Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami

Mempunyai rambut yang panjang dan subur merupakan keinginan banyak orang, selain menambah kepercayaan diri ternyata juga bisa membuat seseorang nampak lebih cantik. 

Di era sekarang ini memang tak sulit menemukan tempat-tempat perawatan rambut seperti halnya salon, namun biaya yang mahal terkadang dijadikan alasan seseorang tak berminat dengan cara ini. 

Jika sobat mencari cara yang lebih alami serta terjangkau tetapi memberi manfaat yang jauh lebih baik daripada di salon, maka artikel ini tepat sekali untuk sobat baca.

Sebelum ke pembahasan inti, simak dulu tips memanjangkan rambut di bawah ini yang harus anda perhatikan :
Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami
Image via akufhasion.com
1# Utamakan Produk Pemanjang Rambut yang Alami

Tips pertama ini sangat penting karena dari beberapa kasus pemakaian penumbuh rambut cepat yang dijual dipasaran, kebanyakan memakai bahan berbahaya. 

Pada awalnya memang akan menunjukan hasil yang bagus dan rambut tumbuh dengan cepat, namun efek buruknya baru akan terlihat jika pemakaian berhenti selama beberapa minggu atau bulan, seperti iritasi, kerontokan rambut, ketombe, hingga kebotakan.

Jadi kesimpulannya jangan sembarangan pilih produk penumbuh rambut, utamakan yang alami dan yang berlisensi hukum seperti terdapat registrasi BPOM dan MUI.

2# Buang Perilaku Konsumtif

Jangan suka hal-hal yang instan atau cepat saji, utamakan sesuatu yang bisa anda buat sendiri. Sama halnya dalam memanjangkan rambut, jangan suka produk pemanjang rambut instan, buatlah sendiri dengan bahan alami yang pastinya lebih aman dan sehat. 

Pokoknya kurangi kebiasaan konsumtif.

3# Alasan Rambut Perlu di Panjangkan

Apa yang menjadi alasan sobat memanjangkan rambut ? 

Apakah karena sekedar ingin punya rambut panjang, atau karena rambut yang rusak dan rontok atau justru hanya iseng pengen punya rambut panjang.

Jika ingin memanjangkan rambut padahal sebelumnya rambut baik-baik saja ini nanti akan beda penanganannya dengan yang memanjangkan rambut karena kerontokan atau masalah kesehatan.
Baca juga : Cara mudah awet muda dengan hanya bermodal tempe 
4# Tidur yang Cukup

Mau punya rambut panjang, tapi lalai dengan hal ini adalah masalah besar. Tidur merupakan sarana tubuh untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Jika sobat melalaikan hal ini maka keinginan untuk punya rambut panjang akan sulit tercapai.

Kurang tidur, susah tidur atau sering begadang dapat mempengaruhi penampilan rambut dan umumnya rambut akan menjadi kusam serta kering sehingga dapat membuat pertumbuhan rambut menjadi tidak maksimal.

5# Kurangi Pemakaian Blowdry

Blowdry bermanfaat sekali dalam mengeringkan rambut. Namun akan sangat buruk jika rambut sering terpapar hawa panas dari Blowdry ini. Rambut akan bercabang, kering, dan mudah rontok. 

Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi pemakaian Blowdry jika sobat ingin punya rambut yang panjang.

6# Pakai Penutup Rambut Saat Berenang

Air di kolam renang biasanya mengandung zat penjernih yang disebut klorin. Zat ini sangat berbahaya jika terkena rambut terlalu sering, pertumbuhan rambut akan terganggu dan akan menjadi kering. 

Jadi ada baiknya untuk selalu memakai penutup rambut saat  berenang di kolam renang dengan air yang mengandung klorin. Pastikan juga penutup yang sobat gunakan bisa melindungi rambut dari air berklorin.
Baca juga : Cegah jerawat dan komedo dengan 13 langkah mudah
7# Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas memang bagus untuk membersihkan rambut dari kotoran, namun jika dilakukan berlebihan ini akan berdampak buruk pada kesehatan serta pertumbuhan rambut. 

Rambut sejatinya memiliki minyak alami yang fungsinya menjaga kelembaban serta elastisitas rambut. 

Jika keramas terlalu sering, maka minyak alami rambut ini akan hilang total sehingga menyebabkan masalah kesehatan rambut seperti rambut kering dan ketombe. 
Yang penting jangan keramas tiap hari atau bahkan 2 kali sehari, ya minimal 2-3 kali sehari. 

Oh iya sedikit curhat, tips ini saya dapatkan dari penjelasan guru IPA saya.

8# Rutin Memijat  Kulit Kepala

Pemijatan ini bisa sobat lakukan sendiri, waktu yang pas adalah ketika kita mandi. Pemijatan ini dapat merilekskan otot-otot kepala yang tegang serta merangsang pertumbuhan rambut. 

Lakukan paling tidak 3-5 menit dengan memijatnya secara perlahan, hal ini juga terbukti dapat melancarkan peredaran darah.

9# Hindari Mewarnai Rambut

Ini  adalah tips yang menurut saya sedikit kontroversial.
  
Kenapa ? 

Saya lihat para artis yang sering gonta-ganti warna rambut, nyatanya rambutnya tetap nampak subur dan indah. Apa yang salah, apa karena memang perawatan mereka yang serba mahal atau hal lain.

Dari pandangan medis sendiri telah dijelaskan pengaruh mewarnai rambut terhadap kesehatan serta kesuburan rambut. Rambut akan cepat rusak jika terlalu sering diwarnai, hal ini disebabkan pewarna rambut yang hampir semuanya mengandung zat kimia berbahaya.

Jadi saran saya, boleh-boleh saja mewarnai rambut asal jangan terlalu sering bergonta-ganti warna, semakin sering beralih dari warna satu ke warna lainnya, maka semakin mungkin rambut akan rusak.
Baca juga : Cara mengatasi nyeri dan kaku pada payudara
10# Potong Ujung Rambut

Bagian ujung rambut merupakan bagian rambut yang sudah tua, bagian ujung rambut juga sering sekali bercabang. Dengan memotong bagian ujung rambut, maka proses pertumbuhan rambut akan semakin cepat karena bagian yang rusak telah dihilangkan.

10 tips diatas akan sangat berguna jika sobat kombinasikan dengan cara memanjangkan rambut di bawah ini :

Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami
Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Bahan Alami
Image from manabeli.com
1# Rambut Panjang dengan Teh Hijau

Teh hijau telah dikenal sejak dulu sebagai bahan untuk keramas, kandungan antioksidan tinggi terbukti dapat memperlancar sirkulasi darah pada kulit kepala. Teh hijau juga merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat. 

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, sobat hanya perlu menyeduh teh hijau dengan air hangat kemudian balurkan pada area rambut kepala secara merata . Tutup rambut dengan handuk, biarkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

2# Rambut Panjang dengan Lidah Buaya

Pasti sobat tahu tanaman lidah buaya, tanaman ini memang mirip seperti lidah dengan duri di merata di area pinggir. Kandungan aloe dalam lidah buaya telah dibuktikan secara medis dapat menyuburkan rambut serta memelihara kesehatan rambut .

Cara memakainya mudah, ambil tanaman lidah buaya 1 atau 2 batang kemudian kupas kulitnya maka akan terlihat bagian gel dan lendir di dalamnya.

Oleskan gel dan lendir itu ke kulit kepala sobat hingga merata, diamkan hingga kering, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan 3 kali seminggu.

3# Rambut Panjang dengan Minyak Zaitun

Jangan tanya lagi khasiat minyak zaitun, minyak ini merupakan minyak nabati yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Diantara manfaat minyak zaitun ialah menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan rambut sobat.

Memakainya pun mudah, tinggal megoleskan minyak zaitun pada kulit kepala, sambil dipijat-pijat selama 10-15 menit. Biarkan semalaman kemudian bilas dengan air hangat di pagi harinya.

4# Rambut Panjang dengan Londo Merang

Londo merang adalah tangkai padi yang dibakar kemudian abunya dicampur dengan air, lalu air ini disaring dengan kain, air saringan inilah yang disebut londo merang.

Londo merang ini sering digunakan orang zaman dulu untuk keramas, khasiatnya tidak hanya menyuburkan rambut tetapi juga mencegah kerontokan serta ketombe. Memakainya juga tidak sulit, cukup dengan mencuci rambut sobat dengan air londo merang tadi. Lakukan 3 kali seminggu.

5# Rambut Panjang Dengan Minyak Cenceman

Minyak cenceman adalah minyak kelapa murni yang direbus dengan pandan, belahan jeruk purut, daun mangkokan, biji klabet, kayu manis dan kulit manis. 
Rebusan akan menghasilkan minyak yang berwarna kekuningan, minyak inilah yang nantinya akan di pakai sebagai minyak rambut.
Khasiat utamanya selain memanjangkan rambut, juga untuk perawatan rambut agar tetap hitam serta tidak lekas beruban. 
Baca juga : 10 Pantangan yang sering kali dipercaya ibu hamil vs fakta
Sobat bisa membuatnya sendiri dengan jumlah bahan secukupnya sesuaikan dengan keperluan sobat.


Subscribe to receive free email updates: