16 Makanan Sehat Versi Al-Quran dan Sunah

Berbicara mengenai makanan sehat tentunya tidak lepas dari 5 sehat 6 sempurna, tetapi apa hanya itu yang bisa kita jadikan patokan dalam memilih makanan dan minuman yang sehat.

Tentu saja tidak.


Sebab dari 5 sehat 6 sempurna tersebut masih bisa kita uraikan secara lebih spesifik dengan langsung menyebutkan bahan makanan yang benar-benar sehat, bahkan terdapat dan di rekomendasikan oleh Al-Quran dan Sunah.

Tuhan memang menciptakan sesuatu masalah bersamaan dengan solusinya, hal ini tak jauh berbeda bahwa tuhan menciptakan suatu penyakit pastilah ada obatnya.

Tak terkecuali beberapa bahan makanan berikut ini yang telah di sebutkan dalam Al-Quran akan keutamaannya dibanding bahan makanan yang lainnya.


16 Makanan Sehat yang Ada di Al-Quran dan Sunah
16 Makanan Sehat Versi Al-Quran dan Sunah
Image from www.mung.web.id
Buah Tin
"Demi (buh) Tin dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai ".(Qs. At Tin:1-2)
Kata buah tin bahkan dijadikan nama salah satu surah di al-quran yaitu At Tin. Hal ini menggambarkan betapa istimewanya buah ini.

Dalam sebuah riwayat, Abu darba 'berkata bahwa sekantung buah tin dihadiahkan kepada rasulullah saw. Lalu beliau berkata 'makanlah'. 


Beliaupun ikut memakan buah itu, lalu berkata,"jika saya berkata ada buah yang turun dari surga maka inilah buahnya karena buah surga itu tidak ada bijinya. Maka makanlah buah ini karena ia dapat mengobati wasir/ambeien dan encok".

Berdasarkan penelitian medis, buah tin mengandung kadar zat gula yang tinggi. Terdapat juga mineral, kalsium, fosfor, dan zat besi. Buah tin juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, B, C, dan K. Dan secara medis telah terbukti beberapa khasiat dari buah Tin :

1# Mengobati Sakit Perut

Begini caranya : Potong-potong 6 atau 7 buah tin kering, kemudian celupkan ke dalam minyak zaitun, tambahkan beberapa iris jeruk nipis, diamkan selama 1 malam, kemudian diminum pada waktu pagi sebelum sarapan.

2# Mengobati Sembelit

Begini caranya : Rendam 3 atau 4 buah tin kering ke dalam segelas air dingin pada waktu sore, kemudian ketika bangun tidur buahnya dimakan dan airnya diminum.

3# Mengobati Gangguan Haid


Begini caranya : Rebus 25 hingga 30 lembar daun tin segar ke dalam 1 liter air. Kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk mengobati gangguan haid seperti nyeri haid, haid yang tidak beraturan, keputihan. Hasil rebusan tadi selain diminum juga digunakan untuk berkumur karena bisa sekaligus mengobati radang pada gusi.

4# Mengobati Luka-Luka

Begini caranya : Balut area tubuh yang terluka dengan beberapa buah tin kering yang sudah direbus terlebih dahulu dengan susu murni. Adapun cara membalutnya yaitu pertama letakan rebusan buah tin tadi yang sudah di dinginkan ke area luka, kemudian balut dengan verban dan kasa agar tidak berceceran. Pembalutan ini bisa dilakukan beberapa jam dan diulangi lagi seperlunya hingga luka sembuh.

Buah Zaitun
 

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,mdan demi bukit Sinai".(Qs. At Tin : 1-2)

Rasulullah pernah berwasiat tentang khasiat buah zaitun dalam hadist yang diriwayatkan Abu hurairaH r.a, "makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya karena ia termasuk pohon yang diberkahi". (HR Turmudzi dan Ibnu Majah).

Buah zaitun terdiri atas lebih kurang 67% air, 23% minyak, 5% protein, dan 1% mineral. Diantara 1% mineral itu terkandung kalsium dan zat besi. 


Sedangkan untuk vitamin setidaknya terdapat 4 vitamin yang terkandung dalam buah zaitun yaitu vitamin A, B, C dan D.

Minyak yang dihasilkan buah zaitun yang sering kita sebut minyak zaitun ternyata memiliki sedikit sekali kandungan lemak di dalamnya, itulah alasan mengapa minyak zaitun sangat di rekomendasikan untuk di konsumsi.

Minyak zaitun dapat dikenali dari warnanya yang kuning pucat agak kehijauan dan mempunyai bau yang istimewa, sedap dan tak mudah hilang. 


Manfaat minyak zaitun dan buah zaitun secara medis, sebagai berikut :

1# Mengobati Diabetes

Begini caranya : Minum 2 sendok makan minyak zaitun dengan tambahan perasan jeruk nipis secukupnya. Minumlah tiap pagi dan juga sore, Inshaallah diabetes anda akan perlahan tersembuhkan.

2# Mengobati Rematik dan Nyeri Persendian

Begini caranya : Gerus 2 siung bawang putih kemudian campurkan dengan 200 gram minyak zaitun. Diamkan selama 2 sampai 3 hari, lalu digosokkan beberapa kali pada tempat-tempat yang terasa sakit.

3# Memelihara Kesehatan Kulit


Begini caranya : Campurkan setengah sendok minyak zaitun, kuning telur, dan beberapa tetes perasan jeruk nipis. Pakai campuran ini untuk masker wajah dan kulit tubuh anda, diamkan beberapa jam, kemudian bilas dengan air hangat.

4# Mencegah Kerontokan Rambut

Begini caranya : Gosokan/oleskan minyak zaitun pada rambut di sore hari, kemudian tutup di malam hari, dan bilas di pagi harinya. Lakukan ini secara rutin selama 10 hari, dan lihat hasilnya.

Buah Delima
 

"Di dalam kedua surga itu ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta buah delima". (QS. Ar rahman: 68)
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a dalam satu hadist mauquf dan marfu,'Rasulullah bersabda bahwa buah delima termasuk ke dalam buah surga,"Tak satupun buah delima yang kalian tanam, melainkan ia dibuahi dengan biji buah delima surga".

Terdapatnya kata buah delima yang disebutkan beberapa kali dalam alquran serta sunah menggambarkan begitu istimewanya buah ini. Mungkin suatu saat akan terungkap beberapa manfaat buah delima yang belum diketahui sekarang ini.


Kulit buah delima, atau dalam istilah Farmakognosinya disebut sebagai Granati Fructus Cortex, mengandung asam tanat yaitu zat pembasmi dan pembersih bakteri.

Selain pada kulit luarnya, bagian-bagian buahnya pun mengandung zat asam tanat meskipun dengan kadar yang rendah. Selain asam tanat, terdapat juga kandungan lain yang berupa menthol dan zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi.

Karena kadar zat besi yang tinggi inilah yang menjadikan buah delima bagus dikonsusi bagi mereka yang kurang darah (anemia). Secara medis buah delima memiliki beberapa manfaat, sebagai berikut :

1# Mengobati wasir dan diare

Begini caranya : Rebus beberapa batang kulit buah delima dengan 3 gelas air, biarkan mendidih dan hanya tersisa 1 gelas air. Minum setiap pagi secara rutin, inshaallah wasir dan diare akan minggat.

2# Membasmi Cacing di Dalam Usus

Begini caranya : Rebus 60 gram kulit akar delima dengan 1 liter air selama seperempat jam. Minum setiap pagi ketika masih hangat. Meminum ramuan ini secara rutin dapat membunuh beberapa cacing pita di dalam usus kita.

Susu Dan Daging


Susu dan daging sangat bermanfaat bagi manusia. Hal ini diterangkan Allah SWT dalam ayat alquran, yaitu surah Yasin (71-73), Al Waqiah (20-21), An Nahl (5 dan 6), Al Ghafir (79), At Thur (22) dan surah Muhamad (15).

Rasulullah bersabda, "pada malam isra miraj, Rasulullah saw. diberi secangkir susu dan secangkir arak. Rasulullah memperhatikan keduanya, kemudian beliau mengambil susu.

Lalu malaikat Jibril berkata, "segala puji bagi allah yang telah membimbingmu kepada fitrah, kalau sekiranya kamu mengambil arak maka umatmu akan sesat ". (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam hadist lain diriwayatkan Abu darda r.a, Rasullulah saw. bersabda, "inti makanan penghuni dunia dan penghuni surga adalah daging". (HR Ibnu Majah)

Susu merupakan nutrisi yang tak tergantikan terutama bagi bayi atau balita, susu terdiri dari susunan alami yang mengandung berbagai nutrisi lengkap. Adapun zat-zat yang terkandung di dalam susu, sebagai berikut :

Air (87,4 %)

Air sebagai zat penyambung yang menjadikan sisa kandungan zat susu bersifat melekat seperti protein, atau diubah menjadi larutan lemak seperti minyak, atau yang larut seperti garam dan laktosa. Air merupakan sumber kehidupan manusia, dan tak heran jika kandungan air pada susu sangatlah tinggi .

Laktosa (437 %)


Laktosa adalah zat gula yang mendominasi dan memberikan rasa manis pada susu. Laktosa dalam tubuh nantinya akan diubah menjadi zat asam laktat yang berguna dalam proses pencernaan.

Lemak (3,7 %)


Lemak pada susu berbentuk bola-bola bulat yang kecil dengan jarak tiap rongganya sekitar 4 mikro. Di antara zat lemak ini terdapat gliserin, fosfolipid, dan kolesterol. Jumlah lemak yang pas dalam susu inilah yang sangat dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme.

Vitamin

 
Setidaknya hampir semua vitamin terdapat dalam susu, diantaranya yaitu vitamin A, D, E, K, sera vitamin B Komplek. 


Mineral (0,7 %)

Lima puluh persen mineral dalam susu terdiri dari kalsium dan fosfor. Kalsium berperan dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi, sementara itu fosfor sangat berguna bagi perkembangan otak anak. Dalam susu terdapat juga mineral lain yang berupa sodium, zat besi dan tembaga.

Enzim-Enzim

Setidaknya ada 5 enzim yang terkandung dalam susu yaitu enzim oksidase, enzim protease, enzim lipase, enzim laktose, dan enzim fosfatase. Kelima enzim ini memiliki fungsi masing-masing dalam proses metabolisme tubuh. 


Misalnya enzim protease yang bertugas menguraikan lemak dalam tubuh menjadi energi, Ada juga lipase yang berfungsi mengolah lemak menjadi energi.

Daging hewan merupakan sumber pokok protein yang berkualitas tinggi. Daging mengandung zat-zat pokok asam amino yang berguna dalam pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh. 


Selain itu, protein hewani juga dapat memproduksi zat antibodi dan berfungsi memperkuat daya tahan tubuh seseorang.

Buah Kurma
 

Allah SWT berfirman kepada Maryam, "Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu..." (Qs Maryam: 25-26).

Dalam sanad Abu Daud dari Anas bin Malik r.a, ia berkata "Rasulullah pernah berbuka dengan buah kurma yang matang sebelum shalat, kalau tidak ada buah kurma yang matang beliau memakan buah kurma (tamar), dan kalau tidak ada buah kurma (tamar) maka beliau meminum air sedikit demi sedikit".(HR Abu Daud)

Kebanyakan orang arab badui  hidup dengan mengonsumsi kurma yang dikeringkan dengan susu kambing. Ternyata kesehatan mereka sangat terjamin, diantara mereka jarang sekali ditemukan yang terkena penyakit kronis ataupun kegemukan.

Dari cuplikan cerita ini bisa kita tarik kesimpulan betapa utamanya buah kurma dalam menjaga kesehatan manusia.

Komposisi buah kurma terdiri dari 70 % zat gula, 20 % protein, dan 3 % lemak. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang mampu menetralisir asam lambung, terdapat juga kalsium, zat besi dan potasium. Buah kurma juga mengandung sejumlah vitamin B dan C.

Adapun manfaat lain yang bisa diperoleh dari memakan buah kurma, sebagai berikut..

  1. Membasmi cacing dalam tubuh terutama jika dikonsumsi di pagi hari, hal ini dijelaskan dalam berbagai literatur kesehatan klasik.
  2. Buah kurma kering berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing serta menguatkan rahim (terutama ketika melahirkan). Buah kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Memakan kurma di pagi hari terbukti dapat menjaga kejiwaan dan emosional seseorang.
  3. Buah kurma merupakan sumber vitamin A yang baik yang dapat memelihara kesehatan mata terutama untuk menguatkan penglihatan dan pandangan, serta menenangkan sel syaraf.
  4. Melancarkan pencernaan serta mengatasi masalah lambung. Kandungan serat yang tinggi serta kemampuan untuk menetralisir asam lambung menjadikan kurma sebagai makanan yang cocok dikonsumsi dimana saja dan kapan saja, bahkan dijadikan cemilan.
 
Buah Anggur

Allah SWT berfirman, "Dan dari buah kurma dan anggur kamu buat minuman yang memabukan dan rezeki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran alllah) bagi orang-orang yang memikirkan".(Qs An Nahl : 67)

Buah anggur termasuk kedalam buah-buahan yang sangat baik lagi bermanfaat. Ia adalah salah satu dari 3 buah-buahan yang disebut sebagai "raja buah-buahan", yaitu buah anggur, kurma, dan tin.

Buah anggur mempunyai kandungan sekitar 15% zat gula, kadar gula ini bisa terus bertambah tiap kali buahnya semakin matang. Selain itu terdapat sekitar 1,5% protein dan 1,5% lemak, anggur juga kaya akan vitamin B kompleks serta vitamin C.

Adapun manfaat anggur menurut kedokteran yaitu...
 

  1. Buah anggur mengandung zat glukosa alami yang dapat membantu menjaga kestabilan hati serta memaksimalkan kerjanya.
  2. Buah anggur dapat memperkecil kadar asam urat dalam darah serta berguna memperlancar saluran kencing. Perlu diketahui asam urat merupakan salah satu sisa metabolisme yang berbahaya bagi tubuh karena dapat mengendap di sendi-sendi dan bisa mengakibatkan penyakit Encok.
  3. Buah anggur dapat meringankan beban usus. Sangat bagus dikonsumsi untuk anda yang mengalami sembelit ataupun gangguan pencernaan.
  4. Perasan buah anggur berfungsi menghilangkan lendir, dahak, dan batuk

Buah Pisang
 

Allah SWT berfirman, "Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya) ".(Qs Al Waqiah : 27 - 29)

Buah pisang adalah buah nomor dua setelah susu sebagai jenis makanan pokok yang lengkap dan penuh nutrisi. Perlu anda tahu bahwa buah pisang termasuk buah-buahan yang baru dikenal, beberapa abad lalu pisang dianggap jarang aneh, selain itu pisang masih digolongkan buah mewah yang hanya dikonsumsi para bangsawan dan filsuf.

Namun saat ini, buah pisang sudah menjamur dimana-mana, dengan harga terjangkau dan semua orang bisa memakannya tanpa harus berpikir panjang.

Buah pisang sangat kaya dengan nutrisi, yang paling dominan adalah kandungan potasium (kalium) yang mampu menstabilkan tekanan darah.

Kandungan vitamin seperti A, B, C juga tak kalah dominannya. Yang istimewa adalah bahwa buah pisang ternayata bebas dari kolesterol. Terdapat pula kandungan magnesium dan fosfor dengan jumlah 0,64 mg dan 28 mg tiap buahnya.

Kamfer dan Jahe
 

Lafal al-Kafur (air kafur) dan az-zanjabil (jahe) disebutkan dalam alquran untuk menjelaskan kenikmatan yang dirasakan para penghuni surga. Dalam hal ini Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur ". (QS Al Insan : 5)

Secara medis jahe dapat digunakan untuk memperluas kantong-kantong darah, menambah keringat, rasa hangat, dan meringankan suhu panas. Sementara itu manfaat kamfer adalah sebagai berikut :

  1. Minyak kamfer dapat digunakan untuk mengobati penyakit rematik dan melancarkan peredaran darah. Jika dioleskan pada bagian tubuh yang terluka maka bisa mencegah dari timbulnya nanah, selain itu juga bisa untuk menghentikan peradangan pada gusi.
  2. Minyak kamfer juga punya fungsi menyembuhkan dan mengobati penderita penyakit tifus.

Madu Lebah
Allah berfirman, "Dan tuhanmu mewahyukan kepada lebah, "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan tuhanmu yang telah di mudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran allah) bagi orang-orang yang memikirkan". (Qs An Nahl : 68-69)

Madu dikenal sebagai obat sudah sejak berabad-abad lalu, bukan hanya disebutkan dalam alquran namun jika disebutkan oleh kitab samawi (kitab yang turun dari langit) lainnya seperti kitab taurat.

Madu adalah "penjaga yang jujur", begitulah madu dijuluki. Perlu anda tahu madu ini lebih baik dibanding minuman buatan yang dijual di Apotek yang katanya dapat menguatkan, memelihara, dan menyehatkan. Terbukti secara medis bahwa madu merupakan minuman obat yang paling menyehatkan karena kekayaan nutrisinya.

Apa saja kandungan madu ?


Madu mengandung banyak sekali jenis vitamin seperti vitamin C, A, B, E, dan K. Terdapat juga fosfor, kalsium, gula, zat besi, potasium, tembaga, protein, asam stearat, karbohidrat, Enzim (Invertase, Amilase, Katalase) dan juga air.

Mungkin masih banyak lagi kandungan madu yang belum diketahui secara medis, karena itulah perlu dilakukan penelitian berlanjut mengenai manfaat madu bagi kesehatan.

Dari sekian banyak susunan dan keistimewaan madu lebah ini, madu dapat di ibaratkan sebagai makanan yang paling berharga, jernih dan juga bermanfaat, serta paling mudah dicerna dan larut.

Jadi, madu merupakan sumber kesehatan.

Berikut ini beberapa ramuan madu yang bisa anda praktekan secepatnya dengan mudah...

  1. Madu secukupnya yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dapat menghangatkan badan serta mencegah dan memulihkan masuk angin, sakit tenggorokan, batuk ataupun kembung pada perut.
  2. Madu lebah dapat membantu terapi Insulin bagi penderita diabetes.
  3. Madu lebah bermanfaat bagi penderita hepatitis karena mampu mendetoksifikasi racun dari dalam hati.
  4. Madu dapat menyembuhkan dan menghilangkan luka atau bekas luka, dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terluka.
  5. Mampu mengatasi bibir pecah-pecah, yaitu dengan cara mengoleskannya pada bibir seperti halnya memakai lipstick.
  6. Madu dapat memperindah dan melindungi kulit, caranya dengan menjadikan madu sebagai masker, biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.
  7. Menyuburkan rambut dan memperindah rambut. Hal ini terbukti dari seorang perempuan belanda bernama Sarah yang meninggal tahun 1744 dalam usia 84 tahun, Ia adalah wanita yang punya rambut paling bagus. Dikisahkan semasa hidupnya ia selalu mencuci rambutnya dengan madu. Adapun caranya ialah masukan 2 sendok madu lebah pada 1 liter air hangat, kemudian gunakan air itu untuk mencuci rambut.

Ikan

Allah SWT berfirman,"dan dialah, Allah yang menundukan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan dari padanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai, dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunianya, dan supaya kamu bersyukur".(Qs An Nahl : 14)
Ahmad bin Hambal dan Ibnu Majah meriwayatkan hadist dari Abdullah bin Umar r.a bahwa Rasulullah bersabda, "dihalalkan bagi kita dua macam bangkai dan dua macam darah yaitu ikan dan belalang, serta hati dan limfa".

Ikan mengandung sejumlah besar protein dan asam amino yang turut membentuk berbagai sel dan sendi di dalam tubuh. Ikan menjadi istimewa karena mengandung unsur fosfor yang tinggi. 


Unsur fosfor ini sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan otak, tak heran jika ia dijuluki "makanan otak".

Kekurangan fosfor dapat melemahkan fungsi otak sehingga menyebabkan tidak mampu berfikir. Selain itu ikan juga mengandung unsur kalsium yang berfungsi membangun dan membentuk organ dan jaringan tubuh.

Tak kalah juga kandungan zat besi serta berbagai vitamin yang semakin membuat ikan kaya akan nutrisi. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa minyak yang terkandung dalam ikan mengandung beberapa manfaat...

  1. Berfungsi meringankan kadar lemak pada darah yang mengakibatkan penyakit jantung.
  2. Berfungsi mengurangi tekanan darah, itu berarti ikan bagus bagi penderita penyakit hipertensi.
  3. Berfungsi mencegah terjadinya radang persendian.

Dan masih banyak lagi. 


Akhirnya selesai juga pembahasannya, padahal masih ada beberapa makanan yang belum tersebutkan diatas seperti mentimun, bawang merah dan putih serta kacang adas, namun saya rasa makanan-makanan diatas merupakan yang paling dominan manfaatnya secara medis.

Capek juga yah nulis artikel yang cukup banyak ini, semoga saja hasil jerih payah saya bisa bermanfaat bagi anda para pembaca.

Mohom keikhlasannya untuk men-share artikel ini agar semakin banyak manfaat.


Subscribe to receive free email updates: