Artikel Kesehatan Terpercaya

Pengalaman PKL di Kimia Farma 40 Parujakan Cirebon

Kurikulum sekolah menganjurkan murid SMK untuk melaksanakan Prakerin (praktek kejuruan industri) atau sering dikenal dengan PKL (praktek kerja lapangan).

Nama Saya Jatmiko Pebriansah, murid Farmasi di salah satu sekolah swasta di Cirebon, namanya SMK Manbaul'Ulum. Waktu itu saya duduk di kelas XI Farmasi, dan pada semester 2 kami harus melaksanakan PKL sebagai syarat kelulusan nanti.

Seperti sebelumnya...

Tiap murid farmasi melakukan PKL di instansi Farmasi seperti Apotek, Puskesmas, ataupun Industri Farmasi. Apotek Kimia Farma 40 adalah pilihan saya untuk melakukan PKL,bersama ke 3 teman saya yang bernama Khusnul, Ade, dan Livia, kami pun bersiap untuk kerja lapangan di Apotek.

Hari pertama kami berempat datang ke apotek sekitar jam 7 pagi, keadaan di sana ternyata sudah cukup ramai, karena memang di Apotek Kimia Farma 40 akan dilakukan penyerahan murid sekolah ke pihak apotek.
Pengalaman PKL di Kimia Farma 40 Parujakan Cirebon
Image from Dok. pribadi
Kimia Farma 40 merupakan apotek kimia farma pusat di cirebon, karena itulah semua murid yang kebagian PKL di Kimia Farma harus berkumpul terlebih dahulu di Kimia Farma 40, untuk bersama-sama mendengarkan arahan dari pihak Kimia Farma.

Setelah kegiatan arahan selesai, semua murid langsung pergi ke apotek Kimia Farma masing-masing, dan saya bersama ketiga teman saya langsung mulai kegiatan di Kimia Farma 40.

Awalnya kami bingung harus melakukan apa.

Namun lambat laun kami mulai memahami dan tau apa saja kegiatan yang bisa kami lakukan di apotek tersebut. Banyak kegiatan yang saya lakukan rutin tiap hari saat PKL, dan ini bisa menjadi patokan bagi anda yang akan atau sedang melakukan PKL di apotek.

Bersih-bersih Apotek jika masuk sift pagi

Meskipun tidak disuruh, tiap pagi kami selalu berinisiatif untuk membersihkan Apotek seperti menyapu dan merapihkan obat.

Mengerjakan resep dokter

Setiap ada pasien yang membeli obat dengan resep, hal yang harus kita lakukan adalah melayaninya. Kami rutin membantu mengerjakan resep, meskipun kadang hanya menulis etiket atau mengambilkan obat yang ada di resep.

Mengantar atau mengambil obat

Terkadang saat stok obat di Kimia Farma 40 kosong dan ada pasien yang ingin membeli obat itu, maka kami tak jarang disuruh untuk mengambilkannya ke Apotek Kimia Farma lain. Selain itu tak jarang pula kami menjadi driver obat (pengantar obat) ke klinik atau rumah sakit.

Menerima, memeriksa, dan menyimpan obat dari PBF

Hampir setiap hari selalu ada distributor obat yang datang ke apotek untuk mengantarkan pesanan obat. Disini kita harus menerima obat tersebut kemudian memeriksanya apakah sesuai faktur, lalu menyimpannya ke tempat masing-masing obat.

Membantu melayani Pasien


Jika teman-teman bingung apa yang harus dilakukan saat PKL, maka melayani pasien adalah pilihannya. Ketika tak ada resep, maka kami selalu membantu melayani pasien di kasir atau di ruang depan. 

Memberi wadah obat yang dibeli pasien dengan plastik yang telah disediakan juga merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Karena terkadang banyak juga pasien yang meminta informasi obat seperti cara pemakaian, dosis, dll.

Itu saja beberapa kegiatan yang rutin saya lakukan ketika PKL, ada baiknya jika teman-teman bertanya terlebih dahulu sebelum melakukan suatu hal di tempat PKl dan pastikan tetap bersifat baik, ramah, serta sopan kepada para pegawai di apotek tempat PKL.

Hindari hal yang kiranya akan memunculkan imej buruk pada kita, dan jangan terlalu banyak diam, usahakan jika sedang tak ada yang bisa dikerjakan, bertanya tentang suatu hal mengenai kefarmasian atau PKL kepada para karyawan apotek itu jauh lebih baik.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengalaman PKL di Kimia Farma 40 Parujakan Cirebon