14 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Siapa sih yang tak mau mempunyai kulit lembut dan kencang ? 

Semua orang pasti menginginkannya, namun terkadang keinginan tersebut tidak di ikuti usaha yang benar. Karena itulah di artikel kali ini saya akan berikan tips mudah agar kulit senantiasa lembut dan tidak kering.

Kulit kering adalah kondisi kulit yang sangat umum yang ditandai oleh kurangnya kadar air yang cukup di lapisan luar kulit (epidermis). 

Kondisi seperti ini sering sekali membuat seseorang baik pria atau wanita menjadi minder dan dengan bertambahnya usia biasanya jauh lebih rentan mengalami kulit kering. 

Permasalahan kulit kering memang hanya merupakan kondisi ringan sementara yang artinya hanya terjadi beberapa hari atau beberapa minggu dan bersifat tidak permanen. 

Namun yang dikhawatirkan adalah timbulnya masalah kulit yang lebih serius karena tidak adanya penanganan yang tepat pada kulit kering yang terjadi.

Jika anda memiliki kulit kering kemungkinan anda mengalami satu atau lebih gejala-gejala berikut :

  1. Sensasi kulit ketat terutama setelah mandi atau berenang.
  2. Kulit terasa dan terlihat kasar.
  3. Kulit terasa menyusut dan dehidrasi, kering dan bersisik, garis retak dikulit, kemerahan.
  4. Kulit mengelupas dan gatal yang terkadang intens.

Penyebab Kulit Kering

14 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering dan Kusam
Image via uk.kpopstarz.com
Sebagian besar potensi yang menyebabkan kulit menjadi kering adalah paparan lingkungan seperti polusi dan sinar matahari yang menyengat. 

Namun ada juga penyakit yang secara signifikan mengubah fungsi dan penampilan kulit anda, misalnya penyakit jamur yang menyerang kulit seperti kudis, kadas, dan kurap. 

Berikut beberapa potensi yang dapat menyebabkan kulit kering :

1# Kondisi Cuaca 

Kulit menjadi kering umumnya ketika cuaca dingin, yaitu ketika suhu dan kelembaban menurun. Bagi anda yang tinggal di daerah dengan suhu rendah maka harus mewaspadai munculnya permasalahan kulit kering yang intens.

Jadi sebaiknya lebih rutin melakukan pencegahan agar terhindar dari masalah kulit kering.

Selain itu suhu yang terlalu tinggi dan panas dengan kelembaban rendah seperti saat terpapar sinar matahari juga bisa sebabkan kulit kering, hal ini biasanya dipengaruhi oleh minimnya kadar air pada kulit.

2# Kurang Nutrisi 

Defisiensi (kekurangan) nutrisi seperti vitamin A, B, dan E serta rendahnya konsumsi air juga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. 

Dengan mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari ditambah asupan vitamin dari buah-buahan misalnya bengkoang dan pepaya akan membantu merawat kelembutan dan regenerasi kulit sehingga masalah kulit kering tidak akan muncul.

3# Sabun

Penggunaan sabun memang berguna untuk membersihkan kulit kita dari berbagai kotoran, namun ada kalanya sabun ini justru membuat kulit anda kering. 
Terutama adalah sabun yang mengandung zat kimia berlebih serta PH yang terlalu rendah. 

Jika anda mengalami kulit kering seusai mandi memakai sabun, maka hindarilah sabun tersebut. Sebab kemungkinan besar sabun tersebut tidak cocok dengan kulit anda. 

Jika anda paksakan untuk memakai sabun tersebut terus menerus maka tidak menutup kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit.

4# Sering Mandi Air Panas dan Berenang 

Berendam di air panas dapat mengakibatkan pecahnya lapisan lipid pada kulit. Demikian juga dengan berenang terutama di kolam renang yang banyak mengandung klorin atau tawas. Jika lapisan lipid kulit pecah maka kelembaban kulit akan hilang, akibatnya kulit menjadi kering dan terlihat kusam.

5# Pendingin Udara 

Sering terpapar pendingin udara seperti AC akan mengurangi kelembaban kulit. Jika anda terlalu sering berada di ruang ber-AC maka kemungkinan kulit kering dan kusam akan semakin besar.

6# Obat-Obatan Tertentu

Pemakaian obat diuretik (peluruh air seni), antihistamin (anti alergi), dan juga antispasmodik (melemaskan otot)  memiliki efek samping membuat kulit menjadi kering. 

Jadi jangan heran jika anda konsumsi salah satu dari golongan obat diatas, kulit anda cenderung berkurang kelembabannya dibanding biasanya.

7# Gangguan  Tiroid 

Yaitu kondisi yang terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang terlalu sedikit. Akibatnya produksi keringat dan kelenjar minyak akan berkurang, yang mengarah ke kulit kering, kasar, dan bersisik.

8# Psoriasis

Yaitu kondisi kulit yang ditandai dengan penumpukan yang cepat dari sel-sel kulit mati yang kasar dan kering yang membentuk sisik tebal.

9# Dermatitis 

Yaitu infeksi jamur pada kulit yang menyebabkan kulit lebih sensitif dan lebih kering. Daerah yang sering terkena meliputi wajah, leher, dan daerah lipatan kulit yang lembab.


Cara Agar Kulit Tetap Lembut dan Tidak Kering
14 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering dan Kusam
Image from google.com
Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit. Dari sekian banyak cara, akan saya berikan 14 cara yang paling ampuh dalam menjaga kelembutan kulit agar tidak kering, kasar, dan bersisik :

  1. Minum air yang cukup minimal 8 gelas sehari agar kadar air di lapisan kulit tetap terjaga.
  2. Kurangi makanan yang berminyak, digoreng, olahan minyak nabati dan lemak hewan.
  3. Jangan terlalu banyak minum minuman ringan dan makan gula ataupun cemilan terutama keripik kentang.
  4. Hindari alkohol dan kafein karena zat ini bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan mineral penting.
  5. Memakai lotion pelembab setiap hari terutama sesudah mandi atau saat akan memulai aktifitas.
  6. Jangan mandi terlalu sering dengan air panas serta gunakan sabun yang lembut dan tidak beraroma tajam.
  7. Pakai kain yang baik untuk kulit anda seperti kain dengan bahan sutra dan katun yang memungkinkan kulit untuk bisa bernafas.
  8. Saat mencuci pakaian gunakan deterjen tanpa pewarna atau parfum karena keduanya dapat mengiritasi kulit.
  9. Jika kulit kering menyebabkan gatal, segeralah kompres dengan air hangat bagian kulit yang gatal.
  10. Pakai tabir surya setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit.
  11. Jika kulit sangat kering pakailah minyak bayi karena punya daya tahan lebih dalam mencegah penguapan air dari permukaan kulit dibanding pelembab biasa.
  12. Makan diet seimbang yang mencakup, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan susu jika perlu.
  13. Olahraga teratur setiap pagi hari minimal 15 menit agar regenerasi kulit terjaga dengan baik.
  14. Berjemur di pagi hari terutama saat sinar matahari berwarna merah yaitu saat terbit fajar hingga sekitar jam 8 pagi.

Apa Kulit Kering Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan Serius ?

Tentu saja bisa...

Karena itu jika anda mengalami beberapa hal seperti di bawah ini sebaiknya segera periksakan ke dokter :

  1. Kulit tidak membaik meskipun sudah dilakukan upaya perawatan terbaik seperti diatas
  2. Kulit kering disertai kemerahan
  3. Kulit kering dan gatal yang mengganggu tidur
  4. Anda memiliki area pengelupasan kulit yang luas
  5. Anda mempunyai luka terbuka atau infeksi dari goresan

Kesimpulan :
Jagalah kesehatan kulit anda, karena jika rambut adalah mahkota manusia maka kulit adalah permadani yang memancarkan keindahan tubuh kita.


Subscribe to receive free email updates: