Ramuan Herbal Pare dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pare tergolong sayuran yang sering dijadikan lalapan atau bahan masakan. Meskipun begitu ternyata peminat pare sangatlah sedikit, hal ini dikarenakan rasanya yang pahit serta pekat di lidah. 

Jika sobat termasuk fans berat pare, maka sungguh beruntungnya sobat karena manfaat pare sangatlah banyak dan itu bisa anda dapatkan dengan memakan aneka masakan pare.

Pare atau Momordica Charantia merupakan jenis tanaman yang tumbuh di daerah tropis. 

Tanaman pare hidup merambat pada tanaman lainnya, tanaman ini juga tidak memerlukan banyak sinar matahari untuk tetap hidup sehingga pare bisa hidup di daerah lembab sekalipun.

Ada 3 macam jenis tanaman pare yaitu pare kodok, pare gajih, dan pare hutan.
Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Ramuannya
Image via doktercantik.com
Pare kodok buahnya bulat pendek dan rasanya pahit. 

Pare gajih buahnya berdaging tebal, warnanya hijau muda atau keputihan, bentuknya besar dan panjang serta rasanya tak begitu pahit. 


Pare hutan adalah pare yang tumbuh liar buahnya kecil-kecil dan rasanya pahit.



Kandungan Pare

Pare mengandung senyawa momordisin, momordin, asam trikosanik, karantin, resin, asam resinat, saponi, vitamin A dan C serta minyak yang terdiri dari asam linoleat, asam stearat, dan asam oleat. 

Untuk memperoleh buah pare yang panjang dan lurus, biasanya pada ujung buah yang masih kecil digantungkan batu. 

Oke langsung saja berikut 5 Manfaat pare untuk kesehatan :

1# Manfaat Pare Untuk Diabetes

Penyakit gula darah ini termasuk kedalam penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia, karena itulah jangan sepelekan diabetes. 

Untuk lebih jelasnya tentang diabetes, silahkan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul (apakah diabetes mellitus bisa disembuhkan total).
Ramuan : Ambil 200 gram pare segar, cuci hingga bersih lalu di blender. Tambahkan air minum secukupnya kemudian diperas hingga terkumpul 50 ml/seperempat gelas. Air perasan di hangatkan dengan api kemudian diminum ketika hangat.
2# Manfaat Pare Untuk Cacingan

Penyakit cacingan banyak sekali diderita oleh anak-anak, cacingan adalah kondisi dimana ditemukan cacing dalam saluran pencernaan. Untuk mengatasi masalah cacingan bisa memakai ramuan herbal pare berikut.
Ramuan : Ambil 2-3 biji pare, giling hingga halus dan tambahkan sedikit air. Minum disusul dengan minum air hangat agar tidak terlalu pahit. Ramuan ini efektif untuk pengobatan cacingan utamanya cacing gelang.
3# Manfaat Pare Untuk Diare

Diare adalah kondisi dimana feses menjadi lebih encer dari normal, biasanya disertai dengan dehidrasi dan kejang perut.
Ramuan : Ambil akar pare yang masih segar sebanyak 30 gram, cuci bersih lalu dipotong-potong kecil. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin tambahkan gula pasir secukupnya lalu diminum.
4# Manfaat Pare Untuk Demam

Bisa dikatakan demam apabila suhu tubuh diatas 38 derajat celsius. Untuk meredakan kondisi demam bisa menggunakan herbal pare, caranya mudah yaitu ambil segenggam daun pare yang ditumbuk halus. 

Tambahkan 1 gelas air masak kemudian disaring dan air saringannya diminum pada pagi hari sebelum makan.

5# Pare Untuk Menyuburkan Rambut

Kondisi rambut yang tipis, bercabang, ketombe, dan kemerahan tentu sangat mengganggu apalagi jika rambut terus menerus rontok, pastinya kesuburan rambut akan berkurang. 

Untuk bisa menyuburkan rambut dan menyehatkannya kembali, bisa memakai daun dari pohon pare yang kaya manfaat ini.
Ramuan : Ambil segenggam daun pare kemudian tumbuk hingga halus, tambahkan setengah gelas air. Ramuan ini kemudian didiamkan selama semalam. Baru paginya ramuan ini dipakai dengan membasuhkannya pada kulit kepala.
Nah itu dia kelima manfaat tersembunyi pare yang wajib sobat tahu. 

Sekarang sobat sudah mengetahuinya, jadi akan lebih baik jika menyebarluaskan artikel ini agar semakin banyak orang yang tau dan tentunya semakin banyak pula manfaat yang didapatkan dari artikel ini.


Subscribe to receive free email updates: