Artikel Kesehatan Terpercaya

Cara Ampuh Sembuhkan Hidung Tersumbat dengan Cepat

Hidung tersumbat merupakan permasalahan kesehatan yang sering sekali dialami terutama saat tubuh menderita influenza.

Banyaknya dahak di dalam tubuh yang ingin keluar memaksa hidung menjadi salah satu jalan keluarnya dahak selain mulut.

Hal inilah yang menyebabkan timbulnya anggapan banyak orang, bahwa mereka mengira hidung tersumbat dikarenakan tertutupnya saluran hidung oleh lendir tebal, padat, dan terlalu banyak.

Padahal dalam banyak kasus, ternyata hidung tersumbat terjadi karena selaput hidung yang bengkak sehingga mempersempit saluran hidung. Pembengkakan ini dikarenakan pembuluh darah di sekitar hidung yang meradang.

Penyebab Hidung Tersumbat


Penyebab paling umum terjadinya hidung tersumbat adalah infeksi oleh virus influenza atau flu. Infeksi ini menyerang terutama hidung, tenggorokan, saluran pernafasan dan terkadang paru-paru.
7 Cara Ampuh Sembuhkan Hidung Tersumbat dengan Cepat
Image from hariansehat.com
Infeksi biasanya berlangsung sekitar satu minggu dan ditandai dengan demam mendadak yang tinggi, nyeri otot, sakit kepala, dan rasa tidak enak badan yang berat, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat.

Flu inilah yang menyebabkan adanya pembengkakan pada lapisan dalam hidung. Hidung memerah dan gatal merupakan gejala awal adanya pembengkakan dalam hidung, hal ini perlu adanya penanganan secara dini agar tidak terjadi permasalahan hidung tersumbat setelahnya.

Selain adanya pembengkakan, setidaknya ada empat penyebab utama hidung tersumbat yaitu infeksi, kelainan struktural, alergi dan non alergi. Tak jarang pula hidung tersumbat disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor tersebut.

Ketika terjadi infeksi terutama salesma atau flu, tubuh melepaskan histamin yaitu zat kimia yang secara drastis meningkatkan aliran darah ke hidung dan menyebabkan jaringan hidung membengkak.

Penyebab lain adalah kelainan struktural yaitu berupa kelainan bentuk hidung dan septum hidung, tulang rawan dan tulang tipis dasar yang membagi dua sisi hidung dan lubang hidung.

Simak ya : Nyeri dan sakit perut mendadak, inilah penyebabnya
Cacat ini biasanya akibat dari cedera ataupun bawaan sejak lahir. Kesalahan penanganan waktu proses kelahiranlah yang menyebabkan banyak terjadinya kelainan pada bentuk dan anatomi hidung.

Pembesaran kelenjar gondok juga termasuk kelainan ini. Penyebab lain dalam kategori ini termasuk tumor hidung dan adanya benda asing. Terutama anak-anak yang sering memasukan benda kecil ke dalam hidung mereka.

Pada pasien alergi, pelepasan histamin dan zat serupa menyebabkan tersumbatnya hidung dan kelebihan produksi lendir hindung. 


Vasamotor rhinitis juga penyebab hidung tersumbat. Rhinitis berarti peradangan pada hidung dan membran hidung. Vasomotor berarti berkaitan dengan syaraf yang mengendalikan pembuluh darah.

Ketika seseorang bergerak dengan penuh semangat, kadar hormon adrenalin meningkat. Meningkatnya adrenalin ini mengakibatkan penyempitan selaput lendir hidung.

Selain itu dalam kategori ini pendingin ruangan, stres emosional, obat-obatan tertentu, terlalu sering menggunakan semprotan hidung, dan paparan iritan seperti parfum dan asap rokok juga dapat menyebabkan hidung tersumbat.

Mengatasi Hidung Tersumbat


Mandilah dengan air hangat serta hiruplah uap air panas. Uap akan membantu mengecilkan selaput lendir hidung yang bengkak dan mengencerkan dahak yang kental agar mudah dikeluarkan.

  1. Untuk mencegah hidung tersumbat, minumlah banyak cairan. Meminum banyak cairan akan membantu menjaga selaput hidung dan sinus tetap lembab agar bisa berfungsi secara baik dan tahan terhadap infeksi.
  2. Hindari iritasi dan pemicu alergi seperti asap dan debu yang merupakan penyebab umum hidung tersumbat.
  3. Konsumsi vitamin dan mineral untuk membantu mencegah dan memperpendek pilek.
  4. Makanlah sesuatu yang bisa mengencerkan dahak seperti halnya makanan pedas atau hangat. Hal ini akan membantu mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.
  5. Lakukan olahraga ringan setiap pagi dan hiruplah udara segar pagi hari. Hal ini bertindak sebagai dekongestan alami yang bisa melegakan hidung tersumbat.
  6. Meminum air hangat dapat membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.
  7. Berkumur dengan air garam yang dicampur dengan air hangat sebagai alternatif penyembuhan hidung tersumbat.

Segeralah periksakan ke dokter jika hidung tersumbat menunjukan gejala-gejala berikut ini :

  1. Hidung tersumbat disertai pembengkakan pada dahi, mata, sisi hidung dan pipi.
  2. Hidung tersumbat disertai dengan penglihatan kabur.
  3. Adanya radang tenggorokan yang semakin parah hingga lebih dari 3 hari.
  4. Hidung tersumbat disertai demam tinggi dan menggigil.
  5. Keluar kotoran hidung berwarna hijau disertai sakit pada sinus atau demam.
  6. Ada darah pada kotoran hidung atau keluarnya cairan encer terus menerus setelah cedera.

Apa Hidung Tersumbat Bisa Sembuh Sendiri Tanpa Pengobatan ?

Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala dari adanya infeksi flu/influenza. Infeksi flu umumnya akan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis dalam jangka waktu satu atau dua minggu, begitu pula dengan hidung tersumbat.

Namun jika lendir atau dahak tidak dikeluarkan sedikit demi sedikit maka proses penyembuhan akan bertambah lama. Saat mengalami hidung tersumbat sebaiknya hindari meminum es apalagi es balokan yang tidak terjaga kebersihannya. Hal ini bertujuan agar dahak tidak bertambah banyak.

Hidung Tersumbat Pada Bayi

Jika bayi sedang mengalami sakit pilek yang berakibat hidungnya tersumbat, biasanya bayi mengalami kesulitan untuk tidur, rewel, dan juga kesulitan untuk bernafas.

Dengan begitu ibu harus mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi tersumbatnya hidung pada bayi. beberapa cara seperti menggunakan uap air panas, mengatur posisi tidur bayi dan memijat-mijat hidung bayi akan sangat membantu dalam mengurangi keluhan bayi karena hidung tersumbat. 

Simak ya : 12 Kebiasaan sehat di pagi hari yang wajib anda lakukan
Memijat hidung bayi dengan lembut disertai olesan minyak kayu putih akan membantu meredakan hidung tersumbat. Selain itu pastikan bayi mengkonsumsi ASI yang cukup dan usahakan untuk tidak memaksakan keluar lendir di hidungnya, karena bisa membuat kondisi semakin parah.

Nah,Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi hidung tersumbat. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan likenya ya...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Ampuh Sembuhkan Hidung Tersumbat dengan Cepat