Artikel Kesehatan Terpercaya

Tips Ampuh Mengobati Asam Urat Secara Alami

Masalah asam urat memang sangat mengganggu, terlebih bagi seorang pria atau wanita karir yang tiap harinya harus banting tulang mencari penghasilan. 

Asam urat bisa membuat seseorang kesakitan bahkan sampai tak mampu berjalan, jika ini terjadi maka bisa dipastikan banyak kegiatan yang nantinya tidak bisa dilakukan.

Oke dari pada basa-basi, sekarang langsung saja saya berikan tips ampuh untuk mengatasi masalah asam urat.

1# Diet

Diet adalah cara paling praktis yang bisa berfungsi sebagai pencegahan dan juga pengobatan asam urat. 

Diet bisa diartikan mengatur pola makan dan minum dalam jumlah, jenis, dan waktu mengkonsumsinya. 
Tips Ampuh Mengobati Asam Urat Secara Alami
Image from Merdeka.com
Fakta yang sering terjadi di masyarakat adalah bahwa penderita asam urat hampir selalu didahului oleh makanan yang berkadar purin/asam urat tinggi. 

Oleh karena itu dengan melakukan diet, nantinya bisa dikontrol makanan atau minuman yang sebaiknya tidak di konsumsi atau yang dianjurkan untuk di konsumsi. 

Upaya diet bagi penderita asam urat bisa dilakukan dengan mengurangi atau menghindari makanan dan minuman berikut ini.

  1. Bayam
  2. Daging bebek
  3. Emping ( Mlinjo )
  4. Nangka
  5. Durian
  6. Jerohan
  7. Buncis
  8. Otak
  9. Lemak
  10. Kacang - kacangan
  11. Daging kambing
  12. Kuah kambing
  13. Tape
  14. Air kelapa
  15. Air siwalan
  16. Buah yang terlalu masak

Jadi sebaiknya bagi penderita asam urat hindari makanan dan minuman diatas. Oh iya, jangan lupa juga hati-hati kalo mau diet, soalnya banyak sekali mitos diet yang beredar di masyarakat. Mitos diet tersebut saya rangkum dalam sebuah artikel yang berjudul 4 mitos diet yang mengejutkan.

2# Terapi

Berkembangnya pengobatan alternatif di masyarakat kini semakin banyak, bahkan tidak jarang hasil yang didapat dari terapi ini lebih memuaskan dibandingkan dengan cara medis.

Untuk penyakit asam urat sendiri telah bermunculan metode terapi yang bermacam-macam, namun dari sekian banyak metode terapi asam urat. Di bawah ini saya rangkum 3 metode terapi asam urat yang paling bagus dan aman tentunya.

Akupuntur

Akupuntur adalah bentuk terapi yang menggunakan jarum akupuntur. Metode akupuntur bahkan telah dijadikan bidang keahlian khusus dalam dunia kedokteran. Jika sebelumnya akupuntur hanya menggunakan jarum akupuntur.

Sekarang cara tersebut telah disempurnakan dan di kombinasikan dengan teknik medis modern seperti akupuntur dengan penyinaran inframerah ataupun modifikasi jarum akupuntur yang diberi magnet atau alat medis modern lainnya.

Metode akupuntur bekerja dengan menarget titik-titik tubuh tertentu dengan cara menusukan jarum akupuntur. Akupuntur telah dikenal masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk asam urat.

Refleksi

Reflesi diartikan sebagai pencerminan. Metode refleksi umumnya di aplikasikan pada bagian telapak kaki, hal ini dikarenakan pada telapak kaki terdapat titik-titik syaraf yang terhubung langsung dengan berbagai organ penting tubuh seperti ginjal. 

Untuk penderita asam urat, refleksi dilakukan dengan merefleksi titik syaraf telapak kaki yang terhubung dengan ginjal. 

Metode refleksi umumnya menggunakan alat berupa kayu atau benda tumpul lainnya. Namun ada juga teknik refleksi yang bisa anda lakukan sendiri dirumah, yaitu dengan berjalan di atas bebatuan kecil tanpa alas kaki. 

Batu-batu kecil secara langsung akan menekan titik tertentu pada telapak kaki , yang tentunya bukan hanya bisa mengobati penyakit asam urat tetapi juga penyakit lainnya.

Bekam

Bekam terdiri dari 2 jenis, yaitu bekam kering dan juga basah. Alat yang digunakan dalam bekam terdiri dari jarum, pisau kecil untuk mengeluarkan darah dan gelas pengambil darah kotor. 

Jarum kecil tersebut ditusukan pada lokasi yang berkaitan dengan sakit, tempat yang ditusuk akan mengeluarkan darah kemudian disedot dengan gelas bekam.

Darah yang dikeluarkan ini diyakini adalah darah kotor yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Bekam juga dipercaya dapat mengeluarkan darah yang mengandung asam urat.

3# Obat

Banyak sekali obat medis yang memang ditujukan untuk pengobatan asam urat, dan yang paling sering dipakai dalam pengobatan asam urat adalah Kolkisin, OAINS (Obat Anti Inflamasi Non Steroid), Golongan Urikosurik, dan Penghambat Xantin Oksidase.

4# Jamu

Siapa yang tidak kenal jamu ? 

Jika anda orang indonesia pasti sudah akrab dengan yang namanya jamu. Jamu adalah ramuan khas indonesia yang dibuat dari bahan alami tumbuhan atau hewani yang mempunyai khasiat terhadap berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Berikut ini saya punya resep jamu untuk asam urat yang saya dapatkan dari sebuah buku yang berjudul "20 Tanaman Obat Paling Berkhasiat Penakluk Asam Urat".
  1. Akar alang alang 60 cm
  2. Daun tempuyung 7 lembar
  3. Akar sidaguri 1 genggam
  4. Lada 5 biji
Cara Membuat : Semua bahan dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air ukuran 250 cc hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari pagi dan sore masing-masing 1/2 gelas. Jadi satu kali pembuatan ramuan ini dipakai untuk satu hari.

Untuk resep-resep asam urat lainnya, nanti akan saya update di artikel selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Ampuh Mengobati Asam Urat Secara Alami