Artikel Kesehatan Terpercaya

Nyeri dan Sakit Perut Mendadak, Inilah Penyebabnya ?

Mulai sekarang jangan sepelekan apabila merasakan perut anda sakit dan nyeri secara tiba-tiba, sebab jika tidak ditangani secara serius dapat mengakibatkan komplikasi lebih berat pada organ lainnya di dalam perut.

Mungkin anda sering mengartikan rasa nyeri atau sakit pada perut disebabkan oleh mag atau diare, namun nyatanya itu sama sekali tidak benar. Butuh pemahaman mengenai gejala-gejala yang muncul untuk kemudian ditentukan penyebab nyerinya.

Banyak sekali penderita yang mengeluhkan nyeri atau sakit perut. Rasa sakit di perut ini banyak sekali macamnya, karena organ di dalam perut juga sangat banyak.

Karena itu untuk dapat memastikan penyebab nyeri perut tersebut, dokter haruslah pandai-pandai melihat gejalanya, atau paling tidak haruslah ada pemahaman pasien apabila ingin mendiagnosa dan mengobati sendiri.

Nyeri perut yang sifatnya mendadak merupakan suatu kegawatan di daerah perut yang dapat terjadi karena masalah penyakit dalam atau penyakit bedah. 


Penderita dengan nyeri perut mendadak biasanya mengalami nyeri yang tiba-tiba muncul dan berlangsung kurang dari 24 jam.

Beberapa penderita dengan sakit seperti ini perlu dilakukan tindakan pertolongan darurat untuk menghindarkan dari munculnya komplikasi lebih lanjut.

Pada dasarnya nyeri yang datang dari perut disebabkan oleh gangguan organ pencernaan seperti lambung dan usus, namun banyak juga yang ternyata disebabkan oleh kelainan pada pankreas atau kantung empedu.

Hal inilah yang menyebabkan perlu dilakukannya diagnosis yang tepat serta penanganan se-segera mungkin.

Kenali Apa Penyebab Anda Sakit Perut?
Nyeri dan Sakit Perut Mendadak, Inilah Penyebabnya ?
Image from Merdeka.com
Metode diagnosa yang bagus adalah dengan mengenali gejala atau keluhan sakit pada perut.

Anda harus tahu...

Apakah nyeri perutnya berkaitan dengan makanan yang di konsumsi sebelumnya seperti makanan pedas, asam, atau alergi dengan makanan tersebut?

Apakah rasa nyerinya menetap, timbul terus-menerus atau hilang lalu muncul lagi?

Apakah ada penjalaran rasa nyeri ke tempat lain, misalnya punggung, bahu, ulu hati, atau biji kemaluan (testis) ?

Bagaimana sifat nyerinya, apakah seperti ditusuk-tusuk atau hanya rasa pedih dan perih? dan adakah waktu dan bagian yang dominan rasa nyerinya, seperti nyeri yang paling terasa di bagian perut kiri atas pada saat buang air besar atau buang air kecil?

Beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan nyeri atau sakit pada perut adalah sebagai berikut:


Penyebab Nyeri dan Sakit Perut Mendadak

Nyeri dan Sakit Perut Mendadak, Inilah Penyebabnya ?
Image from Merdeka.com

Faktor makanan

Jika timbulnya nyeri berhubungan dengan makanan dan berpusat di garis tengah perut (ulu hati), biasanya disebabkan oleh gangguan pada lambung dan usus. Ini bisa juga menjalar ke punggung bagian tengah, terutama bila rangsangannya begitu berat.

Makanan yang merangsang seperti makanan pedas atau asam, alkohol, rokok, dan sebagainya tentu dapat menimbulkan timbulnya rasa sakit pada perut. selain itu pola makan yang tidak teratur dan terjadwal juga sering sebabkan sakit pada perut terutama mag.

Simak : Makanan yang cocok untuk penderita maag akut maupun kronis

Kelainan esofagus

Kemungkinan lokasi nyerinya ada di daerah belakang tulang dada bagian tengah serta tengkuk. Kelainan nyeri pada esofagus ini dapat menjalar hingga punggung, apabila sudah parah kondisinya.

Kelainan pada usus buntu

Kelainan pada usus buntu akan memberi rasa nyeri yang dalam seperti ditusuk-tusuk, lokasinya di bagian perut kanan bawah. Terkadang rasa nyeri menjalar ke ulu hati dan pinggang sebelah kanan.

Biasanya rasa sakit akan sedikit mereda pada posisi tubuh tertentu, namun jika rasa sakit dan nyeri menetap hingga lebih dari 6 jam maka perlu dipertimbangkan kemungkinan untuk dilakukannya operasi pengambilan usus buntu (apendektomi).

Kelainan pada pankreas

Kelainan pankreas atau yang dikenal dengan pankreatitis akan menimbulkan rasa nyeri di ulu hati bagian tengah atau perut sebelah kiri atas. Sifat nyeri pada pankreatitis umumnya hebat dan dalam yang terkadang disertai penjalaran rasa sakit hingga bahu kiri dan punggung bagian tengah.

Penderita bisa merasa sangat kesakitan bahkan hingga membungkukan badan karena rasa nyeri yang amat hebat. Kelainan pada pankreas ini bisa menjurus pada diabetes mellitus jika tidak segera ditangani.

Simak : Apakah diabetes mellitus bisa disembuhkan ? temukan jawabannya disini !

Kelainan pada kandung empedu


Kelainan pada kandung empedu akan menyebabkan rasa nyeri hebat seperti ditusuk-tusuk sampai ke dalam yang berpusat di perut sebelah kanan atas (sesuai letak kandung empedu). Rasa nyeri juga kerap menjalar ke bahu hingga punggung.

Kelainan pada rongga pelvis (pinggul)

Apabila timbul rasa nyeri di perut bagian tengah bawah. Keluhan tersebut sering disertai rasa sakit saat buang air kecil, terutama jika disebabkan oleh kelainan pada kandung kemih atau saluran kencing. Tidak jarang pula nyeri hebat timbul ketika menstruasi yang disebabkan oleh kelainan organ-organ reproduksi .

Seandainya rasa nyeri disertai demam, jantung berdebar (tacycardia), dan berkeringat dingin maka perlu dicurigai kemungkinan munculnya infeksi yang lebih berat.

Untuk itu jika rasa nyeri perut sampai menunjukan gejala seperti disamping maka segeralah periksakan ke dokter agar dapat dilakukan pengobatan sesegera mungkin, untuk menghindari terjadinya komplikasi yang lebih parah.

Apakah Nyeri Perut Bisa Kambuh Lagi Setelah Sembuh?

Hal ini tergantung penyebab dan penanganan pertama nyeri perutnya. Jika penyebab nyeri perut telah diketahui dan ditangani dengan tepat sesuai gejala dan keluhannya, maka kemungkinan nyeri perut untuk kambuh sangat kecil sekali.

Lalu, kenapa dokter selalu me-wawancarai pasien nyeri perut dengan banyak pertanyaan?


Memang menyebalkan, ketika ke dokter dan mengeluh sakit perut mendadak. Pasti dokter akan menghujani kita dengan banyak sekali pertanyaan, padahal kondisi perut sedang kesakitan. Namun hal itu pada dasarnya dilakukan dokter untuk memberikan diagnosis yang tepat serta menghindarkan dari hal yang sifatnya salah mendiagnosis.

Bukankah anda tahu kalau di dalam perut banyak sekali organ tubuh dan kesemuanya mempunyai kemungkinan yang sama untuk menimbulkan nyeri pada perut.

Jadi sebaiknya anda tidak kecewa jika mengalami hal seperti itu, karena itu semua dilakukan demi kebaikan anda agar penyebab nyeri perut dapat diketahui secara tepat.

Jadi jelas bukan bahwa ada begitu banyak kemungkinan penyebab sakit atau nyeri perut mendadak. Setelah ini mungkin anda sudah bisa mendiagnosis secara tepat apa sebenarnya penyebab anda mengalami nyeri perut yang datang tiba-tiba.

Jangan sepelekan masalah sakit pada perut, jika rasa sakit perut bisa hilang jika dibiarkan, itu mungkin hanya sebuah kebetulan karena nantinya jika tidak mendapatkan pengobatan segera bisa saja sakit perut muncul lagi di suatu hari dengan kondisi yang lebih parah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nyeri dan Sakit Perut Mendadak, Inilah Penyebabnya ?