Artikel Kesehatan Terpercaya

Ini Dia 7 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Daun ini sering menjadi buah bibir banyak orang karena begitu banyak manfaat yang dikandungnya. Bahkan dunia medis juga mengakuinya, terbukti dengan banyaknya penelitian mengenai daun yang satu ini.

Daun pegagan atau daun dengan nama latin centela asiatica ini cukup familiar di kalangan pengobatan herbal. 

Selain tumbuh liar tanaman ini juga terdapat di seluruh daerah indonesia, itu karena habitatnya memang di daerah tropis. 

Daun dengan ciri helai daun tunggal, bertangkai panjang sekitar 5-15 cm berbentuk ginjal, tepinya bergerigi atau beringgit kadang-kadang agak berambut ini punya sejuta manfaat dalam dunia kesehatan.

Saya merangkum sekitar ada 7 manfaat daun pegagan atau daun antanan :
 Ini Dia 7 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan
Image via indonesianplants.blogspot.co.id
1# Mengobati Lepra (kusta) 

Kusta adalah suatu infeksi kronis yang terutama merusak jaringan-jaringan saraf dan kulit. Penyebabnya ialah bakteri mycobacterium leprae yang ditemukan oleh Dr. Norwegia Hansen (1873). 

Bakteri lepra memiliki sifat yang mirip dengan bakteri penyebab TBC, yaitu sangat ulet karena mengandung banyak lemak dan lilin yang sukar ditembus obat. 
Ramuan: Segenggam pegagan dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan minum selagi masih hangat 3x sehari.
2# Menyembuhkan Batuk Kering 

Batuk kering atau lebih umum disebut batuk tidak berdahak adalah suatu infeksi saluran pernafasan atas karena virus atau bakteri seperti influenza. 
Ramuan: Segenggam daun pegagan segar dihaluskan dan diperas dengan tambahan air dan gula secukupnya. Kemudian hasil perasan diminum.
3# Menyembuhkan Batuk darah, Muntah darah, dan Mimisan

Keadaan seperti batuk darah dan muntah darah disebabkan oleh infeksi kronis saluran pernafasan atau paru-paru atau bisa juga karena gejala penyakit.

Sementara itu mimisan adalah gangguan kesehatan yang normal dialami seseorang bisa karena alergi, sensitif, atau karena kondisi tubuh yang buruk.

Namun pada kasus tertentu mimisan juga bisa menjadi gejala dari suatu penyakit seperti kanker. 
Ramuan: 60-90 gram daun pegagan segar direbus dan airnya diminum.
4# Menghilangkan Iritasi Mata

Iritasi mata ditandai dengan mata merah, gatal, perih, hingga bengkak. Hal ini terjadi karena iritasi selaput lendir mata dengan benda seperti polusi, debu, dll. 
Ramuan: Ambil pegagan segar secukupnya, haluskan lalu diperas dan disaring. Air yang terkumpul diteteskan ke mata yang sakit 3-4x sehari.
5# Mengobati Bisul

Bisul adalah jaringan yang tumbuh disebabkan oleh virus yang menginfeksi sel kulit menyebabkan sel tersebut tubuh dengan cepat dan menonjol. 
Ramuan: 30-60 gram pegagan segar direbus hingga mendidih, dan diminum setelah dingin. Untuk pengobatan luar yaitu haluskan daun pegagan secukupnya dan tempelkan pada area bisul.
6# Menyembuhkan Demam

Dapat dikatakan demam apabila suhu badan diatas 37 derajat celcius, hal ini terjadi karena infeksi seperti kuman, virus, parasit, dan mikroorganisme lain serta non infeksi seperti dehidrasi, alergi, stres, trauma, kelelahan, dll. 
Ramuan: Segenggam daun pegagan segar di haluskan, tambahkan sedikit air dan garam, saring lalu minum pagi sebelum sarapan atau ketika badan demam.
7# Menormalkan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi adalah penyakit pembuluh darah berupa tingginya tekanan darah yang berhubungan dengan penebalan dan pengerasan pembuluh darah.
Ramuan: 20 lembar daun pegagan segar direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Kemudian minum 3x sehari.
Nah itulah katujuh manfaat daun pegagan. Semoga artikel singkat ini bisa membantu dan menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Dia 7 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan