada area vagina, kadang timbul semacam jerawat atau bintik merah yang sangat gatal.

2# Iritasi Celana Dalam dan Pembalut

Memakai celana dalam yang ketat serta pembalut yang salah akan menyebabkan gatal pada vagina, hal ini dikarenakan kulit sekitar vagina yang sensitif dan lembab. 

Oleh karena itu sensitifitas serta kelembaban vagina harus selalu diperhatikan, dengan memakai celana dalam ketat tentunya akan sulit menyerap keringat dan sirkulasi udara akan terganggu, akibatnya vagina akan semakin lembab dan membuat banyak bakteri tumbuh. Bakteri inilah yang menyebabkan vagina gatal. 

Adapun beberapa produk pembalut yang mengandung zat kimia berupa klorin yang amat berbahaya, hal ini juga bisa menyebabkan gatal pada vagina bahkan lebih parah lagi yaitu berkembangnya kanker di area vagina.
Simak ya : Tips memilih pembalut menstruasi yang aman dan sehat

3# Kutu Kudis Kemaluan

Gatal di vagina bisa jadi disebabkan adanya kutu kudis yang ditularkan melalui hubungan seksual dari pasangan yang menderita penyakit kudisan.

4# Faktor Kejiwaan

Frustasi, membenci suami secara hormonal bisa memicu gatal pada vagina. Gatal karena faktor kejiwaan ini biasanya diatasi dengan pemberian konseling dari ahli.

5# Terjangkit PMS

PMS atau penyakit menular seksual yang sering mengakibatkan gatal pada vagina adalah Tricomoniasis. Infeksi Tricomoniasis biasanya bukan hanya menyebabkan gatal tetapi juga bau yang tidak sedap pada area vagina.

Nah, setelah anda mengetahui beberapa penyebab terjadinya gatal pada vagina, sekarang waktunya memberikan tips yang bisa membantu mencegah serta menghilangkan gatal-gatal pada vagina.

  1. Pilih pakaian dalam yang bahannya dingin serta menyerap keringat seperti katun, pastikan ukurannya pas, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.
  2. Pilih pembalut yang aman dan sehat.
  3. Jangan lupa pula untuk mengganti pembalut secara teratur.
  4. Gunakan sabun dan pembersih vagina yang lembut, dianjurkan untuk memakai sabun bayi untuk membersihkan area vagina.
  5. Jaga kebersihan vagina dengan menggunakan air bersih ketika cebok atau tisue yang steril.
  6. Hindari penggunaan semprot atau pengharum vagina serta jenis obat-obatan yang dapat mengiritasi permukaan kemaluan.
  7. Tahan diri anda, jangan menggaruk vagina ketika gatal, luka-luka kecil akibat garukan akan semakin memperparah kondisi.
  8. Hati-hati dalam mencukur rambut kemaluan, hindari mencukur rambut kemaluan hingga habis, sebab cara mencukur vagina yang salah juga bisa menyebabkan iritasi vagina.

Jika anda sudah terlanjur mengalami gatal vagina yang tak kunjung sembuh, sebaiknya gunakan ramuan tradisional berikut untuk menuntaskannya.

  1. Daun sirih 7 lembar
  2. kunyit 1 buah
  3. Asam jawa 5 buah
  4. Buah pinang 1/2 buah
  5. Air 3 gelas
  6. Gula aren secukupnya

Cara pembuatan :

Kupas kunyit dan iris tipis-tipis, kemudian kupas buah pinang menjadi 2 dan ambil daging dalamnya saja, lalu semua bahan dicampur menjadi satu dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum ketika masih hangat. 

Selain bisa menghilangkan gatal vagina, ramuan diatas juga bisa untuk penyakit keputihan. 

Namun jika gatal atau keputihan sudah sembuh setelah meminum ramuan diatas, harap dihentikan meminumnya sebab ramuan diatas bukan dianjurkan untuk pencegahan tetapi untuk pengobatan.


Subscribe to receive free email updates: